Faktor Penyebab Kulit Bibir Mengelupas dan Kering

Faktor Penyebab Kulit Bibir Mengelupas dan Kering – Untuk mereka, khususnya para wanita yang kerap memakai lipstik, tentu saja mereka tidak asing dengan kulit bibir mengelupas dan sampai kering sekali dibagian sudut bibir dari area bibir yang lain. Bahkan, menggunakan pelembab pun juga tidak mempan. Karena menggunakan lip balm ini tidak begitu bisa memperbaiki keadaan tersebut.

Baca Juga : Tips Memilih Masker Wajah sesuai Jenis Kkulit

Yang jadi pertanyaan sekarang adalah, apa sih yang menjadi penyebab dari semua itu? Benarkah hal ini terjadi karena terlalu kerap memakai lipstik? Di bawah ini adalah beberapa hal yang menyebabkan kenapa kulit bibir mengelupas dan bisa kering, antara lain:

Alergi terhadap Bahan Kimia

Saat ini terdapat banyak sekali bahan kimia yang ada didalam produk kesehatan dan juga produk kecantikan. Saat beberapa bahan tersebut mulai bersentuhan dengan area kulit yang dekat dengan bibir, maka hal ini bisa menimbulkan sebuah reaksi. Misalnya saja, seperti timbul rasa panas, gatal, kemerahan, sampai dengan kulit yang kering hingga terkelupas. Kulit yang dekat dengan bibir yang tipis ini besar kemungkinan lebih rentan terhadap bahan-bahan kimia.

Salah satu hal yang bisa menyebabkan sudut bibir menjadi kering adalah karena kandungan yang terdapat didalam pasta gigi yang digunakan. Beberapa bahan yang menyebabkan bibir menjadi kering itu meliputi, menthol, fluoride, dan juga pewangi kimia. Pada beberapa orang, kandungan bahan ini terbilang keras, bahkan dampaknya bisa langsung terasa dan terjadi dengan sangat cepat.

Untuk beberapa produk yang memiliki kandungan alkohol, seperti pada lipstik, obat kumur, lip balm, dan juga astringent ini umumnya juga dapat berdampak pada kulit yang menjadi kering lebih cepat dari mereka yang tidak menggunakannya. Maka dari itulah, lipstik itu bisa juga menjadi salah satu penyebab dari masalah kulit bibir kering dan terkelupas. Bila Anda sering mengalami hal tersebut, maka salah satu solusinya adalah cek dulu label kandungan produk yang akan Anda pakai untuk mengetahui bahan komposisi yang dipakai dalam produk itu.

Efek dan Pengaruh dari Lingkungan

Saat terjadi perubahan cuaca yang sangat ekstrem di lingkungan Anda, hal ini membuat kulit dibagian sudut bibir mengering dan juga membuat kulit bibir mengelupas. Begitu pula saat Anda sedang berlibur di area yang dingin cuacanya. Udara yang terlalu dingin dan juga kering ini bisa membuat kulit mengalami penurunan terhadap kelembabannya. Hal ini semakin buruk jika Anda sering menjilat bibir yang membuat bibir beserta kulit diarea bibir ini makin bertambah kering.

Maka dari itulah, untuk mengatasinya dengan mudah, sebaiknya gunakan saja lip iontment atau menggunakan lip balp. Namun, sebaiknya perhatikan juga bahwa didalamnya harus tidak boleh terdapat kandungan irrtantnya.

Terjadi Infeksi

Hal terakhir yang bisa menyebabkan terjadinya kulit bibir mengelupas namun jarang ditemukan adalah karena terkena infeksi oleh bakteri dan jamur. Hal ini kerap diawali dari kulit bibir yang memang sedang kering ditambah lagi dengan sistem imun dalam tubuh yang menurun, karena sakit atau bahkan perubahan hormon. Akibatnya, karena sistem imun tubuh yang rendah membuat seseorang lebih mudah terinfeksi oleh jamur dan juga bakteri.

Apalagi bila Anda suka menjilat bibir, maka hal ini membuat jamur dan bakteri yang ada di area tersebut menjadi semakin cepat berkembang biak dalam permukaan kulit. Akibatnya, kulit semakin kering dan bisa sampai terkelupas.