Kredit Rumah Lewat BPJS Ada Bunga Terendah

Kredit Rumah Lewat BPJS Ada Bunga Terendah – Saat ini, badan penyelenggara jaminan social ketenagakerjaan telah memberikan fasilitas program kredit rumah lewa BPJS untuk membiayai rumah beserta uang muka untuk kredit rumah untuk semua anggota pesertanya. Program ini diberikan untuk semua anggota BPJS ketenagakerjaan yang masuk dalam kategori MBR dan juga non Masyarakat berpenghasilan rendah.

Baca juga: Cara Mendapatkan Kredit Rumah Murah di Semarang

Agus Susanto, sebagai seorang Direktur Utama dari BPJS Ketenagakerjaan ini menyatakan bahwa program ini masuk dalam layanan MLT atau manfaat layanan tambahan, dan akan terus ditingkatkan agar kesejahteraan masyarakat semakin meningkat. Dengan cara inilah, program sejuta rumah yang diberikan oleh pemerintah bisa menjadi semakin terdukung.

kredit rumah lewat bpjs

MLT yang diberi oleh BPJS Ketenagakerjaan untuk para anggotanya ini terdiri atas 4 pilihan. Yaitu untuk program kredit rumah lewa BPJS, untuk pinjaman uang muka perumahan, untuk kredit kontruksi untuk para developer, dan juga untuk pinjaman renovasi perumahan. Jadi, bisa dibilang bahwa fasilitas ini meliputi demand side yang berguna untuk memenuhi kebutuhan rumah dan juga supply side yang menjadi sebuah pembiayaan kompetitif bagi pengembang perumahan berdasarkan kriterianya.

Selain itu, program ini nanti dilaksanakan berdasarkan kerja sama dengan pihak bank pemerintah. Untuk persyaratan agar bisa mendapatkan bantuan kredit rumah lewa BPJS ketenagakerjaan ini sudah ditetapkan ke dalam peraturan pemerintah yang berlaku. Dengan pembiayaan paling besar sampai dengan 99% dari harga rumah berdasarkan ketetapan dari pemerintah.

Sedangkan untuk pekerja yang bukan dari masyarakat berpenghasilan rendah ini, pemberian untuk kredit rumah lewa BPJS paling besar adalah senilai 95% dengan harga jual rumah paling besar senilai 500 juta rupiah. Dan perlu digaris bawahi juga bahwa untuk bantuan PUMP ini tidak berlaku untuk pekerja yang sesuai dengan peraturan dari Bank Indonesia dengan Nomor 17/10/PBI/2015.

Adapun untuk besaran bunga yang ditetapkan dalam program kredit rumah lewa BPJS ini didasarkan para rate dari Bank Indonesia Reverse Repo, yang mana rinciannya adalah di bawah ini:

  1. Jenis pinjaman kredit rumah lewa BPJS subsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah ini diberikan bunga sebesar 5%. Untuk jenis pinjaman bagi non MBR ini adalah senilai BI RR + 3% dalam kurun waktu selama 20 th.
  2. Untuk jenis pinjaman dari PUMP subsidi untuk MBR ini adalah bunganya senilai BI RR + 3% dengan kurung waktu maksimal selama 15 th. Sedangkan untuk non MBR ini tidak mendapat PUMP didasarkan pada PBI.
  3. Untuk jenis pinjaman renovasi rumah mendapat bunga senilai BI RR + 3% dengan kurun waktu selama 10 th.
  4. Untuk pinjaman kredit kontruksi, bunga yang dibebankan adalah sebesar BI RR + 4% dengan maksimal pinjaman senilai 80% dari RAB dalam waktu 5 th.

Untuk tingkat bunga pinjaman perumahan ini berlaku hingga sepanjang waktu yang telah ditentukan dalam progress pinjaman tersebut. jadi, tidak sama seperti dalam suku bunga kpr yang ada di luar sana, yang bisa saja murah untuk tahun-tahun awal saja, namun kemudian akan semakin meningkat secara drastic di tahun selanjutnya.

Untuk Anda yang ingin mendapat fasilitas itu, BPJS ketenagakerjaan kini telah menetapkan syarat minimal harus sudah terdaftar menjadi peserta hingga 1 th, perusahaan tempat bekerja harus tertib secara administrasi, dan iurannya tidak berstatus sebagai perusahaan daftar sebagian upah ataupun untuk tenaga kerja.