Pegang Ini, sebelum Kredit Rumah Subsidi

Pegang Ini, sebelum Kredit Rumah Subsidi – Meskipun kita semua tahu bahwa kredit rumah subsidi itu umumnya dijual dengan harga yang  murah, namun tetap saja Anda harus memperhatikan hal ini sebelum mencoba mengajukannya. Jika tidak, maka hal tersebut hanyalah mimpi semata Anda. Maka dari itulah, agar bisa memiliki sebuah rumah, sebaiknya simak trik berikut ini!

Pegang Ini, sebelum Kredit Rumah Subsidi

Pertama, meskipun Anda akan akan mengajukan kredit rumah subsidi dengan harga jual rumah yang murah, namun tetap saja dibutuhkan banyak cara agar Anda bisa memilkinya. Yaitu, Anda harus selalu mengontrol dan memegang kendali terhadap semua hutang Anda tersebut. Seperti yang telah diketahui, bila Anda membeli rumah dengan cara kredit, tentu saja itu ebrarti bahwa Anda sedang berhutang kepada pihak bank.

Baca juga: Cara Kredit Rumah Via Bank Mandiri sebelum Usia 30 Th

Maka dari itulah, sebaiknya buatlah rencana keuangan Anda sebaik mungkin. Jangan sampai ternyata masih ada banyak kebutuhan lain yang belum diselesaikan, namun justru Anda masih mengajukan rkedit rumah tersebut. Pastikan bahwa Anda telah membaut rencana keuangan sebaik mungkin supaya bisa memenuhi semua kebutuhan Anda sehari-hari

Bila nanti Anda terpaksa harus memakai anggaran yang sehrusnya dipakai untuk membayar angsuran kredit rumah subsidi Anda tersebut, maka sebaiknya perkirakan pula berapa besar Anda akan meminjam uang kepada orang lain. Jangan sampai hutang tersebut justru malah memperburuk keadaan Anda dan diluar kendali.

Kedua, Anda harus mempunyai pendapatan yang bisa Anda andalkan. Sekali saja Anda memutuskan untuk membeli sebuah rumah dengan sistem kredit, maka Anda harus bertanggung jawab dan lebih disipiln terhadap keputusan Anda tersebut. Pastikan bahwa Anda harus bisa membayarnya.  Jika sekarang ini Anda tinggal bersama dengan pasangan Anda, maka setidaknya harus ada salah satu di antara Anda yang yakin terhadap posisi dan masa depan dari perusahaan tempa kerja Anda.

Ketiga, bila Anda tinggal sendirian, maka sebelum berkeinginan untuk mengajukan kredit rumah subsidi ini, pastikan bahwa Anda harus menajdi seorang karyawan tepat dari perusahaan tempat Anda tersebut bekerja. Bila Anda berencana utnuk mengeluarkan anggaran yang cukup besar dalam waktu dekat, misalnya saja untuk biaya penrikahan, kelulusan, dll yang membutuhkan uang yang banyak, atau bahkan Anda berniat untuk berhenti dari tempat Anda bekerja tersebut, sebaiknya siapkan tabungan Anda sebaik mungkin.

Akan lebih baik bila Anda telah menyiapkan tabungan secukupnya dan bisa menekan juga mengontrol biaya pengeluaran bulanan Anda sebaik mungkin. Dengan cara inilah nantinya akan membantu Anda untuk mempermudah biaya angsuran kredit rumah subsidi yang harus Anda bayarkan setiap bulannya.

Ke-empat, selalu ingatlah bahwa bila Anda memilih untuk mengajukan sebuah rkedit rumah, itu artinya Anda harus siap menanggung beban untuk membayar cicilannya tersebut dalam waktu yang cukup lama. Kecuali bila Anda sudah bisa menyiapkan dana untuk membayar uang mukanya terlebih dahulu, hal ini jauh lebih baik. Karena semakin besar dana yang Anda siapkan untuk membayar uang muka tersebut, hal ini akan membuat Anda semakin mudah untuk membayar angsurannya nanti.

Karena setidaknya dengan sudah membayar uang DP yang besar, hal ini akan membuat pengeluaran untuk membayar angsurannya menjadi bisa lebih diminalisir. Sehingga, Anda akan semakin ringan untuk membayar angsurannya di setiap bulannya tersebut. Karena itulah selalu kami sarankan untuk menyiapkan dana sedini mungkin untuk membayar uang DP sebesar mungkin terlebih dahulu. Agar nantinya uang cicilannya juga bisa menjadi lebih ringan.