Mana yang Terbaik untuk Anjing? Makanan Basah atau Kering?

Mana yang Terbaik untuk Anjing? Makanan Basah atau Kering – Apakah Anda memilih rasa sapi atau rasa ayam? Apakah Anda memilih makanan basah atau makanan kering untuk anjing Anda? Menentukan makanan anjing yang tepat mungkin akan menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk Anda yang pertama kali dalam memelihara seekor anjing.

Baca juga: Malas Membersihkan Tempat Makan Binatang Peliharaan Bisa Bikin Keracunan

Ada beberapa pemilik anjing yang kerap meminta pendapat dan rekomendasai dari teman terdekat,  mencari informasi seputar makanan terbaik di internet, dan juga bertanya pada dokter hewan.

Kelebihan dan Kekurangan Makanan Basah dan Kering

Di bawah ini akan kami jelaskan seputar kelebihan dan juga kekurangan dari makanan basah dan makanan kering untuk anjing, antara lain:

Makanan Basah

Kelebihan Makanan Basah

Makanan anjing yang bentuknya basah memiliki kandungan air sampai sebanyak 75 %. Karena itulah, makanan jenis ini cocok sekali untuk anjing yang kesulitan minum. Bentuk makanan yang bertekstur basah ini umumnya lebih cenderung berbentuk lembut saat dikunyah dan memiliki aroma yang lebih kuat. Sehingga, makanan jenis ini cocok sekali untuk anjing yang sedang dalam kondisi yang sakit, sedang mengalami kesusahan untuk menggigit, mengunyah, dan juga cocok sekali untuk anjing yang sudah berusia tua. Makanan yang basah ini biasanya lebih cenderung memiliki kandungan protein dan lemak yang lebih baik dibandingkan memilih makanan yang kering.

Kekurangan dari Makanan Basah

Dikarenakan kandungan airnya yang tinggi, biasanya ketahanan dari makanan basah itu cenderung lebih pendek dibandingkan membeli makanan yang kering sesudah kemasan makanannya dibuka. Maka dari itulah, bila Anda membeli makanan yang basah, sebaiknya pastikan bahwa Anda telah menyimpan makanan tersebut ke dalam sebuah kulkas. Sehingga, makanan ini menjadi lebih awet dan tidak mudah rusak. Namun, meskipun makanan ini disimpan ke dalam kulkas, tetap saja aroma makanannya bisa berkurang sesudah kemasan makanannya dibuka. Selain itu, ditinjau dari segi haga juga jauh lebih mahal, bila dibandingkan dengan membeli makanan yang kering.

Kelebihan Makanan Kering

Makanan anjing yang bentuknya kering ini merupakan salah satu bentuk makanan terpraktis yang pernah ada. Entah itu dari segi penyimpananannya, dan juga dalam proses pemberian makanannya. Misalnya saja bila Anda harus keluar rumah sampai seharian penuh, maka kini Anda tidak perlu lagi khawatir bila anjing Anda akan kelaparan saat dirumah dikarenakan tidak ada yang memberinya makanan.

Anda bisa menuangkan makanan kering tersebut sebanyak yang dibutuhkan oleh anjing Anda dalam 1 hari. Cara untuk menyimpan makanan ini juga jauh lebih praktis dan juga lebih tahan lama. Makanan ini juga tidak mudah rusak saat disimpan ke dalam sebuah wadah yang tertutup dalam suhu ruang, bila dibandingkan dengan makanan basah. Harganya pun juga jauh lebih murah dari makanan yang basah.

Kekurangan Makanan Kering

Pada dasarnya, setiap makanan anjing yang kering itu Cuma mengandung air hingga sebanyak 10 % saja. Sehingga, makanan ini kurang cocok bila diberikan kepada anjing yang kesulitan dalam mengunyah dikarenakan sakit dan bisa juga karena faktor usia. Disamping itu, ada juga perdebatan dari para ahli yang menyatakan bahwa elemen yang dipakai untuk makanan kering ini umumnya berasal dari biji-bijian. Misalnya saja seperti jagung, beras, dan gandum, yang kemudian mengikat bahan lainnya sehingga terbentuk makanan berupa pellet. Sehingga, dikhawatirkan bisa mempengeruhi sistem metabolisme anjing karena anjing merupakan binatang karnivora yang sebenarnya membutuhkan protein hewani, bukan nabati.