Mengenal Lebih Jauh Kredit Rumah di Bandung

Untuk Anda yang ingin membeli sebuah rumah di Bandung namun tidak ada uang cash yang cukup, maka kredit rumah di Bandung ini bisa menjadi pilihan yang paling tepat untuk Anda. Mengingat sekarang ini pilihan KPR sudah makin banyak, sehingga hal ini membuat kata KPR itu sendiri menjadi sudah tidak asing lagi.

Mengenal Lebih Jauh Kredit Rumah di Bandung

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa kpr itu ternyata punya banyak aneka macam dan banyak prinsip pokok yang tidak sama antara satu dengan yang lainnya? Untuk lebih jelasnya akan kami sampaikan seputar pengertian dari kpr dan macam – macam dari kpr itu sendiri yang bisa Anda jadikan sebagai acuan dari acuan dalam mengajukan kredit rumah.

Baca juga: Pedoman dalam Kredit Rumah Dalam Hukum Islam

Serba – Serbi Kredit Rumah di Bandung

Pada dasarnya, kredit rumah di Bandung itu sebenarnya adalah cara untuk membeli rumah dengan sebuah jaminan berupa rumah. Jadi, berdasarkan agunan atau jaminannya itu sendiri, KPR tersebut terbagi atas beberapa varian, yang meliputi:

KPR Pembelian

Ini merupakan sebuah KPR yang memakai rumah untuk dijadikan sebagai jaminannya.

KPR Multiguna/ KPR Refinancing

Ini adalah KPR yang dilakukan dengan memakai rumah yang sudah ditinggali atau dimiliki tersebut untuk dijadikan sebagai barang jaminannya.

Jadi, melihat dari persyaratan untuk penerima pinjaman tersebut, dan dilihat dari tingkatan suku bunganya, maka kredit rumah di Bandung itu juga terbagi atas di bawah ini, antara lain:

KPR Bersubsidi

Ini adalah sebuah kredit yang diberikan oleh bank sebagai bagian yang diberikan oleh program pemerintah atau dari jamsostek untuk memfasilitasi atas kepemilikan dalam pembelian rumah sederhana yang sehat untuk para masyarakat yang berpenghasilan rendah disesuaikan dengan kelompok sasarannya. Jadi, dalam hal ini yang akan diberikan subsidi itu adalah dari uang mukanya dan juga dari suku bunga kreditnya.

KPR Konvensional

Ini adalah salah satu kredit rumah di Bandung yang bukan subsidi. Produk ini memang diberikan oleh pihak bank dengan persyaratan yang harus mengikuti dari ketentuan umum pihak perbankan dan juga tingkat suku bunga yang regular yang memang ditentukan oleh bank itu sendiri. Bisa saja dalam hal ini suku bunganya untuk tiap bank itu tidak sama antara satu dengan yang lain.

KPR Syariah

Kredit jenis ini sebenarnya hamper sama dengan KPR konvensional, dimana untuk transaksinya memakai sebuah prinsip akad, dan murabahah atau system jual beli dengan musyakarah juga, ada juga mutaniwishah, yaitu sebuah kerja sama sewa. Beberapa bank, entah itu dari pemerintah ataupun dari swasta banyak yang mempunyai produk KPR Syariah.

Inhouse KPR

Istilah kredit rumah di Bandung yang satu ini digunakan beberapa orang untuk membandingkan antara KPR yang berasal dari produk lembaga keuangan dengan KPR internal yang memang diberikan oleh pihak pengembang. Kpr yang seperti ini sebenarnya nama lainnya dari proses pembelian property menggunakan system cicilan yang bertahap sebagai salah satu fitur yang diberikan pihak pengembang.

Itu tadi adalah beberapa hal tentang pengertian dari kredit rumah dan macam – macamnya. Dengan memahami beberapa hal di atas, diharapkan dapat membantu Anda untuk lebih memahami tentang apa itu yang dimaksud dengan kredit rumah itu sendiri dan juga apa saja yang membedakan antara kredit rumah yang satu dengan yang lainnya. Dengan begitu, Anda bisa memilih manakah yang paling sesuai dengan Anda saat akan mengajukan kredit rumah.