Rute Perjalanan ke Pantai Watu Leter

Rute Perjalanan ke Pantai Watu Leter – bagi pecinta keindahan alam, maka belum lengkap rasanya jika belum berkunjung ke pantai Watu Leter yang satu ini. Di pantai inilah nantinya Anda bisa melihat keindahan alam yang masih sangat asri. Untuk letaknya sendiri ada di dusun Rowotrate, di desa Sitiarjo, di Kec. Sumbermanjing Wetan. Sedangkan kabupatennya sendiri ada di Kab. Malang, di Jawa Timur.

Baca juga: Situ Patenggang, Wisata Alam Ciwidey Paling Menakjubkan

Yang pasti, pantai ini sangat harmonis sekali dan sangat menenangkan. Hal ini dikarenakan pantai ini memang benar-benar sangat eksotis. Sehingga, membuat pantainya justru terlihat sama seperti sebuah kolam. Bahkan pulau kecil yang ada disini sering kali dijadikan sebagai tempat untuk bertelurnya para penyu abu-abu yang ingin bertelur.

Pantai Watu Leter

Keberadaan dari penyu ini bisa diartikan bahwa pantai ini memang masih benar-benar alami dan bersih. Karena itulah tak heran bila pantai inikemudian dijadikan sebagai tempat untuk pelestarian para penyu dan sebagai ekowisata.

Berbicara tentang panamaannya sendiri, sebenarnya kata pantai Watu Leter itu merupakan salah satu tebing ujung pantai yang datar. Itu adalah bagian tebing paling menonjol dair yang lain. Karena itulah, pantai ini disebut juga sebagai pantai ngleter.

Kegiatan di Pantai Watu Leter

Di pantai yang bersih dan asri inilah nantinya Anda bisa menikmati keindahan alam yang ada. Yaitu melihat rimbunnya hutan mangrove, ada sungai sitiarjo yang mengalir tenang. Bisa melakukan kegiatan bermain air, berenang, dan juga berkemah.

Harga Tiket Masuk

Karena letaknya masih sangat tersembunyi, sehingga hal ini membuat fasilitasnya juga menjadi jauh lebih minim. Namun meskipun begitu, untuk kebutuhan dasarnya sendiri sudah sangat lengkap. Karena sudah ada tempat parkir, mushola, dan toilet atau sebuah kamar mandi. Namun sayangnya, disini tidak ada tempat penginapan. Sehingga, bila Anda ingin menikmati indahna malam, maka Anda bisa berkemah disini.

Selanjutnya, untuk biaya tiket masuknya sendiri adalah sebesar 10 ribu rupiah per orang. Sedangkan untuk biaya parkirnya adalah sebesar 5 ribu rupiah untuk parkir sepeda motor. Sedangkan untuk parkir mobil adalah sebesar 10 ribu rupiah. Jika Anda ingin bermalam, maka Anda akan dikenakan biaya tambahan lagi senilai 3 ribu rupiah.

Rute Menuju ke Pantai Watu Leter

Agar bisa sampai ke pantai Watu Leter ini, maka dari kota Malang, Anda bisa berjalan ke Turen. Setelah sampai pada pertigaan, maka belok saja ke selatan ke Sumbermanjing Wetan. Setelah itu, lanjutkan perjalanan Anda menuju ke pantai Sendang Biru hingga melihat ada pertigaan, maka belok kanan ke pantai Goa China.

Rute yang lain yang bisa Anda tempuh adalah, dari kota Malang menuju ke Kepanjen. Setelah itu, lanjutkan ke Pagak sampai menuju ke area Bantur. Anda bisa pula mengambil arah dari Malang menuju Gondanglegi, setelah itu ke Bantur. Dari sini, Anda bisa menuju ke balekambang. Sebelum sampai perempatan balekambang ini, belok saja ke kiri. Sehingga, Anda melihat pantai Goa China. Dari pantai ini menuju ke pantai Watu Leter ini Anda harus melewati jalanan yang sempit dan sulit.

Anda harus melewati ke arah hutan bakau yang penuh dengan batuan yang tajam. Kemudian, Anda akan menuju ke jalanan yang berumput, serta liar, dan juga tajam, tinggi. Setelah itu, lanjutkan saja dengan cara berjalan kaki selama 20 menit. Bila Anda menggunakan sepeda motor, maka Anda bisa memarkir kendaraan Anda dekat dengan pantai.