Cara Memilih Oli Mesin Motor yang Benar

Cara Memilih Oli Mesin Motor yang Benar – Banyak pengguna motor yang ternyata tidak tahu bagaimana cara memilih oli mesin motor dengan benar. Sehingga, hal ini mengakibatkan terjadinya masalah pada mesin motor tersebut. Jadi, siapakah saat ini yang belum mengetahui tentang oli mesin itu?

Oli Mesin Motor

Kebanyakan orang umumnya sudah tahu tentang oli mesin itu. Terlepas dari apakah oli itu dan fungsinya adalah untuk apa. Karena sebenarnya oli itu adalah sebuah cairan atau sebuah pelumas. Oli ini berguna sekali untuk segala sesuatu yang digunakan pada kendaraan bermotor ataupun untuk mesin yang dipakai oleh motor.

Baca juga: Agar Mendapat Kredit Rumah Yang Paling Murah, Lakukan Ini!

Bentuk oli ini adalah berupa cairan. Selain itu, cairan ini juga berwarna disesuaikan terhadap fungsi dan juga kandungan yang terdapat di dalamnya. Yang pasti, oli mesin ini berperan sekali terhadap mesin sepeda motor tersebut. Dengan pemilihan oli yang tepat inilah yang nantinya akan membantu Anda untuk mendapatkan motor yang kencang tanpa biaya yang mahal.

Cara Memilih Oli Mesin Motor

Sebelum kita berlanjut pada bagaimana cara memilih oli mesin motor, sebaiknya Anda harus lebih selektif dalam menentukan oli tersebut. Karena pada dasarnya oli adalah bagian paling penting untuk mesin kendaraan bermotor. Maka dari itulah, pastikan bahwa Anda telah memilih jenis oli dan brand yang tepat yang disesuaikan terhadap karakter mesin motor Anda.

Di bawah ini adalah sejumlah tips yang harus Anda pahami tentang bagaimana cara memilih oli mesin motor yang benar. Supaya nantinya Anda bisa menjaga kendaraan bermotor Anda menjadii lebih terawat, antara lain:

  1. Pilhi saja oli mesin motor yang memiliki standart internasional. Ini penting sekali agar nantinya Anda bisa mendapatkan oli mesin yang tepat.
  2. Pilih saja oli berdasarkan jenisnya. Dimana seperti yang telah diketahui bahwa oli itu terbagi atas 3 jenis. Yaitu mineral, semi sintetik, dan juga sintetik. Pemilihan tipe oli ini bisa Anda sesuaikan terhadap karakter mesin motor Anda tersebut.
  3. Sebaiknya pilih saja oli mesin yang sesuai dengan kendaraan yang Anda pakai saat ini. Karena untuk kendaraan motor 2 tak dan 4 tak itu memiliki jenis oli yang berbeda dan tidak sama agar bisa membuat laju mesinnya semakin sempurna.
  4. Sebaiknya pilih oli mesin yang sesuai terhadap jenis transmisinya. Entah itu jenis manual ataupun jenis motor matic. Keduanya tentu saja memiliki jenis oli mesin yang tidak sama yang harus benar-benar Anda perhatikan.
  5. Jangan asal dalam memilih kekentalan oli mesin ini. Akan lebih baik bila Anda menyesuaikan pemilihan oli mesin ini berdasarkan apa yang telah disampaikan oleh bengkel motor setempat.
  6. Jangan pernah membeli oli mesin motor yang bekas atau bahkan malah oli oplosan. Meskipun jenis oli motor ini terbilang lebih terjangkau dan lebih murah, namun jangan pernah memiilh hal tersebut. Karena ini bisa berisiko terhadap mesin motor Anda nantinya. Dimana sudah pasti mesin motor akan menajdi bermasalah bila sudah salah dalam memilih oli mesin tersebut.

Nah, itu tadi adalah seputar bagaimana cara memilih oli mesin motor yang benar dan tepat. Sehingga, Anda nantinya bisa menjaga dan merawat mesin motor supaya bisa lebih terawat dan lebih kencang kinerjanya. Dengan cara ini pula akan membantu Anda untuk mendapatkan motor yang handal sama seperti yang dipakai oleh pembalap terkenal.