Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner – Seperti yang telah diketahui, bahwa penyakit jantung koroner atau penyakit kardiovaskuler merupakan salah satu penyakit penyebab kematian yang paling besar di seluruh penjuru dunia. Penyakit jantung bukanlah penyakit yang menular.  Dengan selalu menerapkan gaya hidup yang sehat, hal ini ternyata juga bisa mencegah terjadinya masalah penyakit jantung dengan baik. Di bawah ini adalah beberapa cara mencegah untuk mengatasi masalah penyakit jantung, antara lain:

Baca Juga: Cara Kerja Mesin 2 Tak dan 4 Tak

Perhatikan Gejala Awalnya Dulu!

Salah satu cara paling mudah untuk mencegah terjadinya masalah penyakit jantung ini, maka Anda harus selalu memahami gejala awalnya terlebih dahulu. Beberapa perubahan yang umumnya dirasakan oleh penderita penyakit jantung ini, adalah kesulitan dalam menarik nafas, sesak ketika sedang berbaring ataupun ketika sedang beraktivitas, muncul pembengkakan di bagian kaki dan juga tangan, dan juga beberapa gejala yang lainnya, segera beritahu dokter.

penyakit jantung koroner

Harus Rutin Berolahraga

Dengan berolahraga secara rutin, maka hal ini bisa membuat jantung menjadi lebih sehat da lebih bugar. Otomatis dengan berolahraga secara rutin inilah akan membuat jantung, kolesterol, dan juga tekanan darah lebih baik dan membuat berat badan lebih stabil dan lebih sehat. Setidaknya, sebaiknya berolahragalah selama 30 menit dalam sehari, setidaknya minimal harus dilakukan selama 5 hari dalam 1 minggu. Tidak ada batasan untuk jenis olahraga apa yang harus dilakukan. Anda bisa berolahraga ringan, dengan cara jogging, berjalan kaki, berenang, naik sepeda, tinju, dan yoga.

Harus Rutin dalam Mengecek Tensi

Anda harus leih rutin dalam mengecek tekanan darah secara rutin setiap hari demi mencegah penyakit jantung. Umumnya, tekanan darah itu baru dikatakan normal bila memperlihatkan angka kurang dari 120/ 80 mmHg. Ketika angka untuk sistoliknya berada di antara pada 120 – 139, atau bila angka diastoliknya berkisar antara 80-89, maka artinya Anda sedang prehipertensi. Sekalipun angkanya belum bisa dibilang hipertensi, namun tetap saja angkanya ini lebih dari angka normal.

Makin tinggi nilai tensi darahnya, maka bisa lebih beresiko terkena hipertensi pada kemudian harinya. Padahal, hipertensi itu sangat beresiko sekali dengan serangan penyakit jantung koroner dan stroke.

Kontrol Asupan dari Kolesterol

Salah satu cara paling ideal untuk menjaga tekanan darah adalah harus bisa mengontrol asupan lemak jenuh dan juga mengontrol kolesterol ke dalam batasan wajar.  Bila ternyata kadar kolesterol LDL lebih tinggi dari 200 mg/ dL, maka sebaiknya Anda wajib berhati-hati. Kadar kolesterol LDL yang jahat yang terlalu tinggi inilah yang kemudian bisa menyebabkan terjadinya penyakit jantung. Maka dari itulah, sebaiknya batasi konsumsi makanan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Misalnya saja, seperti daging yang berlemak, daging burger, sosis, krim, mentega, kue, cokelat, biskuit, permen, garam, lemak, gula, dll. Dan perbanyak mengkonsumsi makanan yang berserat dan juga ikan. Karena terkadang olahraga dan diet itu tidak cukup dalam menurunkan kolesterol utuk sejumlah orang. Maka dari itulah, umumnya dokter akan memebrikan resep obat penurun kolesterol, misalnya saja seperti statin.

Perbanyak dalam Mengkonsumsi Air Putih

Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup, hal ini bisa membuat kesehatan jantung lebih terjaga. Namun, bila Anda sudah terlanjur terkena penyakit jantung koroner, sebaiknya tanyakan kepada dokter tentang batasan jumlah cairan yang bisa dikonsumsi setiap hari. Sumber cairan yang harus diperhitungkan itu tidak hanya air minum saja, namun sup, agar, dan juga es krim.