Resep Membuat Kue Muffin Pisang Kepok Termudah

Resep Membuat Kue Muffin Pisang Kepok Termudah – Bila umumnya Anda mungkin melihat sajian dari kue muffin pisang kepok di toko kue, namun kali ini Anda bisa menikmati kue ini kapan saja asalkan Anda dapat membuatnya sendiri di dalam rumah. Mau tahu seperti apakah cara dan proses pembuatannya? Simak resep selengkapnya berikut ini!

Baca juga: Review Huawei MediaPad M5 10 Pro Terbaru

Kue Muffin Pisang Kepo

Waktu Memasak

Untuk proses persiapan yang dibutuhkan dalam membuat kue ini adalah selama 35 menit. Sedangkan, untuk waktu memasaknya adalah selama 30 menit. Bila dijumlahkan secara keseluruhan, maka proses memasaknya dan proses pembuatannya disini dibutuhkan selama 65 menit. Sedangkan, untuk jumlah porsi yang bisa dihasilkan dari kue ini adalah untuk 15 orang.

Bahan-Bahan:

  • 190 gr tepung terigu.
  • ½ sdt garam.
  • 75 gr mentega.
  • 1 btr telur ayam.
  • ½ sdt baking soda.
  • 1 ½ sdt baking powder.
  • 3 pisang kepok.
  • ½ sdt kayu manis yang sudah berbentuk bubuk.
  • 150 gr gula pasir.

Cara Membuat:

  1. Hal pertama yang wajib Anda lakukan untuk membuat kue muffin pisang kepok ini adalah persiapkan dulu peralatannya terlebih dahulu untuk membuat adonan tersebut. Persiapan ini adalah hal paling penting yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah masakan. Maka dari itulah, jangan pernah lupa untuk melewatkan kesempatan kali ini. Adapun sejumlah peralatan yang harus Anda persiapkan adalah, mixer, oven, loyang muffin, spatula, dan juga kertas muffin.
  2. Jika sudah mempersiapkan segala peralatannya sampai selesai, maka Anda bisa memasang dan mempersiapkan supaya nantinya adonan ini bisa dimasukkan dan kemudian dimasak. Misalnya saja seperti dengan cara memanaskan oven. Jadi, atur saja suhu yang tepat ke dalam oven, menjadi sebanyak 190 derajat Celcius, selanjutnya sisihkan untuk sementara waktu.
  3. Kupas pisang ini dari kulitnya, dan potong menggunakan pisau atau sendok. Setelah itu, masukkan ke dalam wadah dan haluskan bahan tersebut memakai garpunya hingga merata dan halus.
  4. Jika sudah selesai, segera cairkan saja margarin tersebut sebelum dicampur dan juga diolah menggunakan bahan yang lain. Caranya, yaitu masukkan saja margarin ke dalam wajah yang telah dipanaskan sebelumnya dan tunggu sampai bahannya mencair dan merata.  Bila sudah selesai, segera angkat dan sisihkan saja untuk sementara waktu.
  5. Ayak semua bahan kering ini. Misalnya saja seperti baking powder, tepung terigu, kayu manis bubuk, dan juga garam. Kemudian, sisihkan.
  6. Ambil mangkuk yang ukurannya cukup besar, dan masukkan telur dan juga gula pasir. Aduk bahan ini dengan cara dikocok-kocok memakai mixer hingga bahan ini mengembang dan juga tercampur rata selama 10 menit.
  7. Lanjutkan proses ini dengan cara mencampurkan bahan kering dengan pisang yang telah dihaluskan. Aduka semua bahan ini hingga tercampur rata sampai tercampur. Kecilkan volume yang terdapat dalam mixer, aduk-aduk semuanya sementara waktu hingga tercampur rata dan tepung terigu yang larut dengan bahan yang lain.
  8. Tambahkan juga margarin yang telah dilelehkan, sambil diaduk-aduk lagi hingga tekstur adonannya makin lembut dan mengental.
  9. Setelah itu, langsung kecilkan saja volume mixernya, dan matikan.
  10. Bila sudah, masukkan saja adonan ini ke dalam sebuah loyang yang telah dialasi menggunakan kertas muffin.
  11. Masukkan adonan ini memakai sendok secara perlahan sampai memenuhi ¾ loyang.
  12. Panggang adonan ini hingga matang dan juga mengembang. Setidaknya sampai berubah menjadi berwarna kecoklatan selama 30 menit.
  13. Jika sudah matang, angkat. Kini kue muffin pisang kepok telah siap untuk disantap.