Jangan Lakukan Ini, Jika Tidak Ingin Terkena Penyakit Mental

Jangan Lakukan Ini, Jika Tidak Ingin Terkena Penyakit Mental – Tahukah Anda bahwa ternyata ada salah satu penyebab penyakit mental yang sering dialami oleh kebanyakan orang ternyata bermula dari hal-hal yang sering Anda lakukan setiap hari?

penyakit mental

Salah satunya adalah bila Anda sering terjaga di malam hari dan Anda adalah seorang night owls, maka ini bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan Anda. Salah satunya adalah bisa mengalami gangguan pada kesehatan mental.

Baca Juga: Mau Tahu Lokasi Unik Whats Wrong With Secretary Kim Yang Sebenarnya, Intipi Ini Dulu!

Hal ini sudah pernah diteliti sebelumnya di New York. Dimana dalam penelitian tersebut telah disebutkan bahwa orang yang kerap terjaga di malam hari biasanya jauh lebih beresiko besar mengalami masalah penyakit mental. Dua contoh masalah pada kesehatan mental yang bisa dialami karena kurang tidur adalah schizophrenia dan juga depresi.

Cara Mencegah Penyakit Mental

Supaya bisa terhindar dari masalah mental, sebaiknya Anda harus menjadi orang yang terbiasa untuk bangun pagi dan beraktivitas pada pagi hari. Kebiasaan ini bisa membuat Anda terhindar dari masalah mental. Penelitian yang telah disebutkan oleh University of Exeter juga mengatakan bahwa orang yang sering tidur dan bangun jauh lebih awal umumnya punya kesehatan mental yang jauh lebih baik dari pada orang yang jarang tidur dan melakukan hal yang kebalikannya itu.

Mereka pun juga menemukan bahwa salah satu bukti penyebab yang paling besar sekarang ini tentang night owls ini bisa beresiko tinggi menyerang kesehatan pada mental seseorang. Misalnya saja, seperti schizophrenia dan juga kondisi mental yang lain yang jauh lebih buruk. Hal ini telah disampaikan oleh Mike Weedon.

Hadil dari penemuannya tersebut didapatkan dari gaya hidup dan gen dari 697,828 orang. Temuan atas penelitian tersebut telah dipublikasikan ke dalam sebuah jurnal Nature Communications dan bisa menjadi salah satu jalan untuk mengobati orang-orang yang memiliki masalah pada jam tidurnya. Di dalam penelitian tersebut mencoba untuk melakukan identifikasi terhadap variasi genetik yang sudah ada.

Dimana dalam penelitian ini mengidentivfikasi antara variasi genetik dengan hubungannya pada seseorang yang kerap menjadi night owls dan juga orang yang kerap bangun di pagi hari dan beraktivitas di pagi hari. Untuk mereka yang masuk ke dalam golongan menjadi night owls ini diminta untuk bisa bangun 25 menit jauh lebih awal. Hasilnya, mereka menjadi lebih mudah terserang masalah penyakit mental ini dibandingkan dengan mereka yang memiliki jam tidur yang cukup.

Dari sinilah juga diketahui pula bahwa gen itu sangat berpengaruh sekali terhadap kegiatan retina dalam mengenali cahaya matahari dan juga memulai ulang pada jam tubuh setiap hari. Untuk jam tubuh itu sendiri sangat dipengaruhi oleh faktor gaya hidup dan juga genetik. Untuk faktor dari gaya hidup itu sendiri termasuk diet, terkena sinar buatan, dan juga melakukan aktivitas dan pekerjaan yang dilakukan setiap hari.

Weedon, sebagai seorang peneliti telah menyampaikan bahwa penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk mencari tahu hubungan antara orang yang bangunnya lebih awal dengan masalah kesehatan mental. Meskipun begitu, hasil yang sudah ada ini seharusnya sudah cukup dijadikan sebagai alasan terbaik untuk membuat Anda harus lebih sering bangun di pagi hari setiap hari.

Weedon menyebut bahwa penelitian lebih lanjut bakal diperlukan antara bangun lebih awal dan kesehatan mental. Walau begitu, hasil yang ada ini harusnya cukup menjadi alasan bagimu untuk bangun lebih pagi setiap hari.