Review Pantai Licin di Malang

Review Pantai Licin di Malang – Sebenarnya, pantai Licin ini cocok sekali untuk Anda yang suka berpetualang. Pantai ini terletak di dusun licin, di desa lebakharjo, di Kec. Ampelgading. Pantai ini punya hamparan pasir berwarna hitam legam. Sehingga, membuat fenomenanya menjadi berbeda sekali dengan yang lain. Pasir hitam ini adalah hasil dari muntahan lahar atas meletusnya gunung Semeru.

 

Sebelum pasirnya berwarna hitam, dulu pasir di pantai ini berwarna putih. Sehubungan dengan adanya pergantian nama yang menjadi pantai Licin, ini dulunya bermula di tahun 1960-an. Waktu itu, area pantai ini dikenal dengan kelicinanannya karena dipenuhi dengan lumut yang banyak. Dulu, disini adalah area hutan yang lebat dan sering sekali terjadi kebajiran. Karena itulah, tanahnya menjadi berlumut dan juga sangat licin. Maka dari itulah, pantai ini disebut juga dengan pantai licin.

Keindahan dari pantai ini tidak hanya terlihat dari segi panorama keindahan pantainya saja. Bahkan, sebelum And tiba di pantai ini, Anda bisa menikmati sebuah pemandangan alam yang benar-benar sangat menakjubkan dari tebing yang berada di bagian kanan dan juga sungai dri aliran lahar dari gunung Semeru yang ada di sebelah kiri. Anda harus lebih ekstra hati-hati bila akan singgah. Karena jalanannya sangat sulit.

Kegiatan di Pantai Licin

Kegiatan yang dapat Anda lakukan disini adalah bisa memacu adrenalin Anda. karena memang medan perjalanannya benar-benar sangat menantang. Namun ini sebanding sekali dengan keindahan pemandangan yang memang ditawarkan. Disini terdapat tebing yang tinggi dan sungai yang berasal dari lahar gunung Semeru. Sehingga, membuat Anda akan selalu sibuk untuk melihat keeksotikan dari pemandangan alam yang benar-benar khas dengan cadasnya perbukitan batuan karang ini.

Harga Tiket Masuk

Pantai ini masih alami, sehingga masih jarang untuk dikunjungi para wisatawan. Bahkan, 1 haripun belum dapat dipastikan akan ada yang hadir. Maka dari itulah, pantai ini cocok sekali untuk para traveler yang memang menyukai dunia petualangan yang seru. Apalagi disini sendiri juga masih sangat minim fasilitas. Jadi, perbekalan Anda harus cukup, bila perlu berkemahlah di pantai ini. Agar perjalanan Anda tidak sia-sia. Disini, harga tiket masuknya masih gratis.

Rute Menuju ke Pantai Licin

Bila Anda ingin berkunjung ke pantai ini, maka pastikan lebih dulu bahwa kondisi badan Anda sedang dalam kondisi yang berstamina dan sangat bagus. Karena medan yang akan Anda lalui nanti akan panjang sekali dan sulit. Sehingga, sebaiknya jangan memakai motor matic. Karena medan yang Anda lalui nanti adalah berkelok-kelok dan juga licin.

Bila berjalan dari arah kota Malang, maka segera lanjutkan saja menuju ke Turen. Setelah itu, menuju ke Dampit. Bila sudah, lanjutkan lagi menuju Tirtoyudho dan juga Ampelgading. Sampai pada pertigaan, langsung saja belok ke desa lebakharjo kemudian ke dusun Licin, maka Anda akan sampai di lokasi.

# Note

Perlu diketahui bahwa jarak di antara desa lebakrejo menuju ke dusun licin ini masih cukup jauh, yaitu sejauh 17 km. Jalanannya disini lebih dipenuhi dengan jalanan yang licin, sempit, menikung, dan juga menanjak dengan kemiringan yang sangat tajam, bahkan hingga 80 derajat. Sedangkan di bagian kanan kirinya ada jurangnya. Tidak ada cara paling aman kecuali dengan menempuhnya sambil berjalan kaki. Namun, jaraknya cukup jauh.