Penyebab Munculnya Rasa Sakit di Punggung

Penyebab Munculnya Rasa Sakit di PunggungPunggung adalah salah satu bagian tubuh yang harus diperhatikan. Maka dari itulah, rasa sakit di punggung itu tidak boleh disepelekan begitu saja. Karena, bagian ini sama halnya dengan otak. Punggung itu merupakan salah satu bagian tubuh yang mempunyai sum-sum tulang belakang sebagai tonggak penting dalam menjalankan sebagian besar dari fungsi tubuh itu sendiri.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mengkonsumsi Susu Kedelai

Maka dari itulah, ketika muncul dan timbul rasa sakit di punggung, sebaiknya Anda cari tahu dulu apa sih yang menjadi penyebabnya? Sehingga, Anda bisa mencari tahu solusinya sedini mungkin. Nah, dari sinilah akan kami berikan sedikit informasi tentang beberapa alasan kenapa sakit punggung itu bisa terjadi, antara lain:

Rasa Sakit di Punggung

Pertama, terlalu sering menggunakan high heels. Kebanyakan wanita selalu ingin tampil terlihat lebih cantik dan anggun dan juga mempesona. Sehingga, mereka lebih percaya diri dengan menggunakan high heels saat sedang keluar rumah. Padahal, bila terlalu sering menggunakan sepatu yang memiliki hak tinggi itu sebenarnya justru akan membuat Anda bisa mengalami nyeri pada punggung.

Hal ini dikarenakan ketika Anda menggunakan hal tinggi, maka disitulah nantinya otot pada punggung Anda menjadi lebih tegang. Meskipun umumnya kaki Anda yang harusnya merasakan sakit itu, akan tetapi otot pada kaki juga berkaitan erat dengan bagian otot di punggung. Misalnya saja, pada lutut, pinggul, dan juga di bagian tendon Achilles.

Kedua, selalu tidur di tempat tidur yang tidak pas itu juga menjadi salah satu alasan yang menyebabkan rasa sakit di punggung. Biasanya ini bisa saja terjadi dikarenakan tempat tidur yang teksturnya tidak rata, sudah tua dan usang, dan juga kurang tebal. Beberapa hal tersebut bisa menyebabkan terjadinya rasa sakit dibagian punggung karena istirahat di malam hari tidak sempurna.

Kasur atau tempat tidur yang tidak empuk dan juga datar itu bisa membuat Anda merasa tidak nyaman saat sedang tidur. Bahkan, berdasarkan dokter dari Web MD, yaitu Dr. Michael Breus, mengatakan bahwa saat bangun tidur kemudian mengalami nyeri punggung di bagian bawah itu bisa saja terjadi karena tempat tidur Anda tersebut tidak sesuai dengan Anda. Sehingga, Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Ketiga, seseorang juga bisa mengalami rasa sakit di punggung itu karena sedang mengalami cidera oleh mengangkat beban yang berat. Tulang punggung itu juga bisa saja mengalami cidera secara tiba-tiba saat bagian ini jarang dilatih namun kemudian mengangkat beban berat. Sehingga, punggung menjadi mengalami shock dan berakibat rasa sakit dibagian ini. Biasanya hal ini kerap terjadi pada orang yang sudah tua. Maka dari itulah, penting sekali untuk para orang tua agar selalu rutin berolahraga sebelum mencoba untuk mengangkat beban yang berat.

Ke-empat, orang juga bisa mengalami rasa sakit pada bagian punggung ini karena adanya gejala terhadap peradangan di bagian sendi. Hal ini harus benar-benar diwaspadai, karena bisa jadi hal ini merupakan sebuah gejala dari radang itu sendiri. Bila rasa sakit tersebut terjadi hingga 30 menit pada pagi hari, dan kemudian menghilang sesudahnya, maka sebaiknya segeralah periksakan hal ini pada dokter setempat. Biasanya, bagian tubuh yang mudah sakit adalah pada pinggul, punggung dibagian bawah, dan juga tulang belakang.

Kelima, seseorang juga bisa mengalami rasa sakit pada bagian punggungnya karena sering merokok. Sehingga, terjadilah pengeroposan pada tulang yang menyebabkan terjadinya nyeri pada punggung.