Resep Masakan Sup Oyong Tahu Enak

Resep Masakan Sup Oyong Tahu Enak – Oyong kerap sekali menjadi pilihan para ibu-ibu rumah tangga untuk sajian menu masakan di rumah. Oyong itu sendiri kerap sekali dijadikan sebagai menu hidayangan sayur. Hal ini dikarenakan oyong itu sendiri selain mudah didapat juga memiliki harga yang cukup murah. Untuk proses pengolahannya sendiri juga terbilang sangat mudah. Sehingga, Anda bisa menyajikan menu makanan yang benar-benar nikmat.

Baca juga: Resep Membuat Sup Brokoli Wortel Sederhana

Oyong itu sendiri bisa diolah menjadi sebuah masakan tumis, kemudian dibuat sayur dengan kuah santan, bisa pula diolah dengan kuah yang bening. Sehingga, hal ini membuat cita rasanya menjadi benar-benar berasa nikmat. Apalagi bila ditambahkan dengan beberapa bahan pelengkap tambahan yang menjadikannya benar-benar sempurna.

Sup Oyong Tahu

Ada banyak bahan pelengkap yang bisa Anda pakai untuk membuat sup oyong ini. Yaitu dari tahu. Sup oyong yang dicampur dengan tahu ini mempunyai cita rasa yang begitu nikmat dan benar-benar sedap. Karena itulah, Anda wajib mencobanya di rumah. Proses pembuatannya yang praktis dan mudah menjdikan Anda tidak perlu lagi repot-repot untuk memasaknya. Karena memang sup ini benar-benar sederhana dan simple sekali.

Bahkan, untuk membuatnya, dibutuhkan waktu selama 50 menit untuk proses persiapannya. Sedangkan untuk waktu memasaknya dibutuhkan waktu selama 15 menit. Sehingga, bila dijumlahkan secara keseluruhan, Anda butuh waktu selama 1 jam 5 menit untuk membuat sup oyong tahu ini ke dalam 5 porsi makan.

Bahan Utama

  • Oyong sebanyak 350 gr.
  • Tahu putih sebanyak 150 gr.
  • Air kaldu ayam sebanyak 1 L.
  • Telur sebanyak 1 butir.
  • Daun seledri 1 batang.

Bumbu

  • 2 biji bawang putih yang telah digoreng.
  • ¼ sendok teh merica bubuk.
  • Garam secukupnya.
  • Gula secukupnya.

Cara Membuat Sayur Oyong Tahu

  1. Kupas oyong yang sudah Anda siapkan.
  2. Potong oyong tersebut berbentuk melingkar dengan ukuran ketebalan mencapai 2 cm atau sesuai dengan selera Anda.
  3. Panaskan minyak goreng di atas wajan penggorengan.
  4. Masukkan bawang putih yang sudah Anda siapkan, dan goreng. Kemudian, memarkan langsung bawang putih yang sudah digoreng tersebut.
  5. Potong tahu putih berbentuk kotak.
  6. Kocok telur sampai lepas.
  7. Iris seledri halus.
  8. Masukkan air kaldu ke dalam panci dan masak sampai mendidih.
  9. Masukkan bawang putih yang sudah digoreng tadi, dan rebus lagi sampai mendidih.
  10. Bila sudah, masukkan tahu putih dan oyong. Masak lagi sampai mendidih airnya.
  11. Masukkan telur yang sudah dikocok, aduk-aduk lagi perlahan-lahan.
  12. Tambahkan daun seledri, merica, dan garam, sambil diaduk-aduk sampai bumbunya laurt.
  13. Masak lagi semua bahan sampai matang, lalu angkat.

Nah, kini sup oyong tahu telah siap untuk disajikan di atas meja makan Anda untuk keluarga tercinta Anda. akan lebih terasa nikmatnya bila Anda menyantapnya dalam kondisi panas bersama dengan nasi putih yang masih hangat. Akan lebih enak lagi bila Anda menambahkan lauk pauknya, sebagai pelengkapnya. Yaitu kerupuk, ikan tongkol, sambal, dll. Sehingga, Anda bisa menghidangkan resep sup oyong ini yang benar-benar nikmat dan sayang untuk dilewatkan. Jangan lupa untuk segera mencobanya di rumah. Karena Anda tidak akan mendapatkan resep sup yang berasa nikmat dan segar selain dari sup oyong tahu yang nikmat ini. Selamat mencoba!