Makanan Ini Buat Kulit menjadi Kusam, Kering, dan Keriput

Makanan Ini Buat Kulit menjadi Kusam, Kering, dan Keriput – Banyak orang memiliki kulit kering yang alami, sehingga mereka harus merawat kulitnya dengan baik agar kelembabannya tetap terjaga. Namun, terkadang kulit bisa juga menjadi kering karena banyak hal. Bahkan, bila awalnya kulit Anda adalah normal dan sehat, kulit Anda bisa berubah menjadi kering dan bermasalah dikarenakan makanan yang Anda konsumsi.

Baca juga: Ramalan Bintang Minggu Ini (Aquarius, Libra, Scorpio, Sagitarius)

Maka dari itulah, sebaiknya pahami dengan baik beberapa daftar makanan yang bisa membuat kulit menjadi kering, kusam, dan keriput. Hal ini penting sekali agar nantinya Anda terhindar dari masalah pada kulit. Bagaimanapun juga, memahami apa saja yang Anda konsumsi itu penting sekali.

kulit kusam

Daftar Makanan Buat Kulit Bermasalah

Beberapa makanan yang dapat membuat kulit menjadi kering, kusam, dan keriput adalah sebagai berikut ini:

Keripik

Kerupuk, keripik, dan segala jenis makanan gorengan itu adalah makanan yang memiliki kandungan garam yang tinggi. Sehingga, hal ini bisa menyebabkan terjadinya dehidrasi yang kemudian membuat air dari dalam kulit menjadi terserap. Padahal, bila terlalu banyak garam yang masuk dalam tubuh, hal ini membuat cairan dalam sel tubuh menjadi menyusut. Maka dari itulah, jenis makanan ini bisa membuat kulit menjadi kering.

Permen 

Sejumlah makanan yang lain yang harus dihindari adalah makanan yang manis. Misalnya saja seperti kue, es krim, dan cokelat. Beberapa makanan manis tersebut bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Ini sama seperti garam. Bila terlalu banyak mengkonsumsi gula dalam tubuh, hal ini bisa membuat inflamasi tubuh menjadi meningkat, begitu juga untuk kulit. Hal ini dikarenakan gula itu sendiri dapat merusak colagen dan membuat kulit menjadi kering dan menua.

Makanan Bersoda

Makanan dan minuman yang bersoda ini tidak hanya dapat membuat badan menjadi gemuk. Namun, bahan ini bisa membuat kulit menjadi kuram dan kering. Bahkan, kulit juga menjadi cepat menua dan menimbulkan pertumbuhan jerawat bila Anda mengkonsumsinya setiap waktu.

Kopi

Dikarenakan kopi mengandung cafein, sehingga bila terlalu kebanyakan, ini bisa menimbulkan terjadinya dehidrasi. Sehingga, cafein yang awalnya baik untuk kulit, justru menjadi bermasalah bila Anda mengkonsumsinya terlalu sering. Bahkan, efeknya akan makin parah bila Anda mengkonsumsinya dalam kondisi perut yang kosong.

Roti Tawar

Makanan ini berasal dari tepung. Dimana roti tawar itu sendiri merupakan makanan yang tinggi akan kadar gula dan tinggi karbohidrat. Itulah kenapa roti tawar ini bisa meningkatkan kadar gula dan juga dapat meningkatkan hormon insulin dalam tubuh. Efek selanjutnya yang dapat terjadi adalah bisa menyebabkan kolagen kulit menjadi rusak, kulit menjadi kering, dan bisa menyebabkan terjadinya keriput pada kulit.

Makanan yang Tinggi Vitamin A

Makanan yang satu ini baik sekali untuk tubuh. Karena, vitamin A dapat membantu proses keseimbangan metabolisme dan keseimbangan tubuh. Namun, bila Anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi dengan vitamin A, hal ini justru membuat kulit menjadi kering. Hal ini disampaikan oleh dermatologis, yaitu Dr. Elizabeth Tanzi.

Nah, itu tadi adalah beberapa daftar makanan yang dapat membuat kulit menjadi kering. Sehingga, bila Anda memang menginginkannya, sebaiknya kurangi saja konsumsinya. Makan saja secukupnya. Terlebih bila kulit Anda termasuk dalam kategori kulit yang kering. Akan lebih baik bila Anda membatasi jumlah konsumsi vitamin A ini setiap hari.