Pemakai Softlens Harus Perhatikan Ini supaya Mata Sehat

Pemakai Softlens Harus Perhatikan Ini supaya Mata Sehat – Sebuah lensa kontak atau sering disebut juga dengan sebutan softlens ini saat ini telah menjadi trends tersendiri untuk semua kalangan masyarakat. Dimana dengan menggunakannya inilah akan membuat para masyarakat jauh lebih percaya diri saat memakainya. Lensa kontak ini bisa dijadikan sebagai alat bantu untuk penglihatan yang sangat efisien sekali. Bahkan, pemakaiannya juga lebih simple dan tidak ribet, seperti memakai kaca mata.

Baca Juga : 2 Bocah Tewas, Disetrum Ayah dan Nenek ketika Ritual Pengusiran Setan

Bagi sebagian besar orang yang ingin memiliki penampilan yang menawan dan lebih mengesankan, mereka suka sekali menggunakannya. Bahkan, lensa kontak ini menjadi salah satu benda paling utama dan harus dipakai setiap hari demi menunjang penampilan mereka. Padahal, bila tidak digunakan dengan benar, justru pemakaian lensa kontak ini bisa berakibat fatal dan membuat kesehatan mata menjadi terganggu dan bermasalah.

Pemakai Softlens Harus Perhatikan Ini supaya Mata Sehat

Maka dari itulah, bila Anda pengguna softlens, dan ingin mata Anda tetap sehat dan cantik, sebaiknya perhatikan hal-hal di bawah ini dulu, antara lain:

Pertama, sebaiknya pahami dulu masa kadaluarsa dari softlens yang Anda gunakan tersebut. Pada dasarnya, dalam sebuah kotak lensa kontak ini selalu tersedia dengan masa kadaluarsanya juga. Maka dari itulah, sebelum membeli, sebaiknya perhatikan dulu kapankah waktu kadaluarsanya terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Jadi, Anda harus tahu kapan waktu terbaik untuk menggunakan lensa kontak yang baru. Lensa kontak yang sudah kadaluarsa ini dikhawatirkan bia membahayakan kesehatan mata. Maka dari itulah, hindarilah pemakaian lensa kontak yang sudah kadaluarsa sebelum membeli.

Kedua, sebaiknya lepaskan lensa kontak mata Anda sebelum tidur. Pastikan untuk melepasnya karena bila Anda menggunakannya dalam kondisi tidur itu bisa sangat berbahaya sekali. Bahaya yang bisa ditimbulkan ini mulai dari iritasi mata, infeksi pada mata, sampai dengan bisa mengalami resiko kebutaan. Maka dari itulah, selelah apapun Anda di malam hari, pastikan untuk segera melepas lensa kontak mata Anda sebelum tidur. Karena bisa sangat berbahaya sekali bila Anda menggunakannya saat tertidur.

Ketiga, sebaiknya simpan saja softlens pada tempat yang steril dan bersih. Jadi, selalu usahakan agar selalu menyimpannya ke dalam tempat yang aman dan bersih. Jauhi lensa kontak ini dari debud an berbagai macam kotoran yang lain. Kotoran di bagian lensa kontak mata ini nanti akan membuat kesehatan mata bisa bermasalah.

Ke-empat, sebaiknya cucilah softlens ini sebelum dipakai atau sesudah memakainya. Disarankan agar Anda terus mencucinya saat akan digunakan dan setelah dipakai memakai cairan khusus untuk mencuci lensa kontak mata ini. Cara ini harus dilakukan demi membuat kebersihan lensa kontak bisa tetap bersih dan sehat untuk dipakai.

Kelima, sebaiknya jangan menggunakan softlens ini terlalu lama. Meskipun Anda bisa lebih percaya diri saat memakainya dan merasa lebih nyaman dan mengesankan, namun jangan juga memakainya dalam waktu yang lama. Jadi, pakai saja sesuai kebutuhan Anda. karena bila menggunakannya terlalu lama akan membuat mata Anda menjadi kesulitan untuk bernafas dan rentan dari berbagai macam masalah penyakit yang berbaya pada mata.

Maka dari itulah, bila Anda adalah salah satu pengguna softlens, sebaiknya pahami peraturan di atas sebaik mungkin agar mata Anda bisa selalu sehat terjaga dan terhindar dari masalah pada mata, sampai kebutaan karena pemakaian lensa kontak yang salah dan tidak benar.