Harga Tiket Masuk ke Pantai Kondang Iwak

Harga Tiket Masuk ke Pantai Kondang Iwak – Jika berkunjung ke area Malang Selatan, rasanya belum lengkap bila belum singgah ke Pantai Kondang Iwak. Keberadaannya tersebut berbatasan secara langsung dengan Samudra Hindia dan dibatasi oleh borderpantai yang menakjubkan. Setidaknya ada hampir 100 pantai yang telah tersebar di area pesisir Malang Selatan. Jadi, apakah Anda tertarik untuk singgah menjelajahi semua pantai itu? Simak ulasannya berikut ini!

Review Pantai Kondang Iwak

Lokasi pantai ini ada di dusun Sumberpucung, di desa Tulungrejo, di Kec. Donomulyo, di Kab. Malang, Jawa Timur. Pantai ini dikatakan sangat indah karena memang keindahannya tersebut tak kalah dari pantai Kuta yang ada di Bali. Namun, dikarenakan promosinya masih kurang, sehingga hal ini membuat pantai ini menjadi tidak begitu terkenal. Di samping itu, lokasinya sendiri jugamasih tersembunyi, sehingga pesonanya menjadi masih asri dan lestari.

Baca juga: Menikmati Keindahan Pantai Cemara Sewu di Yogyakarta

Pantai ini bersih dari berbagai macam sampah, dan memiliki hutan yang rimbun yang membuat kehijauannya menjadi makin sempurna. Pantai ini juga memiliki karakter dari ombak yang ada di pantai selatan yang selalu memiliki ombak yang cenderung besar ukurannya. Hanya saja, ombaknya tidak seganas seperti pantai yang lain. Hal ini terbukti dari banyaknya perahu para nelayan yang tidak ada mesinnya yang melewati di lepas pantai ini.

Pantai Kondang Iwak

Selanjutnya, di area pesisir pantai disini didominasi dengan hamparan pasir putih yang bersih sepanjang 1 km  dengan sejumlah bagian yang sudah tercampur bersamaan dengan pantai besi hitam. Saat berlanjut tentang sejarahnya, Anda dapat merujuk kepada si juru kunci. Yaitu bapak Jemakir.

Sang juru kunci ini berkata bahwa konon pantai ini dulunya pertama kali ditemukan di tahun 1920 oleh mbah Iman Suwodo. Oleh si penemu tersebut, pantai tersebut kemudian disebut sebagai Kondang Iwak dikarenakan di area tepi pantainya tersebut ada kondang atau sebuah muara air tawar yang dalamnya penuh dengan berbagai macam ikan tawar.

Melihat potensinya yang begitu menakjubkan, hal ini membuat pantai ini kemudian mulai diperkenalkan ke dalam banyak program.  Termasuk dengan adanya labuhan yang telah dikemas dengan berbagai macam festival. Namun sayangnya, sampai sejauh ini, cara promosinyya masih belum maksimal. Karena hanya diperkenalkan di area Donomulyo saja. Acara labuhannya sendiri biasanya diselenggarakan di setiap tanggal 15 suro.

Kegiatan di Pantai Kondang Iwak

Disinilah nantinya Anda bisa menikmati keindahan pantai dengan pulau yang jaraknya 50 m dari sekitar bibir pantai yang tenang. Meskipun ombak yang datang begitu kencang. Di pantai ini, Anda bisa memancing. Ini merupakan ide yang cukup sempurna. Meskipun ikan yang terdapat di dalam muaranya tidak sebanyak pada masa lalu, namun bila masuk ke dalam air maka Anda bisa melihat indahnya ikan yang ada disana.

Anda bisa pula bermain air dan berenang di pantai ini. Tak hanya itu saja, Anda juga dapat bermalam atau berkemah disini dengan cara mendirikan sebuah tenda. Tempat paling ideal untuk untuk berkemah adalah di area muara.

Harga Tiket Masuk

Selama beberapa kilometer mendekati di area pantai, rute perjalanannya begitu ekstrim. Karena masih berupa makadam yang begitu terjal. Dulu, mobil tidak dapat melewati jalanan ini, namun sekarang sudah bisa dilewati menggunakan kendaraan beroda empat. Namun dalam hal ini, justru saat ini banyak sekali komunitas trail dan off road yang menyukai ke wisata ini. Anda dapat menyewa mobil milik warga setempat dengan biaya sebesar 150 ribuan rupiah untuk pulang pergi. Sedangkan bila naik ojek, maka sekali jalan dikenakan biaya sebesar 30 ribu rupiah. Sampai sejauh ini, biaya tiket masuknya masih gratis.