Menyimak Keindahan Panorama Alam di Pantai Jogan

Menyimak Keindahan Panorama Alam di Pantai Jogan – Pecinta pantai, belum lengkap jika belum memasukkan Pantai Jogan ini sebagai daftar menu liburan Anda kali ini. Letaknya sendiri ada di dusun Duwet, di Purwodadi, di Tepus, Kab. Gunugkidul, DIY.

Review Pantai Jogan

Pantai ini punya kombinasi alam yang begitu menakjubkan dan sangat lengkap. Karena ada air terjun dan juga pantai yang lengkap memenuhi area lokasinya. Sehingga, kombinasi keduanya ini mampu membuat siapa saja langsung takjub dibuatnya. Disinilah nantinya sebagai tempat bertemu dari aliran air sungai dengan air laut.

Pantai Jogan
Pantai Jogan

Menariknya lagi adalah, ada air sungai yang jauh secara langsung dari tebing menuju ke bibir laut membuat kehadiran dari fenomena langka ini dicari oleh semua orang. Pantai ini sendiri berada di dekat pantai Siung yang begitu popular menjadi tempat untuk panjat tebing karang. Tentu saja air terjun yang satu ini hanyalah sebuah menu yang tersaji dalam pantai ini.

Kegiatan di Pantai Jogan

Saat sampai di pantai ini, maka bukan ide yang bagus bila Anda hanya melihat keindahan yang ada dari bagiana atas saja. Namun, Anda bisa langsung turun, meskipun Anda harus melakukan perjuangan yang tinggi untuk melakukannya. Namun, disinilah Anda bisa menikmati keindahan air terjun setinggi 10 meter ini, meskipun medan yang dihadapi cukup menegangkan. Sejauh ini, ada 2 cara agar bisa sampai menuju ke bawah area.

Pertama, menggunakan cara rappeling. Yaitu dengan cara menuruni area tebing yang sepenuhnya bergantung dengan menggunakan peralatan. Kedua, dengan cara menggunakan tangga kayu untuk menuruni area yang licin dan curam.

Fasilitas di Pantai Jogan

Pantai yang satu ini memang sangat menarik dan istimewa sekali. Namun, pantai ini bukanlah sebuah pantai yang popular untuk disinggahi di Yogyakarta ini. Kondisinya ini juga telah mengisyaratkan atas minimnya fasilitas yang ada. Untuk luasan parkirnya sendiri tidak begitu luas. Untuk ukuran toiletnya sendiri juga hanya 1 buah saja. Sedangkan warung kecilnya juga hanya ada beberapa saja.

Tidak terdapat penginapan di area pantai yang satu ini. Jika terpaksa harus bermalam di pantai ini, maka Anda harus mendirikan sebuah tenda. Selain itu, Anda juga harus meminta izin terlebih dahulu kepada para penduduk setempat. Tentu saja, segala fasilitas yang terbatas ini ke depannya dapat berubah seiring dengan perkembangan yang telah dilakukan oleh pihak pengelola yang ada.

Harga Tiket Masuk

Untuk biaya tiket masuknya sendiri adalah sebesar 5 ribu rupiah per orang. Sedangkan, untuk biaya parkirnya adalah sekitar 2 ribu rupiah sampai dengan 5 ribu rupiah.

Rute ke Pantai Jogan

Mengingat lokasinya sendiri berdekatan dengan area pantai Nglambor, namun keduanya ini punya rute perjalanan yang sama. Bila berasal dari kota Yogyakarta, maka jaraknya adalah sejauh 70 km dengan lama durasi perjalanan memakan waktu selama 2 jam menggunakan motor. Bila dari pusat kota Yogyakarta, maka Anda bisa menuju ke Wonosari, di Gunung Kidul. Setelah itu, menuju ke selatan ke pantai Baron.

Hingga sampai ke pertigaan mulo, ambil saja ke Menthel, kemudian ke Cabean, di Bintaos, sampai dengan ke Tepus dan juga pertigaan Pule. Sampai kemudian, ambil saja arah ke kiri menuju ke Tepus dan melanjutkan ke pertigaan nagun, selanjutnya belok kanan dan sampai ke pos retribusi di Pantai Jogan ini.