Menikmati Wisata Gratis di Goa Vertikal Luweng Ombo Pacitan

Menikmati Wisata Gratis di Goa Vertikal Luweng Ombo Pacitan – Luweng Ombo ini adalah salah satu tempatwisata yang sayang untuk dilewatkan. Tempatnya sendiri ada di Kab. Pacitan, di Pulau Jawa.  Lebih tepatnya ada di desa Kalak, di Kec. Donorojo, di Kab. Pacitan, Jawa Timur. Bila Anda pecinta alam, maka Anda tidak boleh melewatkan wisata alam yang satu ini.

Review Luweng Ombo

Di dalam tempat wisata inilah terdapat sebuah lubang yang ukurannya sangat besar. bila Anda berdiri tepat di pinggiran lubang, maka Anda dapat melihat sebuah goa vertikal yang kedalamannya mencapai 130 meter. Sedangkan untuk diameter mulut goanya mencapai 50 meter. Makin ke bawah, maka ukuran diameternya menjadi makin lebar. Bahkan bisa mencapai 170 meter.

Baca juga: Keindahan Panorama Air Terjun Pengantin di Ngawi

Ada 2 teori yang menjelaskan asal mula dari goa vertikal ini dapat terpentik. Bila ditinjau dari speleologinya, atau ilmu yang belajar tentang goa, Luweng Ombo ini berasal dari collapse sink atau reruntuhan dari atap goa. Hal ini bisa terjadi dikarenakan erosi terhadap dinding batuan kabur karena proses kimiawi. Teoris tersebut dapat dibuktikan dengan hadirnya material reruntuhan yang sering dijumpai dengan dasar luweng ombo  yang kemudian membentuk bukit yang kecil.

Luweng Ombo

Dari sinilah dapat disimpulkan bahwa sebenarnya tempat ini bukanlah sebuah goa vertikal. Namun, ini adalah goa horizontal atau sebuah sungai bawah tanah yang sedang mengalami collapse sink. Sementara di bagian sisi geologinya, tempat ini terbentuk karena adanya pengangkatan batu gamping yang berasal dari dasar laut dari 1,8 juta tahun silam.

Bila Anda bisa berhasil sampai ke bagian dasar Luweng Ombo ini, maka Anda akan berasa layaknya sedang berada dalam dunia Anda sendiri. Karena terbatasnya sinar matahari, menjadikan dasar goa menjadi lembab. Dengan begitu, hadir pertumbuhan vegetasi yang menjadi berbeda dengan yang terdapat di atas goa. Bahkan, ketika musim kemarau, vegetasi dalam goa bisa terlihat segar dan hijau.

Fasilitas

Untuk fasilitasnya sendiri cukup lengkap, yaitu:

  • Lahan parkir
  • Tempat makan
  • Gazebo
  • Tempat penginapan
  • Toilet umum

Rute Menuju Luweng Ombo

Agar bisa sampai ke tempat ini dengan mudah, maka dari ruas jalan pacitan ke Jogja. Bila Anda berjalan dari Pacitan, maka sampai dalam pertigaan Bleruk, atau dalam persimpangan jalan antara Pacitan dengan Solo dan juga Pacitan dengan Jogja, maka Anda bisa mengambil arah ke belok kiri. Setelah itu, ikuti saja jalan ke Yogyakarta. Selanjutnya, Anda akan melihat adanya pertigaan, dengan sebuah penunjuk arah ke arah kalak. Ikuti saja arah penunjuk itu hingga bertemu gapura dari Desa Kalak. Dari gapura ini nanti sampai 200 meter, Anda akan sampai pada Goa Luweng Ombo ini. Letaknya berkisar 20 meter dari jalanan ini.

Harga Tiket Masuk

Menarikanya lagi adalah, tempat wisata yang satu ini ternyata dibuka hingga 24 jam penuh untuk semua wisatawan yang hendak berkunjung. Bahkan, di lokasi ini juga masih gratis, tanpa biaya masuk. Anda hanya harus membayar biaya untuk tiket parkirnya saja, bila Anda membawa sebuah kendaraan pribadi dari rumah.

Selanjutnya, Anda harus mempersiapkan beberapa hal berikut ini bila ingin berkunjung. Yaitu, sebuah stamina yang fit, alat-alat agar dapat menyusuri goa dengan aman, senter atau penerangan yang lain, sepatu yang aman dan bebas licin, dan harus lebih berhati-hati.