Cara Memperbaiki Mesin Jahit Karung

Cara Memperbaiki Mesin Jahit Karung – Seperti yang telah diketahui, bahwa pada dasarnya karung itu adalah sebuah tempat yang dipakai untuk menampung semua barang bawaan dalam jumlah yang sangat banyak. Karung itu sendiri umumnya sering digunakan untuk menampung tepung, gula, beras, dan sejumlah hasil pertanian yang lainnya. Karung yang dipakai itupun bisa beraneka ragam. Terkadang bisa berupa karung plastik dan juga karung goni.

Baca juga; Cara Membuat Mesin Pengering Pakaian Dari Kaleng Cat Bekas

Dan siapa sangka bila ternyata ada juga mesin jahit karung yang dipakai oleh pabrik penggilingan padi, pabrik gula, pabrik tapioca, dan juga digunakan untuk pedagang beras yang lainnya. Dengan memakai mesin jahit berbentuk inilah membuat proses pengemasannya menjadi semakin lebih cepat selesai. Hasil yang ditawarkannya pun menjadi semakin lebih maksimal. Lebih menariknya lagi adalah, ternyata ada beberapa macam tipe mesin jahit ini di pasaran sesuai dengan kebutuhan Anda.

mesin jahit karung

Untuk cara kerjanya hampir sama seperti mesin jahit kain. Yang membedakan hanyalah dari karung portable atau dijinjing operator ketika sedang menjahit. Dimana mesinnya tersebut akan langsung bergerak maju menuju ujung karung yang telah dijahit menggunakan benang pada 1 jenis yang telah terhubung dengan jarum bawah dibagian sekoci layaknya jarum kain. Sedangkan untuk permasalhaan kerusakaannya sama seperti pada mesinjahit kain. Dimana untuk car amengatasi kerusakannya adalah bisa dengan menggunakan cara di bawah ini:

Masalah Pertama

Masalah pertama yang sering kali terjadi pada mesin jahit karung ini adalah benang jahitan yang lebih mudah putus. Hal ini bisa terjadi karena benangnya menyangkut dikarenakan menjahitnya menggunakan arah yang salah. Selain itu, hal ini juga bisa terjadi bila Anda memasang jarumnya ke bawah. Sehingga, hal ini membuat benang menjadi semakin tegang dan mudah putus. Sedangkan, untuk penyebab yang lainnya adalah karena Anda memilih benang yang kasar dan bisa juga karena terlalu halus.

Solusi

Maka dari itulah, bila Anda mengalami hal tersebut, maka pastikan agar posisi jarum mesinnya tersebut sudah tepat di tempatnya. Yaitu, tidak begitu tinggi dan juga tidak terlalu rendah. Lakukan pengecekan terhadap ketegangan jarum dengan cara memutar bagian pengatur tegangan benangnya. Benang yang begitu tegang bisa membuatnya cepat putus ketika dipakai.

Masalah Kedua

Masalah yang lain adalah karena benangnya dan pengait bawahnya tidak seimbang. Sehingga, salah satu solusi terbaiknya adalah dengan meneysuaikan tegangan benang bagiana tasnya menjadi lebih seimbang dengna bagian pengait benang bawahnya. Jika benang bagian atasnya kendur, sebaiknya putar saja ke kanan pengatur tegangan bagian benang atasnya hingga hasil jahitannya tersebut menjadi lebih kencang dan lebih kuat. Namun, bila benangya terlalu kencang, maka Anda bisa langsung memutar kiri dengan tegangan benang atasnya hingga hasil jahitannya menjadi lebih kencang dan lebih kuat.

Masalah Ketiga

Masalah yang lainnya yang kerap terjadi pada mesin jahit karung adalah hasil jahitannya yang mengerut tidak merata. Biasanya hal ini bisa saja terjadi dikarenakan tegagan benangnya terlalu kuat. Selain itu, hal ini juga bisa terjadi karena terjadi kesalahan dalam memasangkan pengait bagian bawahnya. Dengan begitu, benangnya menjadi tidak bisa melewati jalannya dengna benar, namun bisa diimbangi dengan cara memutar bagian pengatur ketegangan benang atasnya menjadi seimbang.

Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah cobalah untuk memeriksa lagi pengait bagian bawahnya dan pastikan agar benang bawahnya cukup mapan dan tidak begitu seret tarikannya. Buat sampai benangnya seimbang dengan pengait bawah agar tidak bermasalah lagi.