Menikmati Keindahan Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Menikmati Keindahan Pantai Pulau Merah Banyuwangi – Pantai pulau merah merupakan sebuah keindahan alam pantai yang benar-benar menakjubkan. Pantai ini berada di Banyuwangi. Untuk lokasinya sendiri ada di Sumberagung, di Pesanggaran, Kab. Banyuwangi. Dimana kabupaten ini sendiri memiliki sebutan sebagai the sunrise of java yang punya garis pantai hingga sejauh 175 km, tepat di bagian selatan.

Pantai Pulau Merah

Banyak sekali pantai molek yang telah tersebar disini. Tak heran bila siapapun pasti langsung haus dengan keindahan alam yang disuguhkan di Kab. Banyuwangi ini. Maka dari itulah, jika Anda tertarik ingin berlibur ke banyuwangi, maka datang saja ke pantai ini. Tidak ada salahnya bila Anda menghabiskan sisa waktu liburan Anda untuk berkunjung ke tempat ini. Karena selain menarik, pantai ini juga berbeda sekali dengan pantai-pantai pada umumnya. Sehingga, Anda tidak akan pernah merasa bosan saat berlibur di pantai ini.

Rute Menuju ke Pantai Pulau Merah

Pulau ini pada dasarnya merupakan pantai yang sangat cantik dan turut serta mewakili sebuah keeksotikan dari sebelah selatan timur yan ada di pulau Jawa. Dengan memiliki hamparan pasir yang putih dan melengkung hingga sejauh 3 km, hal ini membuat pantai ini makin sempurna. Apalagi deburan ombaknya begitu menantang, dan lengkap pula dengan perbukitannya yang rimbun dan berselimut hijau. Sehingga, hal ini membuat kecantikan pantai ini semakin mempesona.

Baca juga: Review Pantai Mbehi dan Rante Wulung Malang

Pulau ini disebut juga dengan red island sebagai pantai tingin pitu. Nama awalnya sebagai pantai ringin pitu ini dulunya digunakan pertama kali, hingga setelah itu pantai ini menjadi kalah popular dengan keindahan bukit kecilnya yang unik setinggi 200 meter yang ada di pinggiran pantai. Yang membuat bukitnya terlihat unik adalah karena tanahnya tersebut berwarna merah dan makin indah karena ada balutan vegetasi hijau.

Di samping itu, ada juga yang mengatakan bahwa pulau merah ini asal muasalnya berawalan dari sejumlah sinar merah yang terang yang sebelumnya pernah muncul pada bukit tersebut. dilihat dari segi sejarahnya, sebenarnya pantai ini dulunya pernah rusak oleh tsunami di tahun 1990-an. Saat itu ada gelombang setinggi 13 meter yang telah menyapu sampai dengan keseluruhan desa pesisir. Bahkan, pura Tawang Alun juga ikut hancur dindingnya.

Hanya ada tempat, bernama Palinggih Padmasana yang ada.  Pura yang dimaksudkan disini adalah pura Hindu yang umumnya dipakai oleh penduduk setempat agar dapat melaksanakan Melasti atau upacara Mekiyis untuk membuang kotoran alam memakai air kehidupan. Terhitung dari masa Bupati Azwar Anas, saat itu pantai ini sangat diperhatikan dan mulai dikembangkan. Bahkan, di tahun 2012, pantai ini diperkenalkan ke dunia lewat ajang balap untuk sepeda internasional ang digelar.

Kegiatan di Pantai Pulau Merah

Untuk kegiatan yang bisa Anda lakukan disinipun juga bermacam-macam. Dilihat dari  segi sudut manapun, pantai disini memang benar-benar sangat menakjubkan. Meskipun ini adalah pantai yang sangat popular, tentu saja pantai ini selalu identik dengan segala hiruk pikuknya. Ada beberapa sudut tertentu yang memungkinkan para pengunjung untuk menghayatinya. Bila Anda suka berselancar sebelumnya, maka asah kemampuan Anda disini.

Karena, ombak yang ada di pantai ini umumnya mempunyai ketinggian rata-rata hingga 2 meter dan bahkan bisa lebih dari itu, sampai 3 meter sampai dengan 5 meter.