Proses Mengajukan Kredit Rumah Lewat Bpjs Ketenagakerjaan

Proses Mengajukan Kredit Rumah Lewat Bpjs Ketenagakerjaan – Untuk meningkatkan kesejahteraan para masyarakat, sekarang ini sudah ada fasilitas kredit rumah lewat BPJS Ketenagakerjaan sebagai pembiayaan rumah dan juga uang muka dari BPJS ketenagakerjaan untuk para pesertanya.

Kredit Rumah Lewat Bpjs Ketenagakerjaan

Program ini sangat beranfaat sekali. Bahkan sudah diatur berdasarkan Permenaker dengan Nomor 35 tahun 2016. Pinjaman ini diberikan untuk semua anggota BPJS ketenagakerjaan, entah untuk yang masuk dalam kategori masyarakat berpenghasilan rendah dan yang masuk ke dalam non MBR.

Baca juga: Cara Mendapatkan Kredit Rumah Murah di Semarang

Dari Agus Susanto, sebagai direktur utama dari BPJS Ketenagakerjaan telah menjelaskan bahwa MLT ini telah dikembangkan dengan tujuan agar bisa menyejahterakan para peserta lewat pemilikan rumah yang layak dan bisa mendukung adnaya program sejuta rumah yang diberikan oleh pemerintah.

Dengan adanya program kredit rumah lewat BPJS Ketenagakerjaan inilah nantinya bisa memberikan daya tarik tersendiri guna meningkatkan dan memperluas adanya cakupan untuk kepesertaan dari anggota BPJS Ketenagakerjaan. Pihaknyapun juga menambahkan bahwa untuk fasilitas pembiayaan dari program MLT ini sudah meliputi supply side dan juga demand side dalam industry perumahan dan telah dilaksanakan lewat kerjasama dengan pihak bank pemerintah.

Demand side disini berarti untuk memenuhi kebutuhan untuk pembiayaan perumahan dengan suku bunga yang ringan untuk para peserta. Sedangkan untuk supply side ini bentuknya meliputi sebuah pembiayaan yang lebih kompetitif untuk para developer perumahan berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan.

MLT yang telah diberikan dari program kredit rumah lewat BPJS Ketenagakerjaan kepada para anggota pesertanya ini meliputi 4 pilihan, yaitu program KPR, program PUMP untuk pinjaman uang muka sebuah perumaha, pinjaman untuk merenovasi rumah, dan pinjaman kredit kontruksi untuk para pengembang. Agar bisa menikmati program tersebut, maka para peserta harus memenuhi persyaratannya terlebih dahulu yang meliputi di bawah ini:

  1. Sudah terdaftar secara aktif, minimal selama 1 th.
  2. Perusahaan di tempat kerjanya harus tertib secara administrasi dan iusan. Juga perusahaan tersebut tidak berstatus sebagai perusahaan daftar sebagian upah dan juga tenaga kerja.
  3. Harus memang belum memiliki rumah pribadi.
  4. Untuk program pinjaman renovasi rumah, dana yang dipakai hanya boleh untuk merenovasi rumah berdasarkan nama pekerjanya sendiri.
  5. Peserta yang telah mengajukan pinjaman harus sudah lolos verifikasi kredit dari pihak bank penyalur yang telah bekerja sama.

Menariknya lagi adalah, sekarang ini BPJS sudah ebkerja sama dengan pihak bank BTN sebagai penyalur fasilitas pinjaman. Untuk ke depannya, BPJS juga akan turut bekerja sama kepada semua bank pemerintah, termasuk juga untuk bank pemerintah daerah. Untuk masyarakat yang telah tertarik dan merasa sudah memenuhi kewajiban dan persyaratan yang ditentukan, maka Anda bisa melakukan sejumlah tahapan di bawah ini, antara lain:

  1. Peserta bisa mengajukan sejumlah fasilitas yang ditawarkan dari 4 fasilitas tersebut, yang meliputi program kredit rumah lewat BPJS Ketenagakerjaan, program PUMP, program PRP, dengan memberikan copy sebagai bukti kepersertaan dari BPJS ketenagakerjaan.
  2. Bank telah bekerjasama melakukan verifikasi dan melakukan BI Checking. Jadi, pastikan Anda tidak berada dalam daftar blacklist BI supaya permintaan kredit rumah lewat BPJS Ketenagakerjaan Anda disetujui.
  3. Sesudah melewati tahapan verifikasi awal, bank yang bekerjasama akan melanjutkan permintaan kredit itu ke kantor cabang dari BPJS Ketenagakerjaan untuk verifikasi kepersertaan.
  4. Tunggu sampai kantor cabang BPJS Ketengakerjaan memberi form persetujuan pada bank yang telah bekerjasama untuk mengetahui apakah Anda ditolak atau diterima pengajuan Anda tersebut.