Mengenal Efek Fase Menstruasi Wanita Setiap Bulan

Mengenal Efek Fase Menstruasi Wanita Setiap Bulan – Setiap wanita selalu mengalami peluruhan terhadap sel telur yang tidak dibuahi. Kejadian seperti ini disebut juga dengan menstruasi. Meskipun menstruasi ini merupakan sebuah tamu bulanan. Namun, ternyata masih banyak wanita yang tidak tahu apa yang sedang terjadi ketika sang tamu ini datang.

Baca juga : Cara Mengatasi Masalah Jerawat selama 30 Hari

Padahal, bila mereka tahu proses terjadinya menstruasi, Anda akan lebih memahami ketika tubuh Anda mulai lemas, jerat muncul banyak, payudara terasa sakit, dan fase menstruasi yang lainnya. Bahkan, terkadang saat fase ini datang, tak jarang bila kebanyakan wanita sering kali mengalami moody. Maka dari itulah, kali ini akan kami berikan sedikit pengetahuan tentang fase menstruasi dan segala keunikannya yang harus diketahui oleh setiap wanita, antara lain:

Cara Mengatasi Masalah Jerawat selama 30 Hari

Pendarahan dari Hari ke 1 hingga 5

Ini adalah salah fase dimana Anda akan mengalami sebuah pendarahan. Umumnya fase ini berlangsung dari 1 hari sampai hari ke 5. Ada pula yang sampai berlangsung selama 7 hari. Namun, hal ini masih wajar. Karena hormon progesteron telah mengalami penurun drastis. Sehingga, lapisan rahim telah luruh, dan akibatnya darah haid menjadi keluar sebanyak 10 ml sampai dengan 80 ml. Saat inilah otot perut dan juga rahim dalam perut mulai berkontraksi dan darah haid mulai keluar. Inilah yang menjadi penyebab perut menjadi kram.

Fase ini adalah dimana Anda berada pada titik paling rendah. Tak heran bila di dalam fase inilah Anda menjadi cenderung lebih lemas dan inginnya hanya berguling-guling saja. Cobalah untuk makan dan minum yang banyak. Karena dalam masa ini tubuh Anda membutuhkan banyak energi.

Pra Ovulasi

Dalam fase menstruasi ini disebut juga dengan fase folikular. Biasanya terjadi dari hari ke 1 sampai dengan hari ke-13.. Nafsu makan menjadi menurun, dan mood juga mulai meningkat. Dalam masa ini, kalenjar pituitari telah melepaskan hormon yang biasa disebut juga dengan Follicle Stimulating Hormone atau disebut juga dengan FSH. Dimana hormon ini nanti akan merangsang bagian foliker ke ovarium agar tumbuh matang. Hanya terdapat 1 folikel saja yang bisa berubah menjadi sel telur.

Lapisan dinding rahim yang sebelumnya luruh ini nanati akan menebal lagi. Disamping itu, testosteron dan hormon estrogen mulai meningkat lagi. Peningkatan hormon ini akan memberikan dorongan energi, otak, dan mood Anda. sedangkan testosteron akan membuat libido menjadi terangsang. Semenatra estrogen bisa lebih terbuka dan bisa mengontrol nafsu makan. Sehingga, Anda bisa lebih berani dan tegas untuk mengambil resiko.

Fase Ovulasi

Fase ini terjadi dari hari ke 14. Dimana sel telur mulai matang, dan siap untuk dibuahi. Ovulasi merupakan puncak dari hasil kerja keras tubuh Anda selama fase menstruasi terjadi sebelumnya. Lewat produksi hormon LH, sel telur yang cukup matang akan dilepas dari folikel menuju ke ovarium, ke saluran tuba. Selanjutnya, akan bertahan selama 12 jam sampai dengan 24 jam. Fase ini biasanya tidak sama untuk setiap wanita. Karena tergantung dari siklus menstruasi setiap wanita. Selain itu, fase ini juga dipengaruhi adanya faktor penurunan berat badan, sakit, stress, melakukan diet, dan juga melakukan olahraga.

Dalam fase ini, hormon estrogen dan juga hormon testosteron sedang berada pada puncaknya. Anda akan merasa percaya diri dalam masa ini. Sehingga, kulit terasa lebih cantik dan halus.