Resep Masakan Nasi Goreng Lada Hitam

Resep Masakan Nasi Goreng Lada Hitam – Nasi goreng adalah hidangan nasi yang cukup terkenal dan disukai oleh semua orang. Karena nasi goreng itu sendiri punya banyak sajian yang bervariasi. Salah satunya adalah masakan nasi goreng lada hitam. Nasi goreng yang satu ini cocok sekali untuk pecinta masakan pedas. Rasanya cukup pedas. Dijamin akan memuaskan selera Anda. Tidak hanya itu saja, rasanya juga cukup lezat dan gurih, menjadikan nasi goreng ini siap memanjakan lidah Anda setiap waktu.

Baca juga: Resep Membuat Sayur Godog Tahu yang Gurih

Bahan beserta bumbu yang dipakainya benar-benar pilihan. Sehingga, membuatnya terasa lebih special. Nasi goreng ini cocok sekali dijadikan sebagai sajian makanan untuk menu makan siang. Proses pembuatannya juga cukup sederhana dan sangat mudah. Anda bisa membuatnya dengan cara melakukan persiapan selama 40 menit. Kemudian waktu memasak selama 20 menit, dan bila dijumlahkan secara keseluruhan dibutuhkan waktu selama 1 jam untuk membuat 3 porsi makan.

Nasi Goreng Lada Hitam

Selanjutnya, Anda tinggal menyiapkan beberapa bahan dan bumbu yang dibutuhkan. Dimana bahan-bahan dan juga bumbu yang harus disiapkan itu adalah sebagai berikut ini:

Bahan Utama

  • Cabai merah besar 1 buah.
  • Merica hitam kasar 1 sendok teh.
  • Cabai hijau besar 1 buah.
  • Dada ayam ½ buah.
  • Minyak 2 sendok makan untuk menumis.
  • Nasi putih 600 gr.

Bumbu

  • Bawang bombay ½ buah.
  • Garam ½ sendok teh.
  • Bawang putih 3 siung.
  • Kecap manis 1 sendok makan.
  • Saus tiram 1 sendok makan.

Cara Membuat Nasi Goreng Lada Hitam

  1. Siapkan semua bumbu-bumbu yang dibutuhkan. Supaya nantinya lebih mudah saat akan mengolahnya. Setelah itu, iris bawang bombaynya dan kupas bawang putihnya. Kemudian, cincang bawang putih sampai benar-benar halus terlebih dahulu.
  2. Sementara itu, potong juga cabai merah besarnya berukuran sebesar 1 cm. Jangan lupa potong juga cabai hijaunya berukuran sebesar 1 cm.
  3. Bersihkan dada ayam yang telah disiapkan, dan potong berbentuk kotak-kotak berukuran sebesar 1 x 1 cm. Bila sudah, langsung sisihkan.
  4. Selanjutnya, siapkan peralatan yang dibutuhkan. Yaitu spatula, wajan penggorengan, dan piring saji untuk menyajikan nasi goreng lada hitam.
  5. Panaskan wajan penggorengan di atas api yang menyala.
  6. Tambahkan minyak goreng dan panaskan sampai minyak panas.
  7. Tumis bawang bombay dan bawang putih sambil diaduk-aduk sampai tercampur rata dan beraroma harum.
  8. Tambahkan cabai merah dan cabai hijau. Aduk-aduk sampai tercampur rata sampai setengah layu.
  9. Masukkan pula ayam yang telah dipotong-potong sebelumnya.
  10. Tumis ayam sampai berubah warna dan menjadi matang.
  11. Masukkan pula nasinya, aduk-aduk lagi sampai tercampur rata semua bahan dan bumbunya.
  12. Masukkan bumbu-bumbunya. Yaitu merica hitam kasar, kecap manis, garam, dan saus tiram.
  13. Aduk-aduk lagi sampai tercampur merata.
  14. Bila sudah tercampur rata, langsung matikan apinya dan angkat.

Nah, kini nasi goreng lada hitam telah siap untuk disajikan di atas piring saji yang telah Anda siapkan sebelumnya. Kini Anda bisa menyantapnya selagi masih hangat. Agar terasa makin nikmat, sebaiknya tambahkan pula sajian ini dengan kerupuk atau telur mata sapi. Sehingga, Anda bisa mendapatkan sajian nasi goreng yang benar-benar berasa nikmatnya. Bila perlu, taburi atasnya dengan bawang merah goreng, dan rasakan nikmatnya!