Resep Membuat Sup Oyong Tahu Telur

Resep Membuat Sup Oyong Tahu Telur – Untuk Anda yang masih bingung untuk menyajikan menu makan apa untuk keluarga tercinta di rumah, maka Anda bisa mencoba membuat sup oyong tahu telur sekarang juga. Karena sup ini begitu cocok sekali untuk teman makan si buah hati. Selain cita rasanya yang nikmat, sup ini juga merupakan salah satu makanan yang bergizi. Sehingga, sup ini menjadi baik sekali untuk dikonsumsi.

Baca juga: Resep Membuat Sup Brokoli Wortel Sederhana

Cara membuatnya sendiri juga sangat sederhana. Anda bisa mendapatkan bahan-bahan dan bumbunya dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak beberapa cara membuat sup ini di bawah ini!

Resep Sup Oyong Tahu Telur

Sup Oyong Tahu Telur

Untuk membuat sup ini, dibutuhkan waktu selama 40 menit untuk proses persiapannya. Sedangkan untuk waktu memasaknya dibutuhkan waktu selama 20 menit. Bila dijumlahkan secara keseluruhan, dibutuhkan waktu memasak selama 60 menit untuk membuat sup ini ke dalam porsi 4 orang makan.

Bahan Utama

  • 300 gr oyong.
  • 200 gr tahu takwa.
  • 1 buah tomat.
  • 1 butir telur.
  • 1 batang dari daun bawang.
  • 1,5 L kaldu ayam.
  • Setangkai daun seledri.

Bumbu Halus

  • Bawang merah sebanyak 5 butir.
  • Garam secukupnya.
  • Bawang putih sebanyak 4 siung.
  • Merica bubuk sebanyak ½ sendok teh.
  • Gula pasir secukupnya saja.

Cara Membuat Sup Oyong Tahu Telur

  1. Kupas dan bersihkan dulu oyong yang sudah dibeli. Kemudian, potong oyongnya menjadi 2 cm ketebalannya.
  2. Potong kotak-kotak tahu takwa.
  3. Kocok telur lepas.
  4. Ikat daun seledri.
  5. Potong tomat menjadi 6 bagian bentuk.
  6. Irislah daun bawang dengan ukuran ketebalan mencapai 1 cm.
  7. Sementara itu, buat bumbunya dengan cara menumis bawang putih dan bawang merah sampai harum, lalu angkat dan sisihkan.
  8. Jadikan satu semua bumbu yang sudah disiapkan ke dalam sebuah cobek, lalu haluskan semuanya sampai benar-benar menjadi halus.
  9. Siapkan sebuah panci, dan masukkan kaldu ayamnya.
  10. Rebus kaldu ayam ini sampai mendidih.
  11. Bila sudah, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan bersama dengan daun seledri. Setelah itu, diamkan hingga tercium aroma yang harum.
  12. Masukkan tahu takwa yang sudah Anda potong berbentuk kotak.
  13. Masak hingga airnya mendidih lagi.
  14. Tambahkan tomat dan oyong. Aduk-aduk sampai tercampur rata dan masak hingga oyongnya matang dan airnya mendidih lagi.
  15. Ambil saja telur yang sebelumnya sudah dikocok, dan masukkan ke dalam sup ini sambil diaduk-aduk hingga membentuk serabut. Lalu masak hingga matang.
  16. Masukkan daun bawang, dan aduk-aduk lagi sambil dimasak hingga semua bahan dan bumbunya meresap dan matang, lalu angkat.

Nah, kini sup oyong tahu telur telah siap untuk disajikan ke dalam sebuah mangkuk saji yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Setelah itu, taburi bawang merah goreng tepat di atas sup ini. Sehingga, Anda bisa segera menyantapnya selagi masih hangat. Karena sup ini memang terasa makin nikmat bila disajikan selagi masih hangat. Akan lebih nikmat lagi bila Anda menyantapnya dengan semangkuk nasi juga. Sehingga, cita rasanya menjadi benar-benar nikmat dan menggugah selera. Karena entah itu disantap di siang hari ataupun di malam hari, rasa sup ini memang benar-benar berselera sekali.