Rute Menuju ke Pantai Bajulmati Malang

Rute Menuju ke Pantai Bajulmati Malang – Pantai Bajulmati ini sebarnya pantai yang sudah ditemukan dari tahun 1980-an. Pantai ini sangat terkenal. Lokasinya ada di desa Gajakrejo, di Kec. Gedangan, di Kab. Malang, di Jawa Timur. Namanya ini dulunya dikarenakan di area pantai pernah ditemukan 1 ekor buaya yang telah mati. Kejadian ini menandai ditemukannya pantai yang satu ini di tahun 1980-an yang lalu. Karena itulah, pantai ini disebut juga dengan Bajulmati.

Pantai Bajulmati

Di samping itu, panoramanya juga membuatnya disebut juga dengan bajul mati ini karena adanya batuan karang yang panjang yang bentuknya seperti seekor buaya. Saat malam tiba, biasanya ketika batu karang disapu oleh ombak, maka bentuknya hampir sama seperti seekor buaya yang sedang hidup.

Ciri khas dari pantai ini adalah adnaya jembatan yang namanya sama sepanjang 90 meter. Bentuknya setengah lingkaran, dan desainnya begitu artistik melewati sungai dengan background berupa karang dan juga lautan.

Kegiatan di Pantai Bajulmati

Disamping cukup dalam dan juga curam, pantai ini masih dalam garis pantai Selatan. Sehingga, ombak yang dimilikinya masih sangat besar. sehingga, berenang sangat tidak disarankan di pantai ini. Anda hanya diperbolehkan berenang di area bibir pantai sja sebelah barat, di dalam muara sungai.

Disinilah nantinya Anda dapat menjelajahi pantai untuk menjadi kegiatan Anda paling menarik. Anda juga bisa datang ke goa wil yang ada dalam 1 komplek dengan pantai, di sebalah timur. Goa ini ada di bawah bukit karang yang lengkap dengan pohon kelapanya dan juga ketela ponon. Namun, berdasarkan info dari penduduk setempat, goa ini terkenal angker.

Harga Tiket Masuk

Meskipun fasilitasnya belum begitu lengkap, namun disini sudah tersedia fasilitas umum. Misalnya saja seperti gazebo, toilet, lahan parkir yang luas. Ada juga warung makan. Namun, disini belum ada penginapan. Sehingga, bila ingin bermalam, Anda bisa mendiirkan sebuah tenda. Untuk harga tiket masuknya adalah sebesar 5 ribu rupiah saja.

Rute Menuju ke Pantai Bajulmati

Menuju ke kota Malang Selatan memang selalu membuat siapa saja tidak pernah lelah untuk berkunjung ke pantai-pantainya. Karena kebanyakan berada dalam 1 jalur lintas Selatan. 1x perjalanan saja, dapat membantu Anda untuk mengunjungi beberapa pantai yang ada. Misalnya saja seperti pantai goa china yang berada dari jarak 4 km dengan Pantai Bajulmati yang satu ini. Sedangkan, untuk rute perjalanannya sendiri terbagi atas 2 jalan, antara lain:

Rute Pertama

Dari kota Malang, Anda bisa menuju ke Turen. Setelah itu, belok saja ke selatan menuju ke Sumbermanjing Wetan. Teruskan saja perjalanan Anda menuju ke pantai sendang biru hingga melihat ada pertigaan. Maka belok saja ke kanan lewat pantai goa china dan juga pantai banjulmati ini. Dengan menggunakan rute perjalanan ini, maka pantai yang Anda cari ada di barat atau sesudah jembatan bajulmati. Jalurnya sudah beraspal, namun tetap saja masih naik turun gunung.

Rute Kedua

Dari arah kota Malang menuju saja ke Kepanjen. Setelah itu, pergi ke Pagak dan ke area Bantur. Anda bisa mengambil jalan ke Gondang legi dan dilanjutkan ke Bantur. Dari sini, lanjutkan saja ke Balekambang. Hingga perempatan sebelum ke Balekambang ini, belok saja ke kiri 15 km untuk sampai keĀ  ini.