Manfaat Ketumbar untuk Kolesterol

Manfaat Ketumbar untuk Kolesterol – Siapa sangka bila ternyata ketumbar itu tidak hanya sekedar mampu memberikan manfaat ketumbar untuk kolesterol saja. Namun, ketumbar merupakan salah satu rempah-rempah yang bisa juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Misalnya saja, seperti mengatasi masalah pencernaan, berupa diare, mual, sakit perut, perut kembung, dan kejang usus. Selain itu, ternyata herbal yang satu ini juga bisa meredakan masalah gejala campak, sakit gigi, wasir, nyeri sendi, dan juga cacingan ataupun infeksi oleh jamur dan bakteri.

Baca Juga: Cara Kerja Mesin 2 Tak dan 4 Tak

Bahkan, sejumlah wanita yang sedang menyusui ternyata banyak yang memakai tanaman herbal yang satu ini demi meningkatkan produksi ASI mereka. Karena ketumbar itu memiliki kandungan zat besi yang baik untuk menambah, sekaligus melancarkan peredaran darah yang ada di dalam tubuh. Salah satu bagian dari tanaman herbal yang satu ini yang paling terkenal adaah dibagian bijinya.

manfaat ketumbar untuk kolesterol

Minyak atsiri dan juga olesoresin yang didapatkan dari ekstrak biji ketumbar ini kerap dipakai untuk bahan baku parfum, pewangi aromaterapi, industri rokok, kosmpetik, obat-obatan, sabun cuci, sabun mandi, dan juga aroma makanan dan juga minuman.

Tapi, bagaimanakah cara kerjanya?

Sebenarnya sampai pada saat ini belum ada penelitian yang cukup membuktikan bagaimanakah cara kerja dari tanaman herbal yang satu ini. Namun, ada juga sejumlah penelitian yang menyatakan bahwa didalam ketumbar itu mengandung anti lipid dan juga anti diabetes. Disamping itu, ketumbar juga memiliki sifat sebagai anti jamur, anti bakteri, anti radang, dan juga antioksidan. Kandungan senyawa linalool yang ada didalamnya ini bermanfaat sekali untuk tubuh. Misalnya saja, seperti yang ada di bawah ini:

Bisa Membantu Sistem Pencernaan dalam Tubuh

Pada dasarnya, daun ketumbar itu bisa membantu proses pencernaan dalam tubuh dan bisa mencegah perut menjadi kembung jika dikonsumsi dengan air panas. Disamping itu, daun ketumbar itu ternyata juga bisa membuat sekresi enzim pencernaan dalam lambung semakin lebih meningkat dan bisa mencegah anoreksia atau tidak nafsu makan. Daun ketumbar sendiri memiliki serat yang tinggi yang bisa meredakan berbagaimacam masalah pencernaan.

Sebagai Sumber Mineral dan Sumber Vitamin

Ketumbar adalah salah satu sumber mineral dan sumber vitamin yang baik untuk tubuh. Ketumbar memiliki kandungan zat besi yang tinggi, sehingga bisa membangu mengatasi masalah anemia dan juga bisa meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. Disamping itu, magnesium yang ada dalam ketumbar ini bisa meningkatkan fungsi sistem saraf dan bisa membuat tulang semakin lebih kuat. DI dalam ketumbar memiliki kandungan vitamin B, vitamin A, dan juga vitamin C.

Memiliki Kandungan Antioksidan yang Tinggi

Ketumbar memiliki banyak sekali kandungan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan antioksidan yang ada didalamnya ini tidak hanya bisa memberikan manfaat ketumbar untuk kolesterol saja, namun  juga bisa mencegah datangnya penyakit parkinson, penyakit jantung, dan juga penyakit alzheimer.

Bisa Membantu Mengontrol Kadar Gula dalam Darah & Baik untuk Diet

Ketumbar bisa membantu mengurangi lemak dalam tubuh. Sehingga, ketumbar baik untuk diet karena bisa menurunkan berat badan. Disamping itu, bila Anda mengkonsumsinya dalam keadaan mentah, ketumbar ini bisa membuat kadar gula darah lebih terkontrol, dan juga bisa mengatasi masalah asma dan gejala bronkitis.

Manfaat Ketumbar Untuk Kolesterol

Di dalam biji ketumbar itu terdapat sumber kolestrol HDL yang baik untuk tubuh karena bisa menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh. Hal ini dikarenakan didalamnya mengandung asam askorbat, asam linoleat, asam palmitat, dan juga asam stearate yang baik untuk mengatasi masalah kolesterol dalam darah.