Penyebab Kuota Internet Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

Kuota Internet Cepat Habis dan Cara Mengatasinya – Pernahkah Anda mengalami dimana kuota internet cepat habis? Hal ini seringkali terjadi untuk beberapa orang yang baru saja membeli paket data internet. Namun, selang beberapa hari kemudian, setelah dipakai, kuota internet langsung habis begitu saja. Padahal, sebisa mungkin Anda sudah menghemat pemakaian internet Anda dalam sehari-hari. Namun, tetap saja kuotanya cepat sekali habis.

Baca Juga : Panduan Diet Praktis dengan Cara Berolahraga

Maka dari itulah, jika Anda sering mengalami hal yang seperti ini, maka sebaiknya simak penyebab kuota internet cepat habis dan cara mengatasi paling mudah, di bawah ini:

Penyebab Kuota Internet Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

Auto Update Aplikasi

Umumnya auto update aplikasi ini sering kali diaktifkan dengan cara default. Salah satu alasannya adalah agar semua aplikasi yang sudah terinstal dapat terupdate ke dalam versi terbarunya, saat ada pemberitahuan. Maka dari itulah, fitur ini tentu saja akan membuat kuota Anda cepat habis. Karena ketika terkoneksi dengan internet, maka fitur ini akan mengupdate aplikasi yang sudah terinstal secara otomatis. Sehingga, tak heran bila kuota menjadi cepat habis.

Agar dapat mengatasinya, maka nonaktifkan saja auto update aplikasi yang ada. Caranya, buka saja aplikasi dalam playstore yang tersedia. Setelah itu, pilih menu, dan setting. Kemudian, pilih auto update apps. Bila sudah, centang don’t auto update apps. Dengan begitu Anda bisa tahu kapan waktunya aplikasi yang digunakan tersebut harus diupdate. Anda juga bisa memilih auto update apps justu wifi only. Tentu saja hal ini akan lebih menghemat kuota. Karena aplikasi hanya akan teupdate ketika terkoneksi atau tersambung oleh wifi.

Sinkronisasi Otomatis

Umumnya proses sinkronisasi sering kali diaktifkan dengan cara default. Fungsinya adalah agar data yang ada dalam server masih tersinkron oleh data yang terdapat dalam smartphone Anda. hal ini cukup penting sekali untuk membuat semua data yang Anda miliki bisa tetap aman saat terjadi hal-hal yang buruk. Misalnya saja seperti ponsel hilang, dll. Namun, disaat data yang tersinkron adalah hasil dari rekaman video ataupun dari foto, tentu saja akan membutuhkan kuota internet yang banyak.

Bahkan, beberapa kasus sering kali mengupload foto dan video yang tidak begitu penting karena adanya sinkronisasi otomatis yang telah melakukan backup dari semua file yang ada. Karena itulah, agar dapat mencegah hal seperti itu terjadi, sebaiknya nonaktifkan saja fitur sinkronisasi otomatis ini di bagian tab sync dalam menu setting. Sehingga, Anda bisa memilih data mana yang pantas dibackup atau tidak.

Aplikasi Penjelajah Gambar

Salah satu aplikasi untuk menjelajah gambar yang paling tenar saat ini adalah IG. Dengan semua desain dan juga fitur yang dihadirkan, aplikasi ini bisa memanjakan setiap penggunanya agar tidak henti-hentinya dalam melihat foto yang telah diupload oleh semua orang. Otomatis dengan cara inilah secara tidak sadar akan membuat kuota internet cepat habis.

Maka dari itulah, salah satu cara untuk meminimalisir dalam pemakaian internet saat membuka aplikasi IG ini adalah dengan cara mengubah mode pemakaian data yang ada dalam menu setting. Yaitu pilih options, kemudian settings, dan pilih cellullar data usage. Bila sudah, pilih use less data. Dengan begitu, Anda bisa meminimalisir pemakaian kuota internet Anda.

Aplikasi Streaming Musik

Aplikasi seperti JOOX, Spotify, dan juga iTunes sebenarnya tidak begitu menghabiskan kuota saat dipakai untuk mendengarkan 2 lagu sampai dengan 5 lagu. Namun, bila sampai seharian Anda mengugnakannya untuk mendengarkan musik, otomatis hal ini akan membuat kuota internet cepat habis. Maka dari itulah, salah satu cara mengatasinya adalah turunkan kualitas musiknya saja.