Resep Masakan Nasi Lemak Pandan Hijau

Resep Masakan Nasi Lemak Pandan Hijau – Nasi lemak merupakan sebuah olahan beras yang bisa dijadikan sebagai inspirasi terbaik saat ingin menyajikan sebuah menu masakan utama di rumah. Resep masakan yang satu ini terkenal dengan kegurihannya, dan memiliki aroma rempah-rempah yang begitu nikmat dan juga enak. Anda bisa mencobanya sendiri di rumah Anda sekarang juga.

Baca juga :  Resep Membuat Nasi Liwet dengan Rice Cooker

Beda sekali dengan nasi lemak yang lain. Karena kali ini akan kami berikan resep membuat nasi lemak pandan hijau  yang mempunyai aroma dan warna yang benar-benar khas dan berbeda dari yang lain. Dimana aroma dari daun pandan inilah yang nantinya akan menjadikan nafsu makan menjadi makin bertambah. Meskipun nasi lemak ini berbeda dari nasi lemak yang lain, namun sebenarnya bahan-bahan dan bumbu yang digunakan adalah sama.

Resep Dan Cara Membuat Nasi Lemak Kampung Pandan Hijau

Namun, untuk resep kali ini diberikan tambahan berupa daun pandan agar aroma dari nasi lemaknya makin khas. Nasi lemak yang popular di kawasan Melayu ini bisa juga disajikan bersama dengan tambahan dari lauk pauknya. Yaitu telur rebus yang sudah dibelah menjadi 2 bagian, ayam goreng, kacang tanah yang telah digoreng sebagai bahan taburan, dan juga sambal goreng dari ikan bilis. Selain itu, ada juga tambahan sayuran yang lain yang ditambahkan ke dalam sajiannya. Yaitu kangkung, mentimun, dan juga daun singkong yang sudah direbus.

Umumnya, nasi lemak ini kerap disajikan untuk menu hidangan utama saat sarapan pagi dan makan siang. Namun, kini banyak pedagang kaki lima dan juga beberapa rumah makan yang kerap menawarkan nasi lemak juga. Dengan begitu, Anda bisa memesannya tanpa batas lagi untuk sarapan pagi dan juga untuk makan siang. Nasi lemak dengan aroma daun pandan ini bisa dijadikan sebagai sajian hidangan utama dari nasi yang ada di rumah.

Waktu Memasak

Untuk proses persiapannya sendiri dibutuhkan waktu selama 10 menit. Sedangkan, untuk waktu memasaknya dibutuhkan waktu selama 40 menit. Jadi, dibutuhkan waktu selama 50 menit untuk membuat masakan nasi lemak pandan hijau yang satu ini.

Bahan Utama

  • Beras sebanyak 600 grarm.

Bumbu Nasi Lemak

  • Garam, sebanyak 1 ½ sendok teh.

Bahan Pelengkap

  • Daun pisang secukupnya, untuk membungkus nasi.

Cara Memasak Nasi Lemak Pandan Hijau

  1. Untuk membuat bumbunya, maka warna hijaunya ini didapatkan dari daun pandan yang telah dihaluskan dengan cara diblender. Setelah itu, disaring. Kemudian, sisihkan.
  2. Rebus santan yang berasal dari ½ butir kelapa, bersamaan dengan serai, daun salam, air pandan, dan garam sambil diaduk-aduk sampai mendidih.
  3. Agar warnanya lebih terlihat, maka sebagai tambahan untuk warna hijaunya ini bisa pula ditambahkan dengan pewarna makanan yang mempunyai aroma pandan yang khas.
  4. Cucilah berasnya sampai bersih.
  5. Kemudian, masukkan semua bahan ke dalamnya sambil diaduk-aduk sampai semuanya tercampur rata.
  6. Masak menggunakan wajan sampai airnya mengering.
  7. Bila sudah, langsung kukus ke dalam dandang selama 20 menit hingga nasi matang.
  8. Barulah setelah itu, pindahkan saja ke dalam rice cooker supaya nasinya tetap hangat.
  9. Jadi, bila Anda memasak menggunakan rice cooker, tinggal masukkan saja semua bahannya.
  10. Setelah itu tekan memasak.
  11. Bila sudah mau matang, maka buka saja sebentar, dan diaduk-aduk.
  12. Lalu tutup lagi dan masak lagi.
  13. Setelah matang, tinggal dibungkus saja pakai daun pisang.

Kini nasi lemak pandan hijau telah siap untuk disajikan selagi masih hangat bersama dengan lauk pauknya.