Mesin EDC Adalah Seperti Ini Manfaat dan Pengertiannya

Mesin EDC Adalah Seperti Ini Manfaat dan Pengertiannya – Banyak orang seringkali bertanya tentang mesin EDC. Karena ternyata tidak banyak orang tahu dari pengertian mesin itu sendiri. Namun, untuk mereka yang terbiasa berbelanja di supermarket, tentu saja mereka tidak asing dengqn mesin ini. Karena ummnya mesin ini sering digunakan di kasir. Jadi, selain memakai uang tunai, para konsumen diberikan pilihan juga untuk memakai kartu ATM atau kartu kredit.

Baca juga: Android Game Gratisan Game Jadul Eternal Legacy

Kartu itu nanti akan digesek di sebuah mesin. Setelah itu, pemilik kartu harus mengisi pin, sehingga pembayarannya langsung terpenuhi. Jadi, alat itu disebut juga dengan mesin EDC. Saat ini, mesin pembayaran ini sering kali ditemukan, khususnya pada gerai toko modern, resto, minimarket, cafe, dan juga pom bensin, beserta tempat-tempat yang lain.

mesin EDC adalah

Dengan adanya alat itulah nantinya Anda bisa mendapatkan banyak kemudahan dalam melakukan pembayaran. Dengan begitu, kini Anda tidak harus lagi mengantongi uang tunai ketika sedang berbelanja. Jadi, mesin EDC adalah adalah sebuah singkatan dari kata Electronic Data Capture. Yang berarti bahwa ini adalah alat yang berguna untuk menerima sebuah pembayaran yang bisa menyambungkan antar rekening bank.

Jadi, fungsi dari mesin EDC adalah untuk melakukan sebuah pemindahan dana dengan cara real time. Mesin tersebut telah diberi oleh pihak bank kepada para nasabahnya yang mempunyai merchant atau memiliki toko. Banyak sekali bank populer yang dipakai pada mesin ini. Misalnya saja, seperti bank Mandiri, bank BCA, bank BRI, dan juga bank yang lainnya.

Kegunaan Mesin EDC bagi Pengusaha Ritel

Saat ini, bagi pengusaha ritel itu penting sekali mempunyai mesin EDC agar bisnisnya bisa berjalan lancar. Karena saat ini jumlah konsumen yang datang makin modern, dimana beberapa konsumen sudah banyak yang menggunakan kartu kredit dan kartu ATM untuk pembayarannya. Sehingga, ha ini membuat sistem pembayarannya semakin lebih mudah dan lebih praktis. Di bawah ini adalah manfaat dari mesin EDC ini untuk pengusaha ritel, antara lain:

  1. Kegunaan dari mesin EDC adalah bisa meningkatkan omset penjualan. Karena penawarannya lebih mudah, sehingga hal ini membuat banyak konsumen semakin tertarik.
  2. Ketika para kompetitor yang sudah menjalankan bisnis yang sama belum mempunyai mesin EDC, tentu saja hal ini membuat toko Anda mempunyai poin lebih yang bisa dijadikan sebagai salah satu alasan kenapa konsumen memilih toko Anda.
  3. Dengan mesin EDC ini, maka biaya dan waktu yang dikeluarkan lebih hemat. karena sistem pembayarannya dapat dilakukan secara otomatis dan langsung masuk ke dalam rekening bank Anda.

Cara Mengajukan Mesin EDC di Bank

Agar bisa menyimpan uang dari pembayaran, maka Anda harus mempunyai rekening bank dari bank yang bersangkutan. Entah itu dari rekening giro dan juga rekening tabungan. Setelah itu, Anda bisa langsung mengajukan pada pihak bank untuk mendapat mesin EDC sesuai dengan persyaratan dokumen. Dibawah ini adalah beberapa ketentuan mengajukan mesin EDC di bank, antara lain:

NPWP

kTP atau Passport

TDP/ SIUP/ Surat Keterangan Domisili

Akta Pendirian

Surat Keterangan Sewa Tempat Usaha atau Sertifikat Kepemilikan Tempat

Rekening Formulir Permohonan

Mengisi Formulir Permohonan

Rekening Giro atau Rekening Bank

Perlu diketahui, bahwa untuk setiap bank sendiri pada umumnya mempunyai ketentuan dan persyaratan yang tidak sama. Sehingga, Anda harus melihat dulu ke bank pilihan Anda sebelum mengajukan mesin EDC ini.