Resep Membuat Menu Berbuka Puasa khas Jawa Timur

 

Resep Membuat Menu Berbuka Puasa khas Jawa Timur – Saat jelang puasa ramadhan tiba, rasanya belum lengkap jika belum mempersiapkan beberapa santapan untuk menu berbuka puasa khas Jawa Timur di dalam sajian menu berbuka puasa. Karena, seperti yang telah Anda ketahui, bahwa Indonesia adalah surganya kuliner. Sehingga, ada banyak macam makanan yang bisa membuat Anda menjadi tergila-gila untuk mencobanya atau bahkan membuatnya sendiri di rumah.

Baca Juga : Daftar Menu Sarapan Sehat Bebas Lemak

Di bawah ini adalah beberapa daftar sajian menu berbuka puasa khas Jawa Timur yang harus dicoba bagi pecinta kuliner khas Jawa Timur untuk berbuka puasa, antara lain:

Resep Membuat Menu Berbuka Puasa khas Jawa Timur

Resep Membuat Rawon

Rawon adalah salah satu makanan berkuah yang paling direkomendasikan dari Jawa Timur. Makanan ini berasal dari olahan daging sapi dan cocok sekali bila dihidangkan tepat di atas meja makan untuk menemani menu berbuka puasa Anda.

Bahan Utama

  • Daging sapi sebanyak 500 gram.
  • Kluwak 7 buah.
  • Serai 3 batang.
  • Daun jeruk 6 lembar.
  • Bawang merah sebanyak 9 siung.
  • Bawang putih 4 biji.
  • Kemiri 5 butir, yang telah disangrai.
  • 1 sendok makan ketumbar, yang sudah disangrai.
  • 1 sendok teh jintan, yang telah disangrai.
  • 700 ml air.
  • Tauge yang pendek, secukupnya saja.
  • Bawang goreng secukupnya saja.
  • Gula, garam, dan merica secukupnya saja.

Cara Membuat Rawon

  1. Ambil saja dulu kluwaknya, lalu rendam ke dalam air panas selama 15 menit. Jangan lupa untuk memilih kluwak yang paling ringan ketika sedang digoyang-goyangkan.
  2. Haluskan bawang putih, bawang merah, jintan, ketumbar, kemiri, beserta bagian dalam dari kluwak yang sudah dikeluarkan dari bagian kulitnya. Agar makin mudah dan praktis, sebaiknya haluskan saja menggunakan bantuan dari blender.
  3. Tumislah bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya, masukkan daun jeruk dan serai. Masak sampai bumbu matang sambil diaduk-aduk.
  4. Masukkan daging sapi dan tumis sampai berubah warna dagingnya, dan terlihat matang.
  5. Masukkan 300 ml air, dan masak sampai mendidih.
  6. Jangan lupa masukkan juga gula dan garamnya.
  7. Masak daging memakai api kecil sampai daging lembut.
  8. Rebus 1,4 L air sampai mendidih, lalu masukkan ke dalam tumisan daging yang sudah lembut tadi.
  9. Masukkan merica dan masak lagi sampai mendidih.

Kini sajian menu berbuka puasa khas Jawa Timur rawon telah siap untuk disantap selagi masih hangat. Anda bisa menyajikannya bersamaan dengan nasi putih yang masih hangat dan juga kerupuk. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan sajian

Namun sebelum meninjau lebih jauh lagi, perlu Anda ingat bahwa kluwek yang paling bagus adalah yang berwarna hitam agak kemerahan dan harus sedikit basah. Karena, bila terlalu kering, Anda harus merendamnya lebih dulu ke dalam air. Sementara untuk daging sapinya sendiri sebaiknya pilih saja pada bagian sandung lamur, iga, dan dibagian sengkelnya.

Sementara itu, untuk memasak daging dan kuahnya sendiri sebaiknya dimasak 1 hari sebelum membuat rawon. Jadi, panaskan saja ketika akan dihidangkan agar aromanya nanti menjadi jauh lebih berasa nikmat, karena bumbunya berhasil meresap dengan sempurna. Seperti yang telah diketahui, bahwa rawon dari Jawa Timur ini merupakan sajian menu kuliner yang bisa ditemukan dimana-mana. Meskipun proses pembuatannya agak ribet, namun bicara soal rasa tidak perlu diragukan lagi kelezatannya.