3 Masalah Laptop Ini Bikin Nyinyir, Ini Solusinya!

3 Masalah Laptop Ini Bikin Nyinyir, Ini Solusinya – Laptop adalah alat elektronik yang pada zaman in,i banyak dibutuhkan oleh masyarakat khususnya Indonesia. Untuk kebutuhan kerja, bisnis, tugas sekolah ataupun kebutuhan para gamer. Peran laptop secara langsung dibutuhkan, untuk membantu mengerjakan segudang aktivitas sesuai kebutuhan. Namun apa jadinya jika laptop tersebut mengalami kendala, dan semua data serta kegiatan yang dilakukan ada pada laptop tersebut.

Baca Juga: Beginilah Jadinya Bila Anda Pakai Lenovo Thinkpad T450 Core I5, Perhatikan Yang Terjadi!

Lantas apakah respon pertama yang akan anda lakukan jika terjadi kendala pada laptop anda, tentu rasa kesal pasti ada. Tetapi akankah anda terus meratapi kekesalan tanpa melakukan tindakan, akankah anda menunda semua kegiatan yang seharusnya telah anda lakukan dan selesaikan pada laptop tersebut. Tentu tidak bukan ?.

Solusi Mengatasi 3 Jenis Masalah Laptop

Maka telah dirangkum 3 permasalahan yang umum terjadi pada laptop yang sudah sering kali digunakan, dan menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan. Berikut ini ada 6 kendala yang kerap menjadi masalah laptop, lengkap dengan ciri kendala yang terjadi, penyebab yang mungkin terjadi dan cara penanganan yang perlu anda lakukan. Silahkan disimak sebagai bahan pembelajaran.

Permasalah pada Respon

masalah laptop

Kharakteristik : Memiliki spesifikasi yang tinggi, tetapi nyatanya respon yang dilakukan lamptop tersebut lambat. Kemudian yang terjadi hanyalah pesan dengan kata Not Responsif yang muncul, dan justru mengakibatkan overheat.

Penyebab : terjadinya permasalahan pada laptop dengan respon yang lambat pada umumnya dikarenakan prosessor yang overheat. Dan masalah overheat pada prosesor biasanya disebabkan karena kotornya bagian dalam laptop.

Solusi : Buka dan bersihkan bagian dalamnya serta prosesor secara berhati – hati.  Jika permasalahan tersebut terasa tidak enak, sebaiknya kurangi beberapa aplikasi yang membebani laptop bisa juga melakukan scanning virus.

Permasalah pada Sinyal Wifi

masalah laptop

Kharakteristik : ketika akan menggunakan layanan internet untuk online dengan fasilitas wifi, namun secara tiba – tiba saja perangkat wifi tidak mau menangkap satupun sinyal yang sedang aktif.

Penyebab : bisa karena pengaturan yang belum terinstall atau bisa juga karena perangkat tersebut telah mengalami kerusakan.

Solusi : cek pada drivernya dan pastikan bahwa kartu wifi sudah terinstall, apabila belum silahkan cek kembali laptop yang anda beli dan temukan cd drivernya, jika tidak silahkan cari di internet aplikasi nya dan kemudian unduh. Sedangkan untuk memastikan apakah perangkat tersebut rusak atau tidak silahkan cek, dengan cara mengecek wifi yang aktif menggunakan perangkat yang lain apabila bisa berarti perangkat wireless anda memang rusak.

Permasalah pada Keyboard Rusak

Kharakteristik : tombol keyboard yang anda tekan tersebut, tidak berfungsi menampilkan huruf ataupun karakter yang anda inginkan secara tiba – tiba.

Penyebab : ada 2 penyebab yang membuat keyboard laptop secara tiba – tiba rusak, bisa karena permasalahan pada komponen hardware ataupun pada komponen software laptop.

Solusi : apabila terjadi pada komponen hardware, maka anda perlu mengecek pada bagian fisik keyboard akankah ada yang pecah atau tidak di karetnya, jika ada anda hanya perlu mengganti pada bagian tersebut dan pasang. Namun apabila terjadi pada komponen software, anda hanya perlu melakukan penginstalan pada driver touch dengan kesesuaian merek.

3 permasalahan dan cara penanganan pertama yang dapat anda lakukan, sebagai solusi yang dapat anda lakukan dibandingkan anda terus merasa  kesal dan hanya diam memperhatikan apa yang terjadi pada masalah laptop.