Cara Mengatasi Radang Lidah dan Seluk Beluknya

Cara Mengatasi Radang Lidah dan Seluk Beluknya – Apakah sebelumnya Anda pernah mendengar kata radang lidah? Sebenarnya masalah ini disebut juga dengan glositis. Penyakit ini adalah salah satu permasalahan yang terjadi di bagian jaringan lunak pada rongga mulut seseorang. Dengan terserang penyakit ini, maka penderita akan mengalami masalah pada saat menelan dan juga berbicara.

Baca juga:  Bahan Alami Racikan Sendiri untuk Membuat Lips Scrub Alami

Kemampuan mereka untuk menelan dan berbicara bisa menurun bila terkena masalah penyakit ini. Bahkan, pengecapan juga menjadi terganggu saat terserang penyakit yang satu ini.

Radang Lidah

Anda bisa melihat penyakit ini dari kondisi lidah Anda. perubahan yang terjadi dan bisa dilihat sbeagai pertanda bahwa Anda sedang terkena masalah penyakit ini adalah terjadinya kehilangan dibagian tonjolan yang kecil dibagian lidah, dimana hal ini disebut juga dengan papila. Sehingga, karena masalah inilah membuat warna lidah menjadi makin merah dari pada umumnya. Penyakit ini sebenarnya bisa saja terjadi pada semua orang.

Bahkan, ternyata penyakit ini tidak datang begitu saja. Ada beberapa alasan dan penyebab kenapa seseorang bisa terkena masalah penyakit ini. Namun, yang paling umum dan pasti adalah radang lidah itu sebenarnya bisa saja terjadi dikarenakan oleh faktor genetik yang telah diturunkan pada keluarga. Disamping itu, masalah penyakit ini juga bisa terjadi dikarenakan banyak hal. Misalnya saja seperti terjadinya reaksi terhadap alergi tertentu.

Mengalami infekti, kekurangan kandungan zat besi, mulut yang kering, adanya infeksi oleh bakteri dan virus pada mulut, pengaplikasian gigi palsu yang tidak tepat, kekurangan asam folat, kekurangan vitamin B12, dan juga bisa terjadi karena sedang mengalami trauma dibagian mulut. Faktor penyebab yang lain kenapa seseorang bisa terkena masalah penyakit ini adalah karena melakukan menggertak gigi, sedang mengalami stress, dll. Yang pasti ada banyak hal yang membuat seseorang bisa mengalami masalah penyakit ini.

Jadi, kami sampaikan sekali lagi bahwa sebenarnya semua orang itu bisa saja terkena masalah penyakit ini. Maka dari itulah, agar dapat mencegah datangnya penyakit ini, sebaiknya Anda harus lebih meningkatkan kebersihan lidah dan juga harus selalu menjaga kebersihan mulut dengan baik menggunakan air dingin. Suhu dingin yang didapatkan dari air es ternyata juga bisa membantu Anda untuk dapat mengurangi terjadinya rasa sakit, terjadinya pembengkakan, dan juga bisa menjadikan lidah terasa lebih nyaman lagi dari sebelumnya.

Sementara itu, bila Anda ingin membersihkan lidah, maka Anda bisa berkumur dulu menggunakan air garam. Setelah itu, cobalah untuk mengulanginya sekali lagi selama beberapa jam kemudian atau setiap beberapa jam sekali. Selain itu, sebaiknya pastikan untuk menyiapkan agar konsentrasi dari air garamnya tidak terlalu pekat. Karena bila terlalu pekat justru hal ini akan membuat masalah ini tidak akan teratasi dengan baik.

Selain itu, sebaiknya jangan lupa untuk selalu menghindari rokok. Jangan pernah merokok bila Anda ingin terhindar dari masalah penyakit ini. Selain itu, jangan lupa juga untuk tidak pernah mengkonsumsi minuman yang beralkohol. Jangan pernah lupa juga untuk menghindari makanan dan juga minuman yang berasa asam. Misalnya saja seperti tomat, minuman bersoda, jus jeruk, dan kopi. Karena beberapa makanan dan minuman tersebut bisa membuat masalah radang bisa menjadi makin parah.

Bila masalah radang lidah Anda berlangsung sampai dengan melebihi dari 2 minggu, sebaiknya segera konsultasikan hal ini pada dokter. Karena bisa jadi ada hal yang bermasalah pada tubuh Anda.