Jangan Lewatkan Resep Kue Mangkok di Hari Imlek, Ini Alasannya!

Jangan Lewatkan Resep Kue Mangkok di Hari Imlek, Ini Alasannya – Menjelang datangnya hari Imlek, tentu saja hal ini membuat banyak sekali resep kue mangkok yang bisa ditemukan dimana-mana. Jajanan tradisional yang berbentuk seperti mangkok ini secara mendadak langsung menjadi primadona menjelang hari Imlek. Maka dari itulah, sebaiknya jangan pernah lewatkan untuk mencoba resep ini sebelum Anda ketinggalan dari yang lainnya!

Seperti apakah Kue Mangkok itu?

Kue mangkok merupakan sebuah hidangan kue yang teksturnya hampir sama seperti apem yang sedang merekah. Umumnya, kue ini kerap dijadikan sebagai sebuah hidangan primadona untuk pembawa keberuntungan saat sedang Imlek.

resep kue mangkok

Warnanya sendiri bisa merah dan berwarna pink supaya bisa mendatangkan keberuntungan yang baik untuk keluarga yang sedang menyajikannya. Karena itulah alasannya kenapa Anda juga harus mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Baca Juga: Mau Tahu Lokasi Unik Whats Wrong With Secretary Kim Yang Sebenarnya, Intipi Ini Dulu!

Meskipun Anda mungkin tidak merayakan hari Imlek, namun tidak ada yang salah dengan mencoba membuatnya sendiri. Dengan begitu, Anda bisa menjadikannya sebagai lumbung uang untuk dijual kembali. Karena sebenarnya, kue mangkok ini adalah salah satu jajanan pasar yang bisa ditemukan dengan mudah. Namun, tak ada salahnya bila Anda mencoba membuat kue ini sendiri. Mengingat bahan beserta cara memasaknya juga sangat mudah. Maka cobalah sajikan beberapa resep kue mangkok di bawah ini:

Bahan-Bahan:

Tepung beras sebanyak 400 gram.

Tepung terigu dengan protein sedang sebanyak 200 gram.

Tape singkokng sebanyak 250 gram, yang telah dihaluskan.

Gula pasir sebanyak 400 gram.

Garam sebanyak 1 sendok teh.

Air sebanyak 250 ml.

Jus buah naga merah sebanyak 500 ml, yang telah disaring.

Baking powder sebanyak 2 sendok teh.

Air soda sebanyak 350 ml.

Cara Memasak Resep Kue Mangkok

  1. Campurkan saja tepung terigu, tepung beras, gula, tape singkokng, dan garam secara merata. Lalu, aduk-aduk sampai semua adonannya benar-benar tercampur rata dan tidak ada satupun bagian yang telah menggumpal.
  2. Tuangkan sebanyak 250 ml air ke dalam sebuah adonan yang baru saja dibuat. Setelah itu, aduk-aduk lagi sampai semuanya tercampur rata.
  3. Selanjutnya, tuangkan jus buah naga ke dalamnya sambil diaduk-aduk sampai gulanya larut ke dalamnya.
  4. Masukkan baking powder ke dalam adonan, dan aduk-aduk lagi sampai semuanya tercampur rata.
  5. Selanjutnya, masukkan air soda ke dalam adonan tersebut sedikit demi sedikit sambil semuanya diaduk-aduk sampai rata.
  6. Tuangkan semua adonan dari kue mangkok ini ke dalam cetakan berbentuk cup cake yang telah dipanaskan sebelumnya ke dalam kukusan hingga penuh.
  7. Kukus kue ini hingga 16 menit menggunakan api yang besar.
  8. Setelah itu, cobalah untuk mengukusnya kembali menggunakan api yang kecil hingga 15 menit sampai kue ini benar-benar matang dengan sempurna.
  9. selanjutnya, langsung angkat kue mangkok ini dan diamkan sampai menjadi dingin.

Nah, kini kue mangkok telah siap untuk disajika dengan hidangan yang lainnya. Namun, yang perlu dicatat disini adalah, bila Anda tidak bisa menemukan jus buah naga merah, maka cobalah untuk memakai beberapa tes pewarna makanan yang berwarna merah. Dengan begitu, Anda masih bisa mencoba merasakan cita rasa dari kue mangkok ini. Bagaimanapun juga, saat menjelang hari Imlek itu belum lengkap rasanya bila belum mencoba kue ini ataupun membuat resep kue mangkok supaya menjadi nyata.