Minyak Pelumas Mesin Diesel Review

Minyak Pelumas Mesin Diesel Review – Sebenarnya, minyak pelumas mesin atau yang umumnya sering disebut juga dengan sebutan sebagai oli ini digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Misalnya saja untuk mesin, untuk hidrolis, untuk transmisi, dll. Setiap oli itu sendiri punya peruntukannya masing-masing. Maka dari itulah, dalam kesempatan kali ini akan kami sampaikan tentang bagaimana cara untuk mengenal lebih jauh tentang minyak pelumas yang digunakan untuk mesin diesel. Misalnya saja seperti varian dari oli mesin yang ada di bawah ini:

Baca juga: Cara Memulai Usaha Bengkel Motor Modal Kecil

Oli mesin yang digunakan untuk mesin diesel ini pada dasarnya berguna untuk melumasi bagian permukaan komponen yang sedang bergerak. Dengan begitu, hal ini dapat meminimalisir terjadinya gesekan yang bisa mengakibatkan terjadinya aus dan panas dibagian komponen mesin dieselnya. Oli itu sendiri juga akan bergerak. Karena umumnya oli ini tidak akan tinggl diam begitu saja.

minyak pelumas mesin

Pergerakan inilah yang membuat oli tersebut dapat mengangkut panas yang ditimbulkan oleh sebuah mesin. Sehingga, sedikit banyak dari mesin itu pada dasarnya bisa berguna juga untuk pendingin mesin. Nah, d bawah ini akan kami sampaikan lebih jauh tentang macam-macam dari oli mesin yang dapat Anda jumpai, sebagai berikut ini:

Oli Mineral

Oli yang satu ini pada dasarnya berasal dari minyak bumi. Setelah itu, minyak ini kemudian disempurnakan bersamaan dengan zat aditif yang berguna untuk meningkatkan kemampuan dan fungsinya dengan baik. Tanpa adanya zat aditif inilah akan membuat pli mineral ini memiliki ciri khas yang merugikan, seperti yang ada di bawah ini:

Pertama, ketika sedang berada pada suhu yang rendah atau dingin, maka oli mineral pasti menggumpal.

Kedua, ketika suhu sedang panas atau tinggi, maka oli jenis ini mudah sekali teroksidasi dan mudah sekali rusak.

Ketiga, oli ini bisa meninggalkan deposit atau sebuah kerak yang berlumpur.

Tak heran karena alasan inilah membuat oli mineral yang satu ini sering sekali digunakan untuk meisn yang mempunyai silinder baru dan mempunyai piston. Mau tahu alasannya? Karena minyak ini memiliki struktur molekul oli mineral yang terbilang tidak rata. Sehingga, karena kharakteristiknya yang tidak rata inilah menjadikan setiap komponennya tersebut bisa saling mengikis antara satu dengan yang lain. sedangkan, bila berbicara tentang harga jualnya, oli jenis ini cukup terjangkau.

Oli Semi Sintetik

Sedangkan untuk minyak pelumas mesin yang satu ini berasal dari kombinasi antara oli mineral dengan gabungan dari sintetik. Oli ini memiliki oli sintetik sebanyak 10% sampai dengan 25%. Kelebihannya adalah memiliki kualitas minyak yang jauh lebih bagus dari oli mineral. Meskipun untuk harga jualnya terbilang lebih mahal dari oli mineral.

Oli Sintetik

Untuk minyak pelumas mesin yang satu ini didapatkan dari hasil pemilihan oli mineral yang kemudian telah diproses dan dimodifikasi dengan cara kimiawi. Prosesnya ini sangat kompleks dan cukup sulit. Tak heran bila harganya menjadi jauh lebih mahal dari semuanya. Karena dengan semua kandungan yang ada didalamnya inilah membuatnya memiliki banyak kelebihan, misalnya memiliki kekentalan atau vikositas yang jauh lebih stabil dalam semua suhu.

Selain itu, minyak ini juga tidak mudah teroksidasi dan lebih aman, karena tidak akan meninggalkan deposit ataupun meninggalkan kerak didalamnya saat sedang digunakan. Maka dari itulah, kini jika Anda sering memakai oli mineral hingga bertahun-tahun, sebaiknya jangan langsung diganti dengan oli sintetis. Karena minyak ini bersifat detergent dan bisa mengikis kerak dari oli mineral. Sebaiknya, lakukan engine flush dulu sebelum Anda beralih ke dalam minyak pelumas mesin yang lain.