Review Pemandian Air Panas Songgoriti Batu Malang

Review Pemandian Air Panas Songgoriti Batu Malang – Untuk Anda yang ingin menikmati sensasi hangatnya pemandian air panas songgoriti dan kesejukan alam sekitarnya yang begitu menakjubkan dan indah, maka langsung saja datang ke jalan Indragiri, di Kec. Batu, Jawa Timur. Dimana tempat pemandian air panas ini dibuka dari jam 7 pagi sampai dengan jam 5 sore.

Harga Tiket Masuk

Untuk biaya masuknya hanya sebesar 10 ribu rupiah di hari week day. Sedangkan di hari weekend biaya tiket masuknya sebesar 15 ribu rupiah.

Pemandian Air Panas Songgoriti

Baca juga: Spot Wisata Kediri Terbaru, Bukit Gandrung Tanggulasi Medowo

Nah, berbicara tentang kota wisata Batu ini memang tidak pernah ada habisnya. Dimana kali ini juga ada tempat wisata yang tak kalah seru di kota Batu Malang, yaitu sebuah pemandian air panas di Songgoriti yang dikenal baik dengan nama Tirta Nirwana Songgoriti. Letaknya sendiri ada di keluruhan Songgokerto, di kec. Batu.

Fasilitas Pemandian Air Panas Songgoriti

Disinilah nantinya Anda bisa menikmati sebuah kolam renang, wisata out bound, dan juga menikmati suasana pemandian air panas yang menghangatkan, sekaligus melihat taman yang indah dan mempesona. Tak hanya itu saja, disinilah nantinya Anda juga bisa sekaligus melakukan ziarah ke tempat makan Empu Supo dan juga mbah Pathok yang sangat bersejarah.

Tidak ketinggalan pula bila disinilah juga terdapat sebuahpasar wisata yang lengkap dengan pernak-pernik yang dijual dan juga oleh-oleh dari Malang. Terdapat juga tempat wisata lain yang juga menarik dan bersejarah, erat kaitannya dengan peninggalan dari kerajaan Majapahit. Yaitu Candi Songgoriti.

Ketika berkeliling di kawasan tempat wisataini, Anda akan menemukan banyak sekali fasilitas yang menarik dan unik. Misalnya saja seperti sepeda air yang bisa digunakan untuk mengitari danau buatan di dalamnya. Sementara itu, di bagian tepi danau sendiri terdapat sebuah patung besar yang cukup menarik perhatian para pengunjung.

Pertama, ada patung penyu yang ukurannya raksasa dengan seekor kera tepat di atasnya. Kedua, ada sebuah patung yang berbentuk tokoh pewayangan yang sedang naik kereta dan ditarik dengan seekor kuda putih dan juga  ekor kuda hitam. Ada pula replika dari patung buah yang besar, hewan, beserta pewayangan yang juga tokoh yang lain.

Khas paling unik dan paling menonjol disana adalah adanya sebuah pemandian air panas yang masih alami dan menggunakan belerang. Sumber air panasnya ini ada di bawah candi songgoriti, yang kemudian dialirkan ke dalam pemandian menggunakan pipa. Dalam sejarahnya, sumber itu dulunya sering digunakan sebagai tempat untuk mensucikan keris pusaka dari Raja Sindoh, seorang raja dari kerajaan Singosari di abad ke-5 Masehi.

Akomodasi

Untuk biaya akomodasinya sama seperti yang disebutkan di atas. Yaitu 10 ribu di weekday, dan 15 ribu rupiah di weekend. Sedangkan biaya untuk parkirnya sebesar 3 ribu rupiah untuk sepeda motor, dan 5 ribu rupiah untuk mobil. Namun, untuk parkir roda 6 memakan biaya sebesar 10 ribu rupiah. Tak hanya itu saja, disini Anda juga bisa menyewa kamar untuk bermalam, sebesar 150 ribu rupiah sampai dengan 300 ribu rupiah.

Rute Menuju Pemandian Air Panas Songgoriti

Agar bisa sampai ke tempat pemandian Tirta Nirwana Songgoriti ini, Anda bisa menggunakan banyak arah. Lokasinya sendiri ada di perempatan jalan dari perpotongan jalan Arumdalu dan juga jalan Songgoriti. Jika berjalan dari arah alun-aln kota Batu, Anda bisa lewat jalan gajah mada, kemudian lusu saja sampai ke jalan Trunojoyo. Setelah itu, menuju ke jalan Brigjen M. Manan, dan belok ke jalan Songgoriti sampai menemukan perempatan gapura bertulisakan, yaitu “Pemandian Tirta Nirwana”.