Mengapa Pajak Menjadi Sumber Utama Keuangan Negara

 

Jika ada pertanyaan tentang mengapa pajak menjadi sumber utama keuangan Negara? Sudah pasti dikarenakan fungsi dari pajak itu sendiri sebenarnya merupakan sumber keuangan dari sebuah Negara. Karena, dalam hal ini, pemerintah itu merupakan pemungut pajak untuk mendapatkan sumber utama keuangan negara, yang mana kemudian digunakan untuk membiayai negara yang sifatnya rutin dan untuk pembangunan.

Baca juga: Tahapan Untuk Bisa Mendapatkan Kredit Rumah BPJS Ketenagakerjaan

Bagaimana pun juga, negara itu sebenarnya sama seperti rumah tangga. Jadi, negara juga membutuhkan sumber keunagan demi membiayai kelangsungan hidup. Di dalam keluarga, yang menjadi sumber keuangan adalah gaji dan laba dari sebuah usaha. Hal ini berlaku untuk wiraswasta ataupun untuk pegawai dan karyawan.


Mengapa Pajak Menjadi Sumber Utama Keuangan Negara

Sedangkan untuk negara, yang menjadi sumber keuangan yang utama itu adalah dari pajak dan juga retribusinya. Hal tersebut telah tercantum di dalam pasal 33 pada UUD’45. Dimana untuk bumi, air, dan juga kekayaan alam yang ada di dalamnya tersebut dikuasai oleh negara, dan semuanya itu dipakai untuk kemakmuran rakyat.

Atas dasar ketentuan inilah kemudian menjadi alasan mengapa pajak menjadi sumber utama keuangan negara. Karena dari pajak inilah yang kemudian dijadikan sebagai sector utama untuk mensejahterakan para rakyat Indonesia.

Yang pasti, dengan adanyak pajak untuk pembangunan pada setiap daerah, baik itu untuk kabupaten, kota, dan provinsi, maka dari anggaran yang berasal dari pajak yang terkumpul oleh negara itulah yang nantinya akan digunakan untuk mensejahterakan rakyat. Dari situlah nantinya pemberdayaan dan pembangunan masyarakat kemudian bisa terwujub bila mana pemasukan dan keuangan pajak tersebut lancar.

Pengertian Pajak

Jadi, pajak itu merupakan sebuah harga untuk pelayanan public dan pemakaian barang, bila nanti penerimaannya tidak memenuhi, maka akan dilakukan sebuah pengadaan barng dan juga pelayanan public pun menjadi memburuk. Jadi, bisa dibilang bahwa negara itu butuh semua itu berdasarkan perkembangan pembangunan dan ekonomi.

Berdasarkan hokum Wagner, maka porsi pengeluaran negara itu pada dasarnya selalu naik, hal ini sesuai dengan adanya perkembangan dari PDB untuk setiap kapitanya. Sementara itu, perkembangan pengeluaran di negara maju itu ternyata juga semakin meningkat. Hal ini dikaitkan pula dengan adanya pembiayaan system atas jaminan social.

Dalam hal ini, komponen untuk anggaran tersebut masih terkesan minimal, sehingga untuk titik berat atas anggaran tersebut masih digunakan untuk layanan public dan juga untuk barangnya.

Mengapa pajak menjadi sumber utama keuangan negara?

Kalau masih ada pertanyaan seperti itu, maka jawabannya adalah karena pada hakikatnya itu proses pemungutan pajak nasional adalah kegiatan yang menyeluruh dan terus – menerus dilakukan untuk meningkatkan pendapatan negara. Selain itu, hal tersebut juga dilakukan untuk membiayai adanya pengeluaran negara itu sendiri.

Jadi, jelas bila dilihat dari penjelasan tentang mengapa pajak menjadi sumber utama keuangan negara di atas, yang menjadi hal terpenting dalam menjalankan pertumbuhan negara. Jalan inilah yang kemudian akan menciptakan banyak pembaruan demi mensejahterakan rakyat.

Cataatn tersebut dibuat untuk membuat kecerdasarn dan kemakmurah rakyat bisa meningkat. Tentunya untuk menjadikan kemakmurah masyarakat yang lebih baik lagi. Setidaknya dengan system kebijakan untuk perpajakan negara inilah yang akan membantu perbaikan Indonesia menjadi lebih baik. Maka dari itulah mengapa pajak menjadi sumber utama keuangan negara.

Yang pasti partisipasi aktif para masyarakat itu penting sekali, demi membangun negara yang lebih baik lagi. Maka dari itulah, pajak harus dibayar tepat waktu, karena itu merupakan sumber keuangan negara.