Resep Kue Geplak Khas Yogyakarta

Resep Kue Geplak Khas Yogyakarta – Yogyakarta adalah salah satu daerah yang istimewa. Disinilah terdapat banyak sekali aneka makanan khas yang bernilai dan legendaris. Salah satu masakan yang cukup popular dan melegenda di kota ini adalah Gudeg jogja. Selain itu, ada juga makanan khas lainnya yang juga terkenal. Yaitu, dari bantul, bernama kue geplak.

kue geplak

Rasanya sangat manis. Tampilannya juga menarik. Tak heran bila semua orang jarang yang akan menolaknya. Komposisi bahannya berasal dari campuran tepung berat, air gula, dan parutan kelapa. Tampilan uniknya ini berasal dari campuran pewarna makanan untuk bahan pembuatan adonannya. Dengan begitu, bisa tercipta kue geplak yang indah dan cantik. Karena warnanya juga bermacam-macam.

Geplak itu sendiri merupakan sebuah makanan khas dari Yogyakarta yang sering dijadikan untuk oleh-oleh khas. Makana khas yang memiliki cita rasa yang manis ini berasal dari Kab. Bantul, tepatnya di selatan kota Yogyakarta. Kuliner yang khas bernama kue geplak ini memiliki karakter tersendiri di daerah Yogyakarta.

Karena memang kue ini kerap menjadi salah satu destinasi untuk oleh-oleh bagi para pengunjung yang datang ke kawasan kota Yogyakarta. Setiap toko makanan yang berada di pusat oleh-oleh ini tentu saja mampu menghadirkan kue yang lezat dan unik. Di bawah ini adalah beberapa bahan dan cara membuat kue geplak yang nikmat dan lezat di rumah, antara lain:

Bahan-Bahan

Tepung beras sebanyak 750 gram.

Gula pasir sebanyak 500 gram.

Air sebanyak 1 gelas. Airnya harus sudah matang.

1 butir kelapa yang sudah diparut berbentuk memanjang.

Garam secukupnya saja.

Cara Membuat Kue Geplak

  1. Sangrai dulu tepung berasnya sampai kering.
  2. Bila sudah, tambahkan kepala parut dan aduk-aduk sampai kedua bahan ini tercampur rata. Lalu, sisihkan.
  3. Sementara itu, rebus gula ke dalam air sampai mendidih menggunakan wadah yang berbeda. Aduk-aduk saja sampai gulanya larut semuanya. Lalu, angkat.
  4. Bila sudah, masukkan adonan ini ke dalam campuran tepung beras dan campuran kelapa.
  5. Aduk-aduk dengan cepat sampai semua bahannya tercampur merata dan teksturnya lengket dan mengental.
  6. Bila sudah, matikan api, dan silahkan dibentuk geplaknya.
  7. Ambil saja adonannya sedikit, dan bentuk bulat dengan ukuran sebesar bola ping pong.
  8. Lakukan hal yang sama sampai semua adonan habis, lalu sisihkan dan diamkan sampai adonan ini mengeras dengan sendirinya.
  9. Nah, kini kue geplak telah siap untuk dihidangkan selagi masih hangat bersama dengan secangkir teh hangat.

Di beberapa daerah yang lain, kue ini punya nama istilah yang berbeda. Di Betawi juga ada, hanya saja ada tambahan campuran yaitu daun jeruk purut. Ada juga beberapa daerah yang membuat gelpak dengan campuran bahan waluh. Jenis makanan yang satu ini sering ditemukan di kawasan Bantul dan kawasan Yogyakarta. Karena kue ini sebenarnya berasal dari Sleman, Yogyakarta.

Yang membuat kue ini terlihat unik adalah, karena kemasan kue ini sering dibuat dari anyaman bambu atau dari besek. Selain itu, rasanya yang manis ini membuatnya disukai oleh semua orang. Khususnya untuk anak-anak. Maka dari itulah, bila Anda pergi ke kota Yogyakarta, maka sebaiknya beli makanan khas yang satu ini untuk oleh-oleh. Anda bisa mendapatkannya di beberapa toko kue yang ada di Yogyakarta. Karena makanan ini sangat awet sekali hingga beberapa hari.