Praktis, Ini Dia Cara Beli Rumah Lelang secara Online!

Praktis, Ini Dia Cara Beli Rumah Lelang secara Online – Tidak dapat dipungkiri bila ternyata masih banyak para masyarakat yang masih takut untuk membeli sebuah rumah lelang. Umumnya para masyarakat yang masih awamlah yang takut untuk membeli rumah lelangan seperti ini. Itu karena rumah itu adalah hasil dari sitaan bank terhadap kredit macet yang dilakukan oleh si mantan pemilik rumah tersebut.

Baca juga: Over Kredit Rumah Citra Indah Sistem Kredit in House, DP jadi Ringan

Menariknya lagi adalah, bila dulu untuk ikut serta dalam pelelangan ini Anda wajib ikut datang ke tempat lelang. Kini semuanya berbeda! Anda sudah bisa membeli sebuah rumah lelang ini secara online. tentu saja Anda harus mengunjungi situsnya terlebih dahulu, yaitu situs DJKN, yaitu Direktorat Jendral Kekayaan Negara.

Rumah Lelang

Seperti apakah langkah-langkahnya?

Di bawah ini adalah cara termudah untuk membeli sebuah rumah lelangan secara online, tanpa hadir ke tempat lelangan secara langsung, antara lain:

Daftar ke Situsnya!

Salah satu langkah pertama yang harus dilakukan untuk membeli sebuah rumah lelang secara online ini adalah cukup dengan berkunjung ke situs lelangan tersebut di DJKN. Disinilah nantinya Anda bisa melakukan pengecekan properti yang bakal dilelang secara langsung dari DJKN tersebut. Menariknya lagi adalah, properti yang dilelang tersebut tidak hanya berbentuk saat ada properti yang menurut Anda menarik untuk Anda miliki.

Namun, Anda tetap bisa mengikuti pelelangan rumah tersebut sesuka Anda agar bisa memiliki sebuah properti impian Anda tersebut. Untuk memulainya, silakan klik pada tombol sign up agar bisa segera mendaftarkan akun atau membuat akun Anda tersebut. Dalam hal ini, terdapat sejumlah isian form yang wajib diisi dan ada alamat email yang harus diisi agar bisa memverifikasi akun tersebut.

Alaman email yang digunakan tersebut harus benar-benar valid. Karena jika alamat tersebut tidak valid, maka verifikasi akun bisa ditolak dan digagalkan. Dengan adanya alamat email inilah nantinya Anda akan mendapatkan sebuah kode aktivasi yang berguna untuk mengaktifkan ID username Anda tersebut.

Pilih Objek yang akan Dilelang!

Sesudah akun Anda tersebut diaktifkan, maka Anda nanti bisa langsung log in menggunakan akun Anda tersebut untuk mengikuti proses pembelian rumah lelang tersebut secara online. Dalam hal ini, langsung saja pilih properti yang diinginkan lewat daftar lelang properti berdasarkan kantor wilayah yang meliputi semua area yang ada di Indonesia.

Segera Daftar dan Bayarkan!

Sesudah Anda memilih properti yang dilelang yang Anda inginkan tersebut, kini Anda harus segera mendaftarkan nomor ID KTP dan juga NPWP Anda tersebut. Caranya adalah cukup dengan mengunggahnya ke dalam bentuk yang soft copyan. Setelah itu, Anda masih harus mendaftarkan nomor rekening Anda tersebut.

Tapi, pastikan bahwa nomor rekening tersebut harus berdasarkan dari atas nama Anda. Setelah itu, dapatkan nomor virtual Anda tersebut agar bisa menyetorkan uang untuk jaminan Anda. Karena dalam sistem pembelian rumah lelang itu pada dasarnya tidak sama seperti saat Anda membeli rumah pada umumnya.

Dalam membeli sebuah rumah lelang, Anda diharuskan untuk memberikan jaminan dana di tempat lelang tersebut. Sebagai pertanda jaminan bahwa Anda memang memiliki dana untuk itu dan memang berminat dengan properti yang Anda ikuti tersebut. Namun, jika ternyata Anda telah kalah dalam lelangan tersebut, maka uang yang digunakan sebagai jaminan tersebut akan langsung dikembalikan kepada Anda. Sehingga, tidak ada yang akan dirugikan dalam hal ini.