Panduan Mencari Kos untuk Pekerja Kantoran dan Maba yang Nyaman

Panduan Mencari Kos untuk Pekerja Kantoran dan Maba yang Nyaman – Saat orang mulai beranjak dewasa, maka mereka tidak akan asing dengan istilah merantau. Umumnya, sesudah SMA, banyak orang mulai memutuskan untuk mengadu nasibnya ke kota lain. Entah itu untuk bekerja ataupun untuk kuliah. Tentu saja berbicara tentang merantau, Anda tidak bisa lepas dari yang namanya panduan mencari kos. Karena sudah pasti Anda membutuhkan tempat untuk singgah dan tidur.

Baca Juga : Panduan Menghilangkan Bulu Ketiak Sendiri tanpa di Salon

Hanya saja, sayangnya tidak banyak orang yang tahu tentang bagaimanakah panduan mencari kos yang paling tepat, dan tidak asal murah saja. Namun, tempat yang dipilih tersebut harus benar-benar nyaman untuk ditinggali. Di bawah ini adalah cara mencari tempat kos paling nyaman dan pas di kantong, tapi tidak murahan, antara lain:

Panduan Mencari Kos untuk Pekerja Kantoran dan Maba yang Nyaman

Pertama, sebaiknya tentukan budget yang ingin Anda keluarkan terlebih dahulu. Estimasikan anggarannya berdasarkan pada gaji per bulan atau kiriman dari orang tua. Karena, uang merupakan permasalahan yang sangat pelik dan sensitif sekali untuk kehidupan anak yang sedang merantau. Maka dari itulah, penting sekali melihat kemampuan Anda dulu sebelum memilih sebuah kos. Karena Anda nanitnya akan dihadapkan pada beberapa pilihan.

Yaitu bagaimana cara membayar kos selama bulanan atau tahunan dan bagaimana membiayai atau membagi uang untuk hidup selama 1 bulan. Jika Anda memilih membayar setiap bulan, maka Anda harus menahan diri untuk menyisihkan uang setiap 1 bulan sekali untuk membayar sewa. Sedangkan untuk membayar tahunan ini awalnya mungkin cenderung berat. namun ini bisa menguntungkan karena Anda tidak perlu memikirkan untuk menyisihkan uang selama berbulan-bulan. Hanya saja, bila Anda memilih tahunan, otomatis mau tidak mau Anda harus betah-betahin untuk menetap disana apapun kondisinya.

Kedua, agar makin praktis, pakai saja bantuan dari aplikasi pencari kos. Sehingga, Anda tidak akan lelah untuk menanyakan pada orang sekitar tentang kos-kosan yang Anda cari. Anda bisa mencari informasi dan gambaran tentang kamar kos yang sedang kosong dengan lengkap. Dari sinilah Anda bisa tahu fasilitas apa saja yang ditawarkan, harga, dan juga nomor ponsel sang pemilik kos. Bila perlu, Anda juga bisa melihat penampakan foto dari kos-kosannya tersebut. Sehingga, hal ini membuat Anda makin praktis lagi.

Ketiga, salah satu panduan mencari kos  yang paling penting adalah lihat dulu dari segi fasilitas kosnya. Perhatikan dengan baik-baik seputar hal ini. Mahal sedikit tidak jadi masalah, asalkan fasilitasnya bagus. Karena beda kos, beda juga fasilitas yang ditawarkan. Entah itu dari kamar mandi dalam, kamar mandi luar, kosongan tanpa kasur dan lemari, sampai dengan adnaya fasilitas tambahan, berupa AC dan Wifi atau tv kabel. Makin lengkap otomatis biayanya akan menjadi makin mahal.

Ke-empat, ketika sedang memilih, sebaiknya lihat dulu suasana dari kos-kosannya tersebut. entah itu dari tetangga kosnya, keamanan dan juga kebersihan lingkungannya. Mencari sebuah kos-kosan itu tidka boleh asal. Disamping melihat dari segi budgetnya, maka panduan mencari kos yang lainnya adalah Anda harus melihat dari segi kenyamananya. Maka dari itulah, pilih saja kos-kosan yang sesuai dengan Anda. bila Anda menyukai menyendiri, maka pilih saja kos-kosan yang biasa diisi para pekerja. Sedangkan bila Anda suka keramaian, maka pilih saja kos-kosan untuk mahasiswa.

Di samping itu, lihat juga apakah lokasinya cukup strategis. Misalnya saja dekat dengan kantor atau kampus, dekat dengan area mana saja. kemudian, perhatikan dari segi keamanan. Keamanannya harus aman dari pencurian. Yang terakhir adalah lihat dari segi kebersihannya, agar tidak mudah terserang penyakit.