Tips Menyimpan Makanan Anjing dan Kucing yang Benar

Tips Menyimpan Makanan Anjing yang Benar – Apakah Anda sedang mencari makanan binatang peliharaan yang cocok untuk anjing kesayangan Anda yang cukup membuat Anda menjadi pusing? Terlebih bila  makanan tersebut tersebut cepat rusak. Tidak hanya sekedar membuang uang saja, namun hal ini juga dapat mengancam kesehatan anjing Anda.

Baca juga: Fakta Mitos Makanan Binatang Peliharaan Harus Diketahui

Makanan anjing yang paling bagus sekalipun menjadi tidak berarti, bila Anda tidak menyimpan makanan anjing dengan benar. Bahkan, makanan tersebut bisa rusak dan kemudian ditumbuhi oleh bakteri, jamur, dan bisa dimakan oleh tikus. Maka dari itulah, supaya tidak sia-sia, sebaiknya pahami beberapa cara untuk menyimpanan makanan dengan benar, antara lain:

Menyimpan Makanan Anjing

Simpan Kibble ke dalam Toples yang Kedap Udara

Mungkin sampai saat ini Anda lebih senang bila Anda menyimpan makanan kering ini ke dalam toples karena hal ini jauh lebih praktis. Namun meskipun begitu, sebaiknya jangan pernah membuang plastik kemasannya begitu saja. Ada baiknya bila Anda menyimpan kibble ini ke dalam sebuah toples yang kedap udara dengan plastik kemasannya. Mau tahu alasannya?

Karena sebenarnya plastik kemasan tersebut berguna sekali untuk mencegah makanan agar tidak tengik dikarenakan lembab. Apalagi bila ternyata ada masalah terhadap makanannya tersebut. maka dari itulah, Anda membutuhkan informasi yang lengkap terhadap kemasannya tersebut. sehingga, saat kemasan tersebut dibuka, maka Anda bisa menggulung pada bagian bukaannya, setelah itu pakai penjepit kertas. Bila sudah, simpan saja ke dalam sebuah toples.

 Jangan Campur Kibble yang Lama dengan yang Baru

Mungkin Anda sering tergoda untuk mencampur kibble yang tinggal sedikit dengan kibble yang baru. Ada baiknya bila Anda tidak melakukan hal tersebut. karena bisa jadi kibble yang tinggal sedikit tersebut bisa saja hampir melewati masa expired date dan mulai ditumbuhi dengan bakteri dan jamur. Itu artinya, hal ini bisa mengakibatkan terjadinya kontaminasi kibble yang baru tersebut.

Simpan Makanan Basah Anjing ke dalam Toples

Makanan basah yang sebelumnya belum terbuka itu jauh lebih lama daya simpannya saat berada dalam kaleng kemasan. Sedangkan makanan basah yang telah terbuka dan sebagian telah disantap oleh anjing Anda, maka sebaiknya pindahkan saja bagian makanan yang masih utuh ke dalam sebuah toples yang benar-benar kedap udara. Setelah itu, masukkan ke dalam sebuah kulkas. Umumnya, cara penyimpanan yang seperti ini dapat bertahan selama 5 hari saja.

Ingat ada 3 Elemen Perusak Makanan

Salah satu elemen yang pertama yang bisa merusak makanan adalah udara. Makanan yang sudah terkespos udara itu artinya telah terekspos bakteri. Maka dari itulah, sebaiknya jagalah tempat penyimpanan, seperti toples misalnya yang telah tertutup rapat. Yang kedua adalah, dari segi kelembabannya yang lebih memicu munculnya jamur. Ketiga adalah sebauh suhu. Sebaiknya, jangan simpan tempat penyimpanan dari menyimpan makanan anjing ini pada tempat yang panas dan area yang terbuka.

Karena, hal tersebut dapat membuat suhu bisa naik tanpa kendali dan bisa terekspos oleh sinar matahari. Ada baiknya, bila Anda harus selalu menyimpan tempat penyimpanan ini di area yang kering. Misalnya saja di dapur.

Sediakan yang Fresh Selalu!

Pastikan bahwa Anda selalu menyiapkan makanan yang selalu fresh untuk makanan anjing Anda. Anda tidak perlu bingung akan kehabisan makanan mereka. Karena sekarang sudah ada layanan untuk berlangganan makanan binatang peliharaan Anda.