Inilah Perbedaan antara Oli Mesin dengan Oli Samping

Inilah Perbedaan antara Oli Mesin dengan Oli Samping – Ternyata tidak semua pengguna kendaraan bermotor tahu tentang perbedaan antara oli mesin dengan oli samping. Banyak di antara dari mereka hanya menunggangi kendaraan mereka saja tanpa memperhatikan tentang bagaimanakah cara untuk merawatnya dengan baik.

Padahal, keduanya ini sangat berperan sekali untuk motor Anda nantinya. Baik itu oli mesin ataupun oli samping, keduanya sama-sama mempunyai fungsi dan tugas yang sama. Yaitu keduanya sama-sama bertugas untuk melindungi mesin terhadap gesekan, sehingga hal ini bisa membuat mesin menjadi lebih awet.

Baca juga: Agar Mendapat Kredit Rumah Yang Paling Murah, Lakukan Ini!

Namun meskipun begitu, tetap saja ada perbedaan antara oli mesin dengan oli samping yang harus Anda pahami sebelum Anda membelinya. Lebih lengkapnya akan kami bagikan seputar perbedaan di antara kedua oli tersebut sebelum Anda menggunakannya, antara lain:

Oli  Samping Vs Oli Mesin

Berdasarkan fungsinya perbedaan antara oli mesin dengan oli samping itu adalah sebagai berikut ini, antara lain:

Untuk oli samping ini umumnya hanya digunakan pada motor 2 tak saja. Sedangkan oli mesin ini bisa digunakan untuk motor 2 tak atau bahkan motor 4 tak sekaligus.namun meskipun begitu, oli mesin 2 tak ini tidak dapat digunakan untuk motor 4 tak.

Tempat memasukkan oli samping ini bersamaan dengan tempat memasukkan untuk bensin. Sedangkan untuk oli mesin ini dimasukkan ke bagian samping bawah motor.

Saat motor sedang menambah bahan bakar, maka oli samping juga harus ditambahkan juga. Sedangkan oli mesin tidak perlu. Kecuali bila terjadi kebocoran atau penguapan, maka oli mesin baru harus ditambahkan. Yang pasti, bila sudah waktunya, oli mesin ini harus segera ditambahkan.

Oli samping ini hanya bisa melumasi di bagian tertentu saja yang dilalui oleh bahan bakar.  Sedangkan untuk oli mesin ini melumasi hampir pada setiap bagian mesin dan juga motor.

Oli samping ini umumnya bisa berisiko mengalami takaran yang tidak sama, sedangkan oli mesin ini biasanya takarannya sama.

Nah, melihat sejumlah perbedaan antara oli mesin dengan oli samping di atas, kini Anda harus sadar bahwa pada dasarnya Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih jenis oli yang digunakan untuk motor Anda tersebut. Karena, bila Anda memilih oli ini secara sembarangan, hal tersebut bisa menyebabkan masalah pada mesin motor Anda nantinya.

Maka dari itulah, akan lebih baik bila Anda harus membeli tipe oli dan merk yang memang secara khusus digunakan untuk karakter dari mesin motor Anda nantinya. Dengan menjaga pemilihan kualitas oli mesin dan juga oli samping inilah nantinya akan menjaga mesin motor menjadi jauh lebih baik lagi.

Bagaimana pun juga, penting sekali untuk memperhatikan tentang perbedaan antara oli mesin dengan oli samping di antara keduanya. Hal ini akan cukup membantu Anda agar nantinya Anda bisa menjaga mesin motor menjadi semakiin lebih baik lagi dan tidak terjadi masalah pada mesin motor Anda tersebut.

Karena tak dapat dipungkiri juga bila ternyata ada banyak orang yang tidak paham di antara perbedaan antara oli mesin dengan oli samping keduanya. Sehingga, bukannya membuat mesin motor menjadi lebih awet dan terjaga, mereka justru semakin merusak mesin kendaraan motor yang dibawanya tersebut.

Karena itulah akan lebih baik bila Anda mempelajari tentang perbedaan antara oli mesin dengan oli samping di atas dengan baik. Supaya Anda bisa menjaga mesin motor dengan baik.