Resep Membuat Nasi Liwet Ikan Teri dari Sunda Menggunakan Rice Cooker

Resep Membuat Nasi Liwet Ikan Teri dari Sunda Menggunakan Rice Cooker – Saat ini, nasi liwet ikan teri telah menjadi menu andalan untuk sebagian besar orang saat sedang berkumpul bersama dengan anggota keluarga dan teman-teman. Disamping memiliki cita rasa yang benar-benar gurih dan juga beraroma. Rempah-rempah yang disajikannya juga benar-benar mampu menggugah selera semua orang.

Baca juga : Resep Masakan Nasi Bukhari Arab Sederhana

Jadi, bila dulunya Anda mungkin hanya mengenal nasi liwet dari Solo, sekarang ini saatnya kita coba untuk membuat nasi liwet dari Sunda. Rasanya benar-benar gurih, karena dimasak menggunakan santan kelapa, yang lengkap dengan tambahan lauk pauknya yang benar-benar khas Sunda. Nasi ini memiliki tekstur yang sangat pulen. Sehingga, mudah sekali ditemukan di area pinggir jalan ataupun di beberapa penjual rumah makan.

Resep Membuat Nasi Liwet Ikan Teri dari Sunda Menggunakan Rice Cooker

Umumnya, cara penyajiannya sangat tradisional. Biasanya, nasi liwet ini kerap disajikan ke dalam kastrol, bersamaan dengan tambahan lauk pauk, berupa tempe, tahu, ikan asin, beserta sayuran yang lainnya. Jadi, bisa dibilang bahwa resep yang satu ini memang benar-benar harus dicoba di rumah. Karena bisa dikombinasikan dengan tambahan lalapan dan juga sambal, sehingga menjadi sajian masakan menu khas Sunda.

Waktu Memasak

Untuk proses persiapannya disini dibutuhkan waktu selama 20 menit untuk membuatnya. Sedangkan, untuk waktu memasaknya, dibutuhkan waktu selama 90 menit. Sehingga, bila dijumlahkan secara keseluruhan itu, dibutuhkan waktu selama 110 menit untuk membuat sajian ke dalam 8 porsi makan.

Bahan Utama

  • Beras 1 L.
  • Air secukupnya.
  • Ikan teri 1 ons, yang telah digoreng, kemudian sisihkan.

Bumbu

  • Bawang putih, sebanyak 6 siung.
  • Serai 2 batang.
  • Daun salam 5 lembar.
  • Garam secukupnya.
  • Kaldu penyedap rasa, secukupnya juga.

Bahan Pelengkap

  • Tempe secukupnya.
  • Tahu secukupnya.
  • Lalapan secukupnya.
  • Sambal secukupnya.

Cara Membuat Nasi Liwet Ikan Teri

  1. Bersihkan berasnya terlebih dahulu, kemudian langsung sisihkan.
  2. Kupaslah bahan-bahan bumbunya. Yaitu bawang putih, setelah itu gorenglah sampai kering dan beraroma harum, lalu tiriskan.
  3. Tuang air dan masukkan beras ke dalam rice cooker.
  4. Tambahkan air yang sedikit lebih banyak dari biasanya.
  5. Tambahkan ikan teri yang telah digoreng sebelumnya.
  6. Masukkan daun salam, serai, penyedap rasa, bawang putih, dan garam yang telah digoreng ke dalam rice cooker Anda.
  7. Aduk-aduk sampai semua bahan dan bumbunya tercampur rata.
  8. Masak selama 30 menit sampai matang, lalu angka.

Kini nasi liwet ikan teri telah siap untuk disajikan bersama dengan lalapannya dan juga sambal. Anda bisa menyajikannya bersamaan dengan sambal tomat, sambal oncom, ataupun sambal terasi ke dalamnya. Sedangkan untuk lalapannya, Anda bisa menggunakan selada, mentimun, dan bunga kol. Proses pembuatan nasi liwet menggunakan rice cooker ini dinilai jauh lebih mudah dari pada harus membuatnya secara manual.

Menariknya lagi adalah, dalam proses pembuatan menggunakan rice cooker ini ternyata sangat praktis dan mudah sekali. Bahkan tanpa harus menghilangkan cita rasa yang asli. Namun, bila Anda membuatnya pakai kastrol, maka berasnya harus dimasak secara bersamaan dengan bumbunya. Setelah itu, diamkan sampai airnya meresap. Sehingga, bisa didapatkan sebuah sajian menu nasi liwet ikan teri yang benar-benar khas Sunda dan benar-benar nikmat seperti yang Anda harapkan saat ini.