Panduan Membeli Blender Dapur untuk Memasak

Panduan Membeli Blender Dapur untuk Memasak – Salah satu peralatan untuk dapur yang harus dimiliki oleh ibu-ibu adalah blender dapur. Jadi, disamping digunakan untuk membuat jus atau membuat smoothies, fungsi dari blender itu sendiri adalah untuk menghaluskan bumbu-bumbu masakan. Umumnya para ibu-ibu lebih suka memilih membuat bumbu masakan sendiri dari pada membeli bumbu instan yang sudah jadi. Karena bumbu buatan sendiri itu jauh lebih sehat dan bebas dari bahan pengawet.

Baca Juga : Kebiasaan Ini Ampuh Bikin Muka Jadi Mulus

Blender itu sendiri bisa digunakan untuk menghancurkan semua bahan makanan. Misalnya saja seperti bahan-bahan bumbu, es batu, dan buah-buahan yang sering dijadikan sebagai pilihan untuk ibu-ibu. Tak hanya itu saja, keberadaan dari blender itu sendiri menjadikan proses memasak lebih efisien dan lebih efektif. Hanya saja, untuk mendapat blender yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan itu bisa dibilang sedikit agak susah.

 

Panduan Membeli Blender Dapur untuk Memasak

Kualitas dari blender dapur itu tidak ditetapkan berdasarkan 1 hal atau bahkan 2 hal saja. Namun, ada banyak hal yang harus diperhatikan untuk membeli sebuah blender. Maka dari itulah, sebaiknya cari tahu beberapa tips membeli sebuah blender terbaik agar Anda bisa menemukan blender yang berkualitas seperti di bawah ini:

Type Blendernya!

Satu hal yang harus Anda ketahui adalah untuk apakah blender dapur yang akan Anda beli nantinya di dapur Anda. karena ada banyak macam dan type blender yang memiliki kelebihan dan kekurangna tersendiri. Bila Anda ingin membuat sebuah smoothies atau membuat sebuah jus, maka model standing blender adalah pilihan tepat. Blender jenis ini mempunyai pisau dan mesin yang terletak dibagian bawah dan bisa didudukkan tepat di atas meja. Sehingga, bisa dibilang bahwa kelebihan dari blender ini adalah lebih multifungsi dan lebih kuat untuk menghancurkan es.

Bila Anda lebih mengutamakan dalam hal kepraktisan, maka pemilihan personal blender ini adalah pilihan yang paling tepat untuk memenuhi kebutuhan Anda. anda bisa membuat sebuah smoothies kemudian menikmatinya secara langsung disebuah gelas blender yang langsung bisa dibawa kemana-mana. Hanya saja, model ini memiliki ukuran gelas yang lebih kecil dan tidak kuat seperti model standing blender.

Sementara itu, untuk model blender yang kerap ada dalam acara kegiatan memasak di TV adalah berbentuk hand blender. Jenis ini tidak ada kabelnya. Sehingga, Anda bisa dengan mudah menghancurkan makanan langsung di tempatnya karena tidak butuh lagi yang namanya gelas blender. Hanya saja, hand blender ini tidak bisa digunakan untuk menghancurkan bahan makanan.

Material Blender

Ditinjau dari segi materialnya, umumnya material untuk gelas blender dapur ini berasal dari plastik dan kaca. Beberapa orang lebih suka dari plastik, karena selain ringan, namun juga lebih awet dan tidak mudah pecah. Namun, bahan kaca lebih jernih meski dipakai dalam waktu lama. Ini beda sekali dari bahan plastik yang mudah sekali kusam bahkan sesudah pemakaian dalam jangka lama. Dengan begitu, estetika dari blendernya menjadi lebih berkurang. Namun, saat ini sudah ada bahan dari stainless steel yang telrihat lebih mewah dan lebih berguna untuk pisau blender. Karena bisa diguankan untuk menghancurkan es.

Gelas Blender

Untuk gelasnya disini dilengkapi dengan kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Untuk kapasitas gelasnya juga berbeda. Untuk standing blender itu umumnya mempunyai gelas yang ukurannya jauh lebih besar dan bisa mencapai sampai dengan 1,5 L. Disamping itu, model standing blender ini tumumnya gelasnya juga lebih kecil ukurannya dan cocok sekali bila dipakai untuk menghaluskan bumbu masakan. Pilih saja gelas yang corotnya lancip dibagian bibir gelas agar lebih mudah digunakan untuk menuang hasil blendernya, dan menjadi tidak berantakan.