Penyakit Mematikan pada Kucing, Harus Diwaspadai Gejalanya

Penyakit Mematikan pada Kucing, Harus Diwaspadai Gejalanya – Pada dasarnya, penyakit mematikan pada kucing itu tidak selalu memperlihatkan dan menunjukkan gejala yang pasti. Bisa jadi, kucing Anda terlihat sehat dan baik-baik saja, namun ternyata kucing tersebut memiliki penyakit yang berbahaya dan bisa mematikan. Karena tidak menunjukkan sebuah gejala, sehingga membawa kucing kesayangan ke dokter hewan saat sudah sakit itu bisa jadi merupakan hal yang terlambat.

Baca juga: Resep Membuat Kue Muffin Pisang Kepok Termudah

Maka dari itulah, sebaiknya jangan lupa untuk melakukan pengecekatan kesehatan terhadap kucing Anda secara berkala. Sehingga, Anda bisa menghindari masalah penyakit pada kucing yang mematikan ini.

Daftar Penyakit Mematikan pada Kucing

Di bawah ini adalah beberapa daftar penyakit mematikan pada kucing yang harus diwaspadai dan gejalanya sulit untuk dilihat, antara lain:

Penyakit Mematikan pada Kucing

Penyakit Ginjal

Gejala dari penyakit yang satu ini biasanya hampir tidak terlihat. Kalaupun terlihat, maka gejalanya sangat laman sekali. Gejalanya tersebut meliputi, penurunan berat badan, kulit yang kering, nafas yang bau tidak sedap. Penyakit ini bila tidak segera diatasi bisa menjadi masalah penyakit yang serius sekali. Anda bisa melakukan tes darah untuk mendeteksi masalah penyakit yang satu ini.

Penyakit Jantung

Penyakit jantung atau disebut juga dengan Cardiomyopathy merupakan penyakit jantung yang sering diderita oleh kucing yang bisa mengakibatkan terjadinya kematian secara mendadak. Umumnya, jenis penyakit ini hanya ada gejala yang sedikit saja yang dapat dilihat. Dokter dapat mengetahui seperti apakah gejala yang tidak terlihat ini dilihat dari segi ritme detak jantung dari kucing ketika sedang dilakukan sebuah pemeriksaan secara rutin. Bila gejalanya tersebut tidak ditemukan, maka sebaiknya segera lakukan penanganan sejak dini agar dapat memperbesar kesempatan hidup untuk kucing kesayangan Anda.

Penyumbatan pada Saluran Urin

Ini termasuk salah satu penyakit mematikan pada kucing yang berbahaya. Penyakit ini bisa dianggap berbahaya bila sudah mulai memperlihatkan beberapa gejala, misalnya saja seperti kucing yang sering buang air kecil tepat di luar dari litter box. Kucing juga sering mengejan dan terlihat kesakitan ketika sedang buang air. Bila hal ini terjadi, sudah pasti terdapat batu kristal yang terdapat dalam saluran kencing. Bila masalah ini dibiarkan begitu saja, hal ini bisa menyebabkan terjadinya kematian. Keberadaan dari batu kristal ini bisa dilihat dari awal cukup dengan melakukan pengecekan secara rutin.

Hipertiroidisme

Penyakit yang satu ini termasuk dalam penyakit kalenjar yang biasa diderita oleh kucing. Gejala yang dialami bisa meliputi peningkatan nafsu makan, berat badan menurun, dan mudah sekali halus. Namun, gejala ini biasanya tidak begitu terlihat dan sering terlewatkan oleh kebanyakan pemilik kucing. Maka dari itulah, jangan menunggu hingga gejalanya muncul. Karena penyakit ini dapat dideteksi lewat pemeriksaan darah kucing secara rutin. Dengan penanganan sejak dini, hal ini akan membantu untuk memperpanjang usia kucing Anda.

Diabetes

Sama seperti penyakit diabetes yang dialami oleh manusia. Penyakit diabetes yang dialami oleh kucing ini bisa sangat mematikan. Gejala awal dari penyakit mematikan pada kucing ini adalah nafsu makan yang meningkat, kerap sekali buang air kecil, kerap haus, dan penurunan berat badan. Gejala ini tidak begitu terlihat. Bahkan, untuk kucing yang sudah senior, biasanya gejala ini dianggap sebagai gejala kucing yang sudah mulai menua dan hal yang wajar. Padahal, hal ini sebenarnya gejala dari penyakit diabetes.