Melihat Segara Anakan Pulau Sempu yang Eksotis

Melihat Segara Anakan Pulau Sempu yang Eksotis – Mencoba berpetualang menuju ke pulau Sempu yang ada di Malang tentu saja akan dapat memberikan sebuah pengalaman yang berbeda tersendiri dari tempat wisata alam yang lain. Karena untuk bisa menikmati keistimewaan dan keindahan dari pulau yang satu ini, Anda harus melewati tantangan perjalanan hingga 3 jam untuk bisa melalui hutan yang masih rimbun.

Baca juga: Keindahan Alam Pantai Watu Leter Malang Selatan

Bahkan, Anda masih harus melewati jalan setapak yang masih curam dan dilengkapi dengan batuan karang yang tajam. Khususnya di musim penghujan, otomatis medan perjalanannya juga menjadi makin ekstrim lagi.

Pulau Sempu

Review Pulau Sempu di Malang

Namun, dengan berkunjung ke pulau yang satu ini, maka Anda bisa menikmati sebuah pengalaman yang menarik di hati. Karena Anda bisa berkunjung ke Laguna Segara Anakan yang terdapat di pulau ini sambil membuat kemah agar dapat bermalam disana di tepian laguna. Sehingga, bisa memberikan suasana kesegaran tersendiri di tengah hutan. Bisa berenang di area laguna yang tenang dan dapat bermain di tepi itu merupakan sebuah pengalaman yang mengesankan selama ada di pulau Sempu ini.

Melewati jalanan setapak yang ada di tengah hutan tropis memberikan sebuah pengalaman yang menarik dan mengasikkan. Tak jarang jika dalam perjalanan untuk menuju ke pulau ini nanti Anda bisa menikmati jalanan setapak yang menanjak, berliku-liku, dan curam. Ada saatnya Anda nanti harus menerobos dan melompat dari tiap batang pohon yang ada di tengah jalanan setapak.

Medan jalan di pulau Sempu ini makin menantang ketika musim hujan tiba. Hal ini dikarenakan saat itu tiba, tanahnya menjadibegitulicin. Karena itulah, saat ingin pergi ke pulau ini, sebaiknya jangan disaat musim penghujan.

Danau di Tengah Pulau Sempu

Saat Anda bisa sampai ke tempat danau dari segara anakan, maka rasa lelah yang Anda alami ketika melewati perjalanan ke hutan pulau ini bisa langsung hilang seketika saat terbawa arus angin dan melihat keindahan dari hamparan pasir putih yang ada. Belum lagi masih ada juga air yang warnanya jernih dan biru yang dikelilingi juga oleh tebing dan benteng terhadap terjangan ombak yang besar dari Samudra Hindia. Hal ini semakin membuat pantai ini menjadi makin menarik.

Danau atau sebuahsegara anakan yang ada di tengah pulau ini berasal dari terjangan ombak yang berasal dari arah selatan lewat celah tebing dari pembatas pulau yang sedang berlubang pada bagian salah satu pulaunya. Di bagian tebing inilah nantinya yang membuat danau ini menjadi tenang airnya dan pasirnya juga terlihat putih bersih.

Disinilah nantinya Anda bisa melakukan berbagai macam kegiatan yang menyenangkan. Misalnya saja seperti bola volley, bermain bola, dan dapat berjemur tepat di bawah terik matahari. Bahkan, disinilah nantinya Anda juga bisa menginap disini sambil mendirikan sebuah tenda tepat di tepian danau sambil menikmati bintang-bintang yang hadir di malam hari.

Lokasi Pulau Sempu

Dilihat secara administratif, lokasi wisata pulau ini ada di desa Tambak Rejo, di Kec. Sumbermanjing wetan.dikrenakan pantai ini lokasinya berseberangan dengan area pulau Sempu, hal ini membuat semua orang harus datang ke pantai sendang biru ini lebih dulu untuk bisa sampai ke segara anakan. Disini merupakan sebuah tempat untuk pelelangan ikan, yang berada di jalan raya sendang biru, di Pondok Dadap, di Kab. Malang.

Rute ke Pulau Sempu

Rutenya sendiri sangat mudah. Hanya saja Anda tidak dapat melewatinya dengan kendaraan Anda. jadi, Anda harus datang ke pantai Sendang Biru terlebih dahulu. Bila Anda berjalan dari kota Malang, Anda butuh waktu selama 2 jam untuk tiba disini dengan jarak tempuh mencapai 72 km. Di pantai inilah bisa dilanjutkan perjalanannya dengan naik perahu ke pulau Sempu selama 25 menit.

Harga Tiket Masuk dan Total Biaya Ke Pulau Sempu

Untuk biaya tiket masuknya sendiri dikenakan senilai 38 ribu rupiah untuk setiap orang. Harga tiket ini sudah termasuk ke dalam pantai sendang biru dan juga pulau sempu. Agar dapat menyebrangi pulau ini nanti Anda bisa menyewa perahu senilai 100 ribu rupiah untuk sekali antarjemput dengan kapasitas paling banyak untuk 15 orang.