Pesona Keindahan Pantai Mrutu di Malang Selatan

Pesona Keindahan Pantai Mrutu di Malang Selatan – Pantai Mrutu ini adalah pantai yang ada di pesisir Malang Selatan yang tidak diragukan lagi keindahannya. Pantai ini mempunyai keunikan tersendiri. Secara administratif, pantai ini berada di Sumberoto, di Donomulyo, di Malang, jawa Timur.

Review Pantai Mrutu

Pantai ini sangat kecil, tapi permai. Kemungilannya tersebut terlihat dari namanya sendiri yang sangat sederhana dan juga singkat. Sebenarnya, nama ini berasal dari nama seekor hewan yang ukurannya kecil, sama seperti nyamuk, atau bahkan lebih kecil lagi. Bila diistilahkan ke dalam bahasa Jawa, namanya adalah mrutu. Namun, meskipun kecil, binatang ini gigitannya bisa membuat rasa gatal yang sangat luar biasa.

Baca juga: Harga Tiket Masuk ke Pantai Teluk Asmoro Malang

Menariknya lagi adalah, meskipun namanya kecil, namun panorama pantai ini begitu luar biasa. Bahkan tak kalah dari sejumlah pantai yang lainnya yang modern di area Malang Selatan. Pantai ini telah dikemas dengan indah dan memiliki keunikan tersendiri lewat alunan ombak yang halus. Sehingga, suasananya sendiri menjadi jauh lebih menenangkan, dan mampu menghipnotis siapa saja yang melihatnya.

Pantai Mrutu

Halusnya ombak disini tentu saja dikarenakan oleh tebing yang telah memisahkan area pantai ini dengan area pantai Pandan. Itu artinya ombak besarnya ini sebenarnya lebih didominasi di area pantai Pandan yang ada di sebelah timur dari pantai Mrutu ini. Keduanya hanya dipisahkan oleh bukit saja yang rendah. Di samping itu, pantai ini juga punya pasir putih yang begitu lembut dan bersih. Ada juga pepohonan yang rindang yang membuat suasananya menjadi makin tenang dan teduh.

Kegiatan di Pantai Mrutu

Pantai ini sebenarnya cocok sekali untuk Anda yang sedang mencari sebuah ketenangan. Karena sepinya pengunjung, hal ini membuat suasana yang dihasilkan menjadi jauh lebih damai. Bahkan, siapapun yang datang ke pantai ini sudah pasti akan merasa seolah-olah sedang berda di pantai pribadi atau milik sendiri. Kegiatan yang dapat Anda lakukan di pantai ini adalah berupa sebuah penghayatan dan rasa syukur karena masih bisa mendapatkan kesempatan untuk menikmati keindahannya tersebut.

Fasilitas di Pantai Mrutu dan Harga Tiket Masuk

Pantai ini masih sangat jarang sekali dijamah oleh para wisatawan. Hal ini membuat pantai ini masih minim fasilitas. Maka dari itulah, untuk pecinta alam sudah pasti akan lebih tertarik untuk berpetualang di pantai inil Hal ini dikarenakan disinilah masih terdapat minim fasilitas yang membuat siapa saja pasti akan merasa jauh lebih tertantang saat berada di pantai ini.

Maka dari itulah, bila Anda ingin bermalam di pantai ini, sebaiknya persiapkan segalanya untuk kebutuhan camping Anda. bila perlu, cobalah untuk meminta izin kepada para warga sekitar supaya tidak terjadi kesalahpahaman. Hal ini dikarenakan pantai ini masih sangat sepi. Selain itu, juga masih sangat jauh dari perkampungan. Sehingga, akan lebih baik bila Anda berbicara terlebih dahulu kepada para warga sebelum berkemah.

Selanjutnya, untuk biaya tiket masuknya sendiri adalah sebesar 5 ribu rupiah. Hal ini sama seperti biaya parkirnya yang juga sebesar 5 ribu rupiah.

Rute Menuju ke Pantai Mrutu

Agar bisa sampai, maka dari arah Malang, lewat saja ke Kepanjen. Selanjutnya, Anda bisa memilih 2 rute perjalanan. Rute pertama lewat ke Kec. Pagak ke Donomulyo. Sedangkan, rute yang kedua adalah lewat Karangkates, kemudian ke Kalipare dan ke Donomulyo.