Resep Membuat Roti Sobek Berserat dengan Teflon

Resep Membuat Roti Sobek Berserat dengan Teflon – Terdapat banyak ragam cara yang dapat dilakukan untuk membuat roti sobek menggunakan oven di rumah. Bahkan, terkadang Anda juga bisa memanfatkan teflon yang lengkap dengan penutupnya untuk membuat roti yang satu ini. Yang pasti, proses pembuatan roti ini sebenarnya sangat mudah sekali. Anda bisa menyajikannya ke dalam rumah Anda untuk menu hidangan Anda setiap hari. Hanya saja, akan lebih nikmat jika Anda menjadikannya sebagai sajian menu sarapan.

Baca juga : Resep Masakan Nasi Lemak Pandan Hijau

Bahan Utama

  • Tepung tergu cakra, sebanyak 250 gram.
  • Gula pasir sebanyak 30 gram.
  • Margarin sebanyak 30 gram.
  • Susu cair sebanyak 170 ml.
  • Telur 1 butir.
  • Ragi instan sebanyak 3 gram atau 1 sendok teh ragi instan.
  • Garam, sejumput saja.
  • Es batu secukupnya.

    Resep Membuat Roti Sobek Berserat dengan Teflon

Cara Membuat: Roti Sobek

  1. Campurkan saja telur, tepung terigu, ragi intan, susu, dan juga gula pasir sampai semuanya tercampur rata.
  2. Bila sudah, tambahkan margarin dan juga garam ke dalam adonan ini.
  3. Aduk-aduk sampai semuanya sampai tercampur rata, dan adonannya kalis.
  4. Diamkan selama 1 jam.
  5. Tutup menggunakan kain lap yang basah.
  6. Kempeskan adonannya.
  7. Bentuklah adonan menjadi bulat-bulat.
  8. Susun pada teflon anti lengket. Bila perlu, pakai saja happy call.
  9. Diamkan selama 30 menit.
  10. Bila sudah, panggang di atas api kecil dan tutup.
  11. Sesekali cobalah untuk membaliknya agar panas dan matangnya bisa merata.
  12. Bila sudah cukup matang dan terlihat ringan, kini roti sobek telah siap untuk disantap selagi masih hangat ataupun selagi dingin.

Dilihat dari manapun, roti ini memang terlihat mirip sekali dengan roti sobek yang sering ditemui di beberapa toko roti. Menariknya lagi adalah, ternyata ragi instan yang digunakan dalam proses pembuatannya ini sangat bermanfaat sekali untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan memanfaatkan ragi instan untuk tubuh adalah sebagai berikut ini:

Pertama, ragi instan ini tidak hanya sekedar bisa dipakai untuk bahan tambahan makanan saja. Namun, manfaat dari ragi ini juga benar-benar bisa dirasakan untuk mengatasi masalah pegal-pegal di badan. Kandungan yang terdapat di dalam ragi ini bisa membantu untuk membuat otot-otot yang awalnya kaku menjadi lemas. Cara memakai ragi untuk bahan penghilang pegal-pegalpun sangat mudah!

Kedua, ragi instan ini ternyata bisa juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Dimana kadar gula dalam darah itu sendiri kerap sekali menjadi permasalahan bagi sebagian besar orang. Namun, berkat kandungan ragi di dalam roti sobek ini, hal ini membuat Anda bisa mengontrol gula darah dengan cara bertahap. Akan tetapi, menggunakan ragi secara terus-menerus juga tidak baik untuk kesehatan. Karena bisa menyebabkan masalah kesehatan di bagian perut.

Ketiga, ragi instan ini bisa berguna sekali untuk menghindari peningkatan tekanan darah. Sehingga, masalah tekanan darah tinggi bisa lebih dikontrol. Karena memang kandungan ragi instan ini bisa membantu pembuluh darah makin lebar. Otomatis bila sudah begini, hal ini akan membuat proses mengalirnya darah menjadi lebih lancar lagi tanpa ada tekanan darah lagi. Akan tetapi, pemakaian ragi ini juga tidak boleh dikonsumsi setiap hari. Sehingga, tekanan darah bisa lebih terkontrol dan tidak terlalu rendah.