Pantai Timang, Destinasi Wisata Jogja Siap Uji Mental

Pantai Timang, Destinasi Wisata Jogja Siap Uji Mental – Pantai Timang adalah salah satu destinasi wisata yang cukup menarik sekali. Jika Anda ingin menguji mental Anda, maka disinilah tempatnya. Anda bisa menghabiskan sisa dan waktu liburan Anda di tempat ini. Karena disnilah terdapat sebuah tempat wisata alam yang dijamin tidak akan membuat Anda menyesal saat berkunjung ke tempat ini.

Baca juga: Bukit Teletubbies, Bukit Unik Serial TV Anak-Anak

Siapkan Nyali dengan Kereta Gantung Ini

Pantai ini berlokasi di dusun Danggolo, di desa Purwodadi, di Kec. Tepus, dan masih masuk ke dalam administrasi Kab. Gunung Kidul. Pantai ini dikenal baik dengan batuannya yang terjal sampai mencapai 35 km.

Pantai Timang

Tempatnya memang cukup jauh, namun Anda tidak akan rugi jika berkunjung ke tempat ini. Semua lelah akan terbayarkan saat melihat panorama alam yang begitu sempurna. Terlebih jika Anda sudah sampai di pantai Timang ini, maka Anda bisa juga berkunjung ke pantai yang lain yang ada di sebelahnya. Yaitu di pantai Seruni, pantai Nglambor, pantai Siung, dan juga pantai Pok Tunggal.

Menariknya lagi adalah pantai ini memiliki pemandangan alam yang cukup indah dan sempurna. Disinilah nantinya Anda bisa ditantang untuk beruji nyali dalam menyebrangi batuan karang yang cukup besar dan ombak yang tinggi memakai kereta gantung. Hanya saja, kereta gantungnya disini beda sekali dengan yang ada di Eropa. Karena proses pembuatannyaberasaldari bahan yang sederhana dan memakai tenaga manusia.

Gondola yang akan dinaiki ini nantinya akan ditarik dari arah bibir pantai ke pulau batuan yang kecil, namanya adalah pulau Watu Panjang. Gondola tradisional ini umumnya berasal dari kayu yang ditambahkan dengan sebuah tali sebagai penghubung. Pemakaian tali tambang ini dikarenakan bahannya yang lebih kuat untuk menghadapi air laut dari pada memakai sling yang berasal dari baja atau besi.

Sebenarnya, gondola yang terbuat dari kayu ini bukanlah sebuah fasilitas wisata  yang diberi oleh pemerintah dari Gunung Kidul. Namun, ini adalah sebuah alat transportasi atau wahana para nelayan yang digunakan untuk mencari lobster sebagai produk terbaik di tempat ini. Dulu, awalnya untuk menyebrangi kawasan ini memakai gondola itu tidak dikenakan tarif sama sekali. Jadi gratis.

Namun, dikarenakan antusiasme para pengunjung dalam mencobanya sangat tinggi, hal ini membuat para warga menjadikannya sebagai tempat komersil untuk mencari uang. Karena itulah, tarif agar dapat menyebrangi area ini sangat mahal sekali. Ada yang memberikan harga senilai 200 ribu rupiah untuk setiap orang.

Akan tetapi hal ini memang wajar sekali. Mengingat dalam proses penyebrangannya tersebut butuh tenaga yang cukup banyak dan butuh sebuah keahlian khusus. Namun, karena pantai ini belum masuk ke dalam sebuah destinasi wisata gunung Kidul, hal ini membuat para wisatawan terkadang masih kebingungan untuk mencari lokasinya.

Padahal, cukup dari arah Wonosari ini, Anda bisa langsung menuju ke arah Baron. Selanjutnya, jika sudah sampai ke dalam pertigaan Mulo, maka Anda bisa langsung belok ke kiri hingga sampai ke pantai Siung. Sesudah itu, Anda bisa melanjutkan ke pasar Dakbong. Nah, dari sinilah nantinya Anda bisa bertanya dimanakah letak lokasi pantai Timang ini kepada warga setempat.

Jika Anda ingin melakukan uji nyali terhadap adrenalin Anda dengan naik gondola, sebaiknya jangan lupa segera masukkan pantai ini sebagaidaftar wisata Jogja terbaik Anda ya!