Daftar Makanan Anjing yang Berbahaya dan Aman Dikonsumsi

Daftar Makanan Anjing yang Berbahaya dan Aman Dikonsumsi – Anjing merupakan binatang yang suka sekali makan. Mereka juga suka sekali mengunyah semua hal yang ada dalam jangkauannya, termasuk untuk makanan Anda. Jadi, sebaiknya berhati-hatilah! Meskipun ada juga beberapa makanan manusia yang boleh dikonsumsi mereka, namun tetap saja tidak semuanya dapat diberikan untuk anjing Anda, karena bisa berbahaya.

Baca juga: Malas Membersihkan Tempat Makan Binatang Peliharaan Bisa Bikin Keracunan

Di bawah ini adalah daftar makanan anjing yang berbahaya dan yang aman diberikan untuk anjing Anda, antara lain:

Makanan Anjing yang Berbahaya

Makanan Anjing yang Berbahaya

Makanan ini memang sehat untuk Anda, namun makanan ini bisa mematikan untuk anjing Anda dan membuat perut mereka menjadi sakit dan tidak nyaman. Jadi, sebaiknya jangan berikan daftar makanan di bawah ini:

Bawang Putih, Bawang Bombay, dan Bawang Merah

Bila makanan Anda ada bawang merah, bawang bombay, dan juga bawang putihnya, sebaiknya jangan pernah memberi makanan tersebut untuk anjing Anda. Hal ini dikarenakan ketiga dari jenis bawang tersebut adalah keluarga dari tanaman allium. Sehingga, makanan tersebut bisa merusak sel darah merah yang terdapat pada anjing. Otomatis bila dikonsumsi oleh mereka, mereka bisa mengalami anemia. Bahkan, bawang putih ternyata bisa sangat beracun untuk anjing. Karena bawang putih ini memiliki kandungan toksin sebanyak 5x lebih banyak dari yang lain.

Permen

Semua jenis permen itu bila diberikan pada anjing bisa berakibat buruk. Hal ini dikarenakan, permen tersebut memiliki kandungan pemanis buatan yang bernama Xylitol. Kandungan itu bisa pula ditemukan ke dalam pasta gigi manusia dan juga permen yang ada tanda sugar freenya. Xylitol ini bisa membuat hormon insulin pada anjing menjadi makin meningkat, hal ini bisa memperburuk liver si anjing. Sehingga, tergolong ke dalam makanan anjing yang berbahaya.

Cokelat

Sama halnya dengan cafein, cokelat juga mengandung kandungan Methylxanthines yang dapat menimbulkan efek samping yang buruk sekali untuk si anjing. Bila anjing sampai menyantap cokelat, anjing bisa terkena diare, sesak nafas, kemudian kencing yang terjadi secara terus menerus, mengalami kondisi yang hyperaktif, dan bisa menyebabkan kematian. Salah satu contoh coklat yang paling berbahaya disini adalah jenis dari dark chocolate.

Garam

Bila makanan Anda mengandung garam, ada baiknya jangan berikan makanan Anda untuk anjing Anda. memberikan garam pada anjing ini bisa menyebabkan anjing menjadi sering kencing dan juga mengalami dehidrasi. Akibatnya, hal ini bisa menimbulkan terjadinya keracunan pada anjing karena adanya sodium ion yang ada di dalamnya. Meskipun 1 atau bahkan 2 keping saja keripik kentang itu sebenarnya tidak jadi masalah, namun bila Anda bisa menghindarinya, sebaiknya jangan diberikan untuk anjing yang ada di rumah Anda.

Susu & Dairy Product

Tidak semua anjing bisa toleran terhadap laktosa yang terkandung di dalam susu. Dibandingkan mengambil resiko apakah anjing Anda tahan dengan semua jenis dairy product atau tidak, ada baiknya bila Anda tidak memberi makanan yang berasal dari jenis ini. Entah itu dari yoghurt, susu, dan es krim. Karena makanan tersebut bisa membuat anjing menjadi diare, muntah-muntah, dan mengalami alergi.

Sedangkan, makanan yang boleh diberikan untuk anjing adalah nasi, pasta, sayur-sayuran yang masih menatah dan segar dan telah dipotong. Supaya anjing lebih mudah dalam mengunyahnya. Kemudian, roti, buah, dan juga memberikannya daging yang telah dimasak.