Penyakit Ini Bisa Dilihat dari Suara!

Penyakit Ini Bisa Dilihat dari Suara – Pernahkah Anda mengalami perubahan pada suara Anda yang terjadi secara tiba-tiba? Bila benar, maka Anda harus lebih berhati-hati. Karena bisa saja hal ini merupakan sebuah fakta bahwa ada salah satu penyakit yang sedang Anda alami dilihat dari perubahan suara Anda tersebut. karena bisa jadi tanda dari suara yang berubah tersebut adalah pertanda Anda mengalami masalah batuk dan penyakit amandel.

Bahkan, ternyata tanda itu juga bisa saja terjadi karena ada kemungkinan besar Anda mengalami penyakit yang lebih serius lagi. Melihat hal tersebut, sudah seharusnya bila Anda harus jauh lebih peka lagi dengan perubahan yang terjadi pada suara Anda. karena ternyata ada beberapa penyakit yang dapat dideteksi dari terjadinya perubahan suara seperti di bawah ini:

Nodul Pita Suara

Umumnya masalah yang sering dialami oleh semua orang yang selalu menggunakan suara, seperti seorang penyakit, guru, dan dosen itu adalah masalah suara yang menjadi serak. Hal ini bisa saja terjadi karena adanya pembengkakan yang terjadi dibagian pita suara. Atau disebut juga dengan nodul dari pita suara yang terpasang simetris dibagian kedua pita suaranya. Akan tetapi, Anda harus tenang bila mengalami masalah yang satu ini.

Karena sebenarnya, cara untuk menyembuhkannya sangat mudah sekali! Anda hanya perlu memberikan waktu untuk beristirahat sejenah terhadap pita suara Anda. Caranya adalah dengan melakukan terapi vocal, puasa untuk berbicara, atau bahkan hanya berbicara saat dibutuhkan saja. dengan cara inilah nantinya akan membuat suara yang serak tersebut bisa kembali seperti semula.

Mengalami Masalah Polip Hidung

Masalah penyakit polip hidung yang satu ini bisa terjadi dikarenakan oleh alergi, infeksi, dan juga reaksi kekebalan tubuh oleh lingkungan. Masalah polip hidung ini bisa juga ditandai dengan terjadinya penyumbatan pada hidung, adanya cairan yang keluar dari hidung, terjadinya nyeri wajah, turunnya fungsi dari indera penciuman. Selain itu, seseorang yang mengalami masalah penyakit yang satu ini bisa menyebabkan terjadinya perubahan suara.

Seperti yang telah diketahui, bahwa penyakit polip hidung itu belum bisa disembuhkan. Namun masalah ini bisa dikurangi dengan menggunakan steroid dan juga melakukan operasi bila masalah ini terjadi semakin parah.

Asam Lambung

Seseorang bisa mengalami masalah asam lambung karena mereka sering makan tidak sesuai dengan jam makan. Namun meskipun begitu, ternyata masalah yang satu ini juga dapat ditandai da dilihat saat seseorang mengalami perubahan terhadap suaranya ketika bangun tidur pada pagi hari. Bahkan, berdasarkan penelitian yang dilakukan di London Medical telah mengatakan bahwa asam yang telah keluar dan berasal dari perut ketika sedang tidur ini dapat membuat tenggorokan menjadi terganggu. Sehingga, hal ini menyebabkan pita suara menjadi membengkak dan membuat kualitas suara menjadi berubah.

Masalah Kanker Laring

Berdasarkan Peter Rhys Evans, yaitu ahli bedah THT, beliau telah mengatakan bahasa salah satu permasalahan dari penyakit tumor yang terjadi adalah dibagian tenggorokan. Hal ini dapat diketahui dari terjadinya perubahan suara dalam tahap awal. Umumnya, orang yang mengalami masalah ini suaranya menjadi lebih serak karena terjadinya pembengkakan dibagian tenggorokan.

Penyakit Parkinson

Masalah ini kerap ditandai dengan terjadinya kelainan di bagian saraf progersif yang memburuk sehingga memunculkan teradinya tremor, kehilangan ekspresi pada wajah, sulit tidur, dan juga mengalami perubahan suara.